Konsep Ikigai, Cara Mencapai Kebahagiaan Sempurna di Hidup

15 Jul 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Konsep ikigai adalah konsep mencapai kebahagiaan ala Jepang, pelajari yuk!

Setiap orang ingin menjalani hidupnya dengan keseimbangan, antara pendapatan dan pengeluaran, kewajiban dan kesenangan, sampai dunia dan akhirat. Ikigai adalah konsep turun temurun yang dipakai di Jepang guna mencapai kebahagiaan paripurna tersebut. Tapi, sebenarnya apa itu ikigai? Dan bagaimana contoh ikigai dalam kehidupan sehari-hari? Ini pembahasannya buat Anda.


Apa itu Ikigai?

Ikigai adalah istilah berasal dari bahasa Jepang “Iki” artinya hidup dan “gai” berarti nilai. Dengan demikian, ikigai adalah prinsip yang mengajarkan seseorang memiliki tujuan hidup. Penerapan konsep ikigai menekankan keseimbangan antara pelaksanaan kewajiban, kesenangan, serta tanggungjawab sosial agar kita dapat menjalani hidup dengan lebih berarti.


Mengenal Konsep Ikigai

Konsep ikigai adalah susunan dari empat konsep dasar yang lebih kecil, yaitu kesukaan, kapasitas/bakat, serta kebutuhan pribadi dan orang lain. Selengkapnya tentang komponen-komponen ikigai adalah sebagai berikut.

  1. Apa Hal Paling Anda Sukai di Dunia?
    Diagram pertama ikigai berisi hal-hal yang membuat Anda bahagia saat menjalani aktivitas tersebut. Karena adanya hal-hal kesukaan tersebut, Anda jadi selalu punya motivasi untuk bangun tidur dan bekerja keras tiap harinya.

  2. Apa Keunggulan Terbaik Anda?
    Di diagram ikigai berikutnya, yang jadi pertanyaan adalah kemampuan terbaik dalam diri Anda. Seseorang dengan konsep ikigai akan memahami betul aspek-aspek keunggulan dalam dirinya, serta tahu bagaimana memanfaatkannya demi kesejahteraan pribadi dan orang lain.

  3. Apakah Ada Orang Mau Membayar Anda untuk Keunggulan Tersebut?
    Setelah mengetahui keunggulannya, seseorang dengan penerapan konsep ikigai akan paham apakah dirinya dapat menghasilkan uang dari keunggulan tersebut. Jika ternyata keunggulan tersebut tidak dapat menghasilkan sesuatu yang produktif, maka ia akan berusaha mencari cara agar bisa berhasil dengan memanfaatkan keunggulan dalam dirinya.

  4. Kenapa Anda Dibutuhkan?
    Poin terakhir konsep ikigai adalah alasan kehidupan Anda di dunia. Pada dasarnya, setiap manusia dilahirkan dengan tujuan hidup masing-masing, baik disadari atau tidak. Seseorang yang menerapkan ikigai akan tahu kenapa dirinya dibutuhkan lingkungan sekitar dan senantiasa berusaha mewujudkan tujuan tersebut.


Contoh Ikigai dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Ikigai mudah jumpai dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah sebagai berikut:

Andi sangat menyukai dunia fotografi. Saking sukanya, dia selalu mengasah keahlian fotografi melalui berbagai kursus dan banyak latihan hingga memiliki skill fotografi cukup tinggi.

Selain karena suka, Andi terus mengasah tekadnya mempelajari fotografi karena tahu ia bisa dibayar melalui keahlian ini. Berkat kerja kerasnya, Andi akhirnya menjadi fotografer dengan bayaran di atas rata-rata. Agar lebih banyak fotografer sepertinya, Andi juga membuka kursus fotografi gratis bagi anak-anak di pedesaan.


7 Tips Menerapkan Ikigai Agar Anda Makin Bahagia

Setelah membahas apa itu ikigai, konsep, serta contoh ikigai dalam kehidupan sehari-hari, kali ini OCBC NISP akan menunjukkan beberapa tips menerapkan ikigai dalam kehidupan, di antaranya:

  1. Mencari Pekerjaan Sesuai Bakat dan Passion
    Tips pertama dalam menerapkan Ikigai adalah mencari pekerjaan sesuai bakat dan passion. Bakat dan passion tidak terpisahkan dari elemen Ikigai. Sehingga, ketika Anda melakukan pekerjaan sesuai bakat dan passion, maka Anda akan lebih bahagia menjalaninya.

  2. Belajar Mensyukuri Apa yang Dipunya Saat Ini
    Tips ikigai berikutnya adalah dengan banyak mensyukuri anugerah Tuhan saat ini. Dengan bersyukur, Anda bisa lebih menghargai diri sendiri dan menikmati proses yang sedang dijalani. Apresiasi tersebut mampu mendorong Anda lebih giat dalam mencapai tujuan hidup.

  3. Menyisihkan Waktu dan Materi untuk Kegiatan Sosial
    Meluangkan waktu dan materi dalam aktivitas sosial mendorong Anda bahagia. Dengan menolong orang lain, hidup Anda akan terasa semakin bernilai sebab mampu memberikan manfaat sekitar. Sesuai konsep ikigai, Anda bisa mulai aktif berkegiatan sosial dalam bidang kesukaan, misalnya seperti yang dilakukan Andi dalam contoh ikigai tadi.

  4. 4. Menyempatkan Diri Mengasah Hobi Sepulang Kerja
    Selanjutnya, tips menerapkan Ikigai adalah mendalami hobi dengan mengasahnya hingga menjadi sebuah skill. Sejalan dengan konsep ikigai, Anda bisa mengasah skill mulai dari apa yang Anda suka. Setelah itu, bekerja keraslah agar skill tersebut bisa terus meningkat dan menjadi kegiatan produktif bagi Anda.

  5. Mau Terus Belajar dan Meningkatkan Skill
    Tips berikutnya yang tidak kalah penting dalam menerapkan ikigai adalah tidak lelah untuk terus belajar dan meningkatkan skill. Agar Anda bisa berguna dan dibutuhkan oleh dunia, maka Anda harus meningkatkan dan mengembangkan skill sesuai zaman. Sehingga nantinya Anda tidak ketinggalan dan dapat terus memberikan manfaat bagi dunia sekitar, apapun zamannya.

  6. Memiliki Tujuan Saat Menjalani Hidup
    Mempunyai tujuan saat menjalani hidup adalah hal terpenting dalam meraih ikigai. Tanpa adanya tujuan, Anda akan hilang arah dan tidak menemukan makna kehidupan. Anda akan menjalani hari-hari dengan tidak bersemangat dan mudah menyerah.

  7. Memperluas Zona Nyaman
    Terakhir, tips meraih ikigai adalah memperluas dari zona nyaman. Cobalah untuk mengambil tantangan di luar biasanya, karena hal ini mampu meningkatkan kapasitas diri Anda. Saat keluar dari batas kenyamanan, Anda akan dihadapkan pada berbagai masalah dan hal baru sehingga banyak hal yang akan Anda pelajari sebagai bekal hidup.


Itulah pembahasan tentang apa itu ikigai, contoh, serta tips-tips mencapainya! Ikigai adalah salah satu pedoman hidup yang wajib Anda pelajari jika ingin kehidupan lebih bahagia, baik dari segi jasmani maupun rohani. Jadi, sudah siap mencapai ketentraman hidup dengan konsep ikigai?


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Perjanjian Pra Nikah: Proses, Fungsi, Isi dan Cara Membuat

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru

View All