Jastip adalah Usaha Tanpa Modal, Ini Cara Memulainya agar Untung

9 Jun 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Ingin jual produk dari luar negeri ke Indonesia dengan mudah? Open jastip saja!

Jastip adalah singkatan dari jasa titip, jasa yang bertujuan membantu orang-orang membeli produk di luar jangkauannya. Sekilas, jastip tampak seperti impor. Akan tetapi, cara kerja jastip lebih sederhana, karena penyedia jasa tidak perlu melewatkan barangnya ke pabean. Selain itu, memulai bisnis jastip juga bisa dilakukan siapa saja lho! Berikut OCBC NISP berikan panduan lengkap memulainya.


Apa itu Jastip?

Jastip adalah sebuah jasa yang menawarkan pembelian barang di suatu tempat guna mendapatkan keuntungan dari setiap harga barang titipan. Bentuk jastip adalah usaha tanpa modal. Karena Anda akan membeli barang titipan setelah terdapat pesanan, kemudian Anda bisa menjual kembali dengan harga lebih tinggi.

Biasanya orang cenderung menggunakan jastip karena bisa mendapatkan barang yang diinginkan dari suatu tempat tanpa ia harus pergi ke sana atau membeli secara online dengan beban ongkos kirim.

Untuk memulai bisnis jastip, Anda hanya perlu mempromosikan jasa titip di sosial media dan menunggu pesanan dari konsumen. Selain itu, sistem jastip menggunakan pre-order, artinya pemesan akan membayar terlebih dahulu sebelum barang diterima.


Perkiraan Omzet dari Jastip

Sebenarnya jumlah omset jastip bersifat fleksibel, tergantung jumlah barang yang dipesan. Semakin banyak barang pesanan, semakin tinggi pula omzet bisa Anda dapatkan. Akan tetapi, khusus jastip dari luar negeri, Anda akan dikenakan beberapa potongan pajak.

Misalkan Anda memiliki target pesanan sejumlah 50 barang. Barang tersebut memiliki harga beli sebesar $500. Namun karena barang dibeli dari luar negeri, sehingga saat masuk ke Indonesia akan dikenakan pajak, ini perhitungannya.


Menghitung Modal

Harga Beli
Bea Masuk 10%
Pajak PPN 10%
Pajak PPh 2%
Total Modal

$500
$50
$50
$10
$610


Menentukan Harga Jual

Modal
Tarif Jastip
Harga Jual

$610
$190
$800


Besaran Omzet sejumlah:

Jumlah Barang
Harga Jual

50
$800

Besaran Omzet
Besaran Profit

= 50 x $800 = $40,000
= 50 x $190 = $9,500

Jadi perkiraan omzet bisnis jastip bila terdapat pesanan 50 produk adalah $40,000, dengan total keuntungan sebesar $9,500.


Cara Kerja Jastip

Sebelum memulai bisnis jasa titip, Anda harus memahami bagaimana cara kerja jastip sebenarnya. Perlu diingat, jastip adalah bisnis dengan sistem pre-order, sehingga Anda hanya bisa membeli produk apabila ada pemesannya.

Pertama-tama, Anda perlu menginformasikan orang-orang di sekitar bahwa Anda membuka open jastip dari kota/negara tertentu. Setelah itu, beri contoh foto produk yang bisa Anda beli di sana. Kemudian buat daftar pemesan berikut produk-produk pesanannya.

Setelah membeli produk dari kota/negara asalnya, jangan lupa memasukkan tarif jastip dan margin keuntungan ke dalam harga produk. Anda bebas menentukan berapa profitnya, asal pemesan sepakat membayar dengan harga tersebut.


Cara Memulai Bisnis Jastip

Setelah mengetahui cara kerja jastip, kali ini mari mempelajari cara memulai bisnis jastip dari awal sampai akhir, berikut langkah-langkahnya.

  1. Punya Akses Komunikasi ke Penyedia Produk
    Pertama, cara memulai bisnis jastip adalah memiliki kemampuan/akses berkomunikasi dengan penyedia produk di kota/negara asal. Akses komunikasi yang dimaksud di sini dapat berupa koneksi atau kemampuan bahasa sesuai negara asal penyedia produk.

    Misalnya, Anda ingin memulai bisnis jastip produk-produk Korea Selatan. Selain punya koneksi produsen asli Korsel, Anda perlu menguasai Bahasa Inggris/Korea agar bisa berkomunikasi lancar dengannya.

  2. Riset Target Pasar di Indonesia
    Kedua, cara memulai bisnis jastip adalah melakukan riset target pasar di Indonesia. Tidak semua orang tertarik melakukan pembelian produk melalui jastip. Hanya orang-orang dengan minat tertentu saja tertarik titip produk dari kota/negara lain. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis jasa titip, pastikan tahu apakah produk jastip Anda benar-benar dibutuhkan.

  3. Siapkan Foto Produk yang Menarik
    Karena barang jastip dipasarkan melalui media online, maka Anda harus menyiapkan foto produk yang menarik, namun tetap tampak orisinil. Apabila kesulitan membuat sendiri, Anda bisa meminta foto produk dari produsen aslinya langsung. Umumnya, produk jastip luar negeri akan lebih laris apabila yang digunakan foto asli dari negara asal.

  4. Tetapkan Tarif Jastip Masuk Akal
    Berikutnya, cara memulai bisnis jastip adalah menentukan tarif jastip dengan masuk akal, terutama jika produk jastip Anda berasal dari luar negeri. Memang, pengguna jastip adalah orang dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Akan tetapi, mereka umumnya juga sudah tahu harga asli produk. Jika Anda terlalu tinggi menetapkan tarif jastip, bisa-bisa pelanggan Anda lari ke jasa lain yang lebih murah.

  5. Pastikan Produk Sesuai Ekspektasi
    Terakhir, cara memulai bisnis jastip adalah memastikan produk sesuai ekspektasi. Agar pelanggan tidak kecewa, maka Anda harus memberikan produk sesuai keinginan mereka. Selain itu, pastikan juga kualitas produk tetap terjaga di perjalanan. Apabila pengiriman dari luar negeri, minta pengirim mengemas barang sebaik-baiknya agar tidak terjadi kerusakan di perjalanan.


Itulah panduan memulai bisnis jastip bagi sobat OCBC NISP yang ingin mencobanya. Jastip adalah salah satu jenis usaha paling potensial saat ini. Sehingga kalau Anda punya koneksi/sering traveling ke kota/negara lain, jangan lupa dimanfaatkan untuk open jastip ya!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Nyala - 23 Jul 2021

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank, Fungsi, & Contohnya

Read

Education, Nyala - 23 Jul 2021

Mengenal Impulsive Buying, Faktor Pemicu, & Tips Mencegahnya

View All