Butuh Modal Usaha Tanpa Riba? Ikuti 7 Cara dan Syarat Ini

27 Jul 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Biar usaha makin berkah, pelajari cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yuk!

Mencari modal usaha tanpa riba adalah salah satu solusi bagi sobat OCBC NISP yang ingin dapat pinjaman tanpa harus pusing membayar bunga. Tapi bagi sebagian orang, mencari pinjaman modal usaha syariah adalah hal sulit, solusinya bagaimana? Simak cara mendapatkan modal usaha tanpa riba berikut ini.


Sekilas Tentang Riba dalam Konsep Islam

Secara etimologis, riba adalah istilah bahasa Arab yang memiliki arti “tambahan” atau “kelebihan”. Sementara itu, secara istilah pengertian riba adalah tambahan atau kelebihan pembayaran hutang, baik disyaratkan atau tidak disyaratkan oleh pemberi hutang.

Dalam Islam, riba sangat diharamkan, karena dapat menimbulkan kesusahan pembayaran kredit bagi peminjamnya. Peringatan tentang keharaman riba disampaikan beberapa kali dalam Al-Qur’an, misalnya di Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 278 dan Al-’Imran ayat 130.

Selama ini, konsep bunga dalam kredit konvensional dianggap mendekati atau bahkan sama dengan riba. Meski demikian, para ilmuwan Islam masih mengalami ikhtilaf (berbeda pendapat) soal ini. Karena hukumnya masih diperdebatkan, sebagian besar pinjaman modal usaha syariah memilih jalur kehati-hatian, yaitu dengan tidak menggunakan sistem bunga sama sekali, alias tanpa riba.


Lembaga Penyedia Modal Usaha Tanpa Riba

Saat ini, cara mendapatkan modal usaha tanpa riba sebenarnya sangat mudah. Ada banyak lembaga penyedia modal usaha syariah yang bisa Anda akses, baik secara offline maupun online. Lembaga-lembaga tersebut di antaranya:

  1. Bank dengan Divisi Syariah
    Demi memenuhi kebutuhan masyarakat, saat ini banyak bank konvensional yang juga menyediakan divisi khusus guna melayani pinjaman modal usaha tanpa riba. Meski berada dalam satu naungan dengan bank konvensional, pelaksanaan teknis dan pengelolaan dana divisi syariah biasanya terpisah. Salah satu contoh divisi syariah bank terbaik adalah OCBC NISP Syariah.

  2. Pegadaian Syariah
    Lembaga penyedia modal usaha tanpa riba berikutnya adalah pegadaian syariah. Di Indonesia, ada dua jenis pegadaian dengan layanan syariah, yaitu pegadaian konvensional dengan divisi syariah dan pegadaian syariah murni. Pegadaian syariah biasanya menyediakan bantuan modal usaha syariah dengan jaminan barang, tapi tanpa mengandung bunga sama sekali.

  3. P2P Lending Syariah
    Perkembangan teknologi membuat fintech syariah bermunculan, salah satunya adalah layanan peer-to-peer (P2P) lending syariah. Saat mengajukan bantuan modal usaha tanpa riba ke P2P lending syariah, Anda tidak perlu melakukan akad dengan bertemu petugas kreditnya langsung. Biasanya aplikasi P2P lending syariah sudah memiliki fitur akad yang dijamin keabsahannya.

  4. Lembaga Wakaf Produktif
    Lembaga penyedia modal usaha tanpa riba yang terakhir adalah lembaga wakaf produktif. Jika Anda berhasil memperoleh modal usaha berbentuk wakaf, Anda tidak punya kewajiban mengembalikannya pada pihak pemberi wakaf. Sebagai gantinya, Anda akan diminta mengalokasikan sebagian keuntungan pada lembaga-lembaga sosial, seperti yayasan yatim, lembaga crowdfunding sosial, dan sebagainya.


6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Sebenarnya cara mendapatkan modal usaha tanpa riba sangatlah mudah. Asal mau berusaha keras dan tahu harus menghubungi lembaga mana, Anda pasti bisa mencairkan pinjaman modal usaha syariah sesuai kebutuhan bisnis. Selengkapnya tentang cara mendapatkan modal usaha tanpa riba adalah sebagai berikut:

  1. Dengan Meminjam ke Saudara/Kerabat
    Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang pertama dan utama adalah dengan meminjam ke saudara, kerabat, atau sahabat terpercaya. Biasanya, saudara, kerabat, atau sahabat tidak akan menetapkan bunga saat Anda mengajukan pinjaman pada mereka, sehingga Anda pun akan terhindar dari riba.

  2. Menjual Sebagian Aset Pribadi
    Jika Anda ingin berusaha mencari modal usaha sendiri lebih dulu, menjual aset pribadi adalah salah satu langkah yang patut Anda coba. Hal ini barangkali membutuhkan pengorbanan. Akan tetapi, jika uang hasil penjualan aset tersebut dapat diolah menjadi lebih besar, suatu hari nanti Anda bisa mengambil kembali aset yang sudah terjual, bahkan membeli aset lebih banyak lagi.

  3. Menggadaikan Barang di Pegadaian Syariah
    Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba berikutnya adalah dengan menggadaikan barang secara syariah. Jika Anda mengajukan pinjaman ke pegadaian syariah, Anda umumnya hanya akan dimintai biaya penanganan dan perawatan barang selama masa gadai, tanpa bunga pinjaman.

  4. Mengajukan Pinjaman Secara Syariah ke Bank
    Seperti sudah diulas di atas, saat ini ada banyak bank dengan divisi syariah yang bisa Anda jadikan tujuan saat mencari pinjaman modal usaha syariah. Saat mengajukan kredit syariah, petugas bank syariah akan menawari Anda kredit dengan berbagai akad, mulai dari mudharabah sampai mutanaqishah.

  5. Menggunakan Kartu Kredit Syariah
    Saat ini, kartu kredit sudah ada yang syariah lho! Fungsi kartu kredit syariah sama seperti kartu kredit pada umumnya. Bedanya, kartu kredit syariah dalam pengelolaannya murni memberlakukan prinsip syariah, termasuk dalam penentuan biaya pelayanannya.

  6. Mencari Investor yang Tidak Menetapkan Bunga Pinjaman
    Selain mengajukan pinjaman modal usaha syariah, sebenarnya ada satu cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang tak kalah menarik, yaitu dengan menawarkan opsi bagi hasil ke investor.

    Dengan adanya opsi bagi hasil, Anda akan terbebas dari bunga dan biaya-biaya tambahan lainnya. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu membagi persentase keuntungan tiap bulan dengan investor, sampai waktu perjanjian tertentu.


Syarat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Riba

Setelah membahas cara mendapatkan modal usaha tanpa riba, berikutnya kita akan membahas syarat mengajukannya. Dalam konsep syariah, syarat-syarat mengajukan pinjaman modal usaha syariah antara lain:

  • Ada pihak penyalur dana (shohibul maal) dan pihak peminjam (mudharib) saat transaksi.

  • Ada obyek pasti untuk diserahterimakan dalam akad dan dalam kekuasaan shohibul maal.

  • Ada kesepakatan ijab-qabul (sighat) antara shohibul maal dan mudhorib, dengan ikhlas dan tanpa paksaan.


Akad-Akad Pinjaman Modal Usaha Syariah

Sebagai informasi, terdapat beberapa akad bisa Anda pilih guna mendapat pinjaman modal usaha tanpa riba, yaitu di antaranya:

  1. Mudharabah Akad pertama dan yang paling banyak digunakan dalam transaksi pinjaman modal usaha tanpa riba adalah mudharabah, yaitu bantuan permodalan 100% dari pihak penyalur dana untuk membantu bisnis pihak peminjamnya. Perjanjian pembagian keuntungan dalam akad mudharabah adalah bagi hasil.

  2. Musyarakah Akad berikutnya yang juga sering dipakai guna mendapat modal usaha tanpa riba adalah musyarakah, yaitu iuran permodalan antara dua belah pihak untuk mendanai sebuah usaha. Dalam konteks ini, dua pihak yang terlibat sama-sama memberikan bantuan pendanaan, walau persentasenya boleh berbeda. Selain itu, kedua pihak tersebut juga wajib sama-sama aktif memberikan tenaga untuk mengolah usaha.

  3. Rahn Akad ketiga guna mendapat pinjaman modal usaha syariah adalah Wem, atau peminjaman modal secara syariah dengan jaminan barang tertentu yang diserahkan pada penyalur dana. Dalam bahasa Indonesia, akad rahn setara dengan sistem pinjaman pegadaian.


Itulah bahasan dari OCBC NISP tentang cara mendapatkan modal usaha tanpa riba! Jika sobat membutuhkan pinjaman modal usaha syariah, tidak usah ragu menghubungi OCBC NISP ya! Kami juga menyediakan solusi pembiayaan usaha secara syariah lho, dijamin menguntungkan dan tanpa riba!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Perjanjian Pra Nikah: Proses, Fungsi, Isi dan Cara Membuat

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru

View All