Apa Perbedaan UMR dan UMK? Begini Penjelasan Lengkapnya

1 Jul 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

UMR adalah salah satu jenis upah di Indonesia, pelajari lebih jauh yuk!

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis upah standar yang berlaku, UMR adalah salah satunya. Penetapan UMR (Upah Minimum Regional) dilakukan dengan tujuan agar perusahaan tidak semena-mena saat menggaji pekerjanya. Saat menyusun regulasi UMR Indonesia, pemerintah akan mempertimbangkan harga pangan daerah, gaya hidup standar, dan sebagainya. Selengkapnya tentang apa itu UMR akan OCBC NISP bahas di bawah ini.


Apa Itu UMR?

Kepanjangan UMR adalah Upah Minimum Regional, sedangkan pengertian gaji UMR adalah ukuran standar minimum yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai patokan pemilik usaha dalam memberikan gaji atau upah pada karyawan.

Adanya UMR Indonesia berguna dalam menjamin karyawan memperoleh upah yang layak sesuai wilayah domisili, aturan daerah, dan harga kebutuhan sehari-hari di wilayah tersebut.

Oleh sebab itulah, besaran Upah Minimum Regional di masing-masing wilayah Indonesia berbeda. Seperti misalnya, gaji UMR tertinggi di Indonesia tahun 2021 yaitu daerah Karawang sebesar Rp 4,4 juta, sementara gaji UMR terendah ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu sebesar Rp1,76 juta.


Dasar Hukum UMR Indonesia

Setelah mengetahui pengertian gaji UMR, berikutnya kita akan membahas dasar hukumnya. Ketetapan terkait UMR Indonesia tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 01 Tahun 1999 mengenai Upah Minimum Regional. Aturan tersebut menjelaskan bahwa Upah Minimum Regional terbagi dalam dua kelompok, antara lain:

  • UMR Tk 1 (Upah Minimum Regional Tingkat 1), yaitu standar minimum upah yang berlaku pada suatu provinsi.

  • MR Tk 2 (Upah Minimum Regional Tingkat 2), yaitu besaran minimum upah yang berlaku di daerah kotamadya atau kabupaten hingga wilayah khusus tertentu.

Proses menentukan ukuran UMR Tk 1 dan 2 diusulkan oleh Komisi Penelitian Pengupahan dan Jaminan Sosial Dewan Ketenagakerjaan Daerah. Atas dasar masukan tersebut, maka komisi akan berdiskusi dengan organisasi pengusaha dan serikat pekerja di wilayah tersebut. Hasil diskusi tersebut akan disetujui oleh gubernur yang kemudian dipertimbangkan oleh Menteri Tenaga Kerja.


Perbedaan UMR dan UMK

Selain UMR, terdapat istilah UMK yang muncul hingga membuat banyak orang bingung membedakan keduanya. Sebenarnya, perbedaan UMR dan UMK terletak pada kebaruan istilah. Upah minimum regional atau UMR adalah istilah lama sebelum diperbaharui menjadi UMK.

Perubahan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja No 226 Tahun 2000, yang sudah tidak lagi memakai istilah UMR dalam regulasi upah minimum. Jadi UMK atau Upah Minimum Kabupaten/Kota merupakan pembaharuan istilah dari UMR Tk 2 (yaitu upah minimum tingkat kabupaten/kota). Sedangkan UMR Tk 1 berubah nama menjadi UMP atau upah minimum provinsi.


Manfaat Penetapan UMR Bagi Pekerja

Adanya UMR membantu pekerja memastikan keadilan antara kewajiban dan upah yang didapatnya. Selengkapnya tentang manfaat UMR adalah sebagai berikut.

  1. Melindungi Diri dari Eksploitasi
    Pertama, manfaat UMR adalah melindungi diri dari eksploitasi. Pekerja yang dilindungi oleh UMR akan terhindari dari tindakan eksploitasi atau kesewenang-wenangan perusahaan. Sebab perusahaan wajib membayar pekerja sesuai standar pemerintah dan akan menerima sanksi apabila melanggarnya.

  2. Memenuhi Kebutuhan Hidup Sehari-Hari
    Manfaat berikutnya UMR adalah memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Penetapan Upah Minimum Regional telah dipertimbangkan secara matang oleh pemerintah Indonesia, dengan memperhitungkan bahwa upah tersebut cukup dan mampu memenuhi keperluan hidup pekerja di wilayah tempat tinggalnya.

  3. Menjaga Kualitas & Kesejahteraan Hidup
    Terakhir, manfaat UMR adalah menjaga kualitas dan kesejahteraan hidup. Berapapun jumlahnya, penetapan UMR dilakukan dengan tujuan menghindarkan pekerja dari jurang kemiskinan. Nominal UMR yang sudah sesuai standar gaya hidup minimal akan menghindarkan pekerja menjadi orang miskin struktural.


Manfaat Penetapan UMR Bagi Perusahaan

Keberadaan UMR tidak hanya menguntungkan pihak pekerja saja, namun pihak perusahaan juga mendapat manfaat. Adapun kegunaan yang diperoleh perusahaan dari adanya penetapan UMR adalah sebagai berikut.

  1. Memastikan Perusahaan Memperlakukan Karyawan Sesuai Regulasi
    Pertama, manfaat UMR adalah memastikan perusahaan memperlakukan karyawan sesuai regulasi. Adanya standar UMR dari pemerintah membuat perusahaan dapat menjalankan hak dan kewajiban kepada pekerja tanpa takut melewati batas kebijakan dan dikenai sanksi.

  2. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan
    Kedua, manfaat UMR adalah meningkatkan daya saing perusahaan. Apabila suatu industri mampu membayar pekerjanya minimal sebesar UMR atau lebih, hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan menghasilkan profit dengan baik. Sehingga nilai perusahaan di mata industri, kompetitor, dan investor pun akan meningkat.

  3. Sarana Menarik Minat Calon Karyawan Berikutnya, manfaat UMR adalah sebagai sarana menarik minat calon karyawan. Tak hanya karyawan saja yang sulit mencari pekerjaan, namun perusahaan kadang juga kesusahan mencari SDM sesuai kebutuhan. Penetapan gaji sesuai UMR adalah salah satu strategi agar angkatan kerja minat menjadi karyawan Anda.

  4. Menurunkan Tingkat Turnover Karyawan
    Manfaat terakhir UMR adalah menurunkan tingkat turnover karyawan. Bagi perusahaan, turnover yang terlalu tinggi adalah cerminan ketidakberesan manajemen SDM internal, sekaligus pemborosan biaya dan waktu rekrutmen. Dengan adanya gaji UMR, tingkat turnover karyawan bisa turun, karena karyawan mendapat upah sesuai beban kerjanya.


Itulah pembahasan dari OCBC NISP tentang apa itu UMR, manfaat, serta perbedaan UMR dan UMK! Jika Anda seorang pengusaha, pastikan karyawan Anda mendapat gaji sesuai kinerjanya ya! Bagi Anda yang kesulitan menghitung gaji standar, UMR adalah salah satu tolok ukur penentuan upah terbaik untuk dijadikan referensi.


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Perjanjian Pra Nikah: Proses, Fungsi, Isi dan Cara Membuat

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru

View All