Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru

20 Sep 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru

Ketika mengalami cedera tubuh bagian dalam, maka Anda akan disarankan untuk mengambil tindakan rontgen. Mengenai tarif, biaya rontgen cukup bervariasi, tergantung dari bagian organ mana yang perlu dicek serta tingkat kesulitannya.

Singkatnya, rontgen atau yang dikenal juga sebagai x-ray adalah suatu tindakan yang bertujuan melihat bagian dalam organ untuk mengidentifikasi sebuah penyakit atau luka. Namun, di sisi lain, tindakan ini juga berpotensi memberikan efek samping.

Sebagai persiapan, yuk kenali pengertian, efek samping serta biaya untuk rontgen secara lengkap dalam artikel berikut ini.


Apa itu Rontgen?

Rontgen adalah tindakan medis yang menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik untuk melihat bagian dalam tubuh dan mendiagnosa penyakit di dalamnya.


Efek Samping Rontgen

Meski tidak selalu, namun radiasi yang digunakan dalam tindakan rontgen berpotensi memicu pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Tetapi, risiko tersebut kemungkinannya sangat rendah dan masih dalam kondisi aman. Selain itu, beberapa efek samping lain yang bisa terjadi pada pasien adalah.

  • Terasa logam di dalam mulut.

  • Pusing dan mual.

  • Diare.

  • Gatal dan bercak-bercak merah pada kulit.

  • Sesak nafas.


Jenis-jenis Biaya Rontgen

Biaya untuk rontgen cukup bervariasi, tergantung dari jenis rontgen yang dipilih dan tempat dimana Anda melakukannya. Berikut jenis-jenis rontgen serta kisaran biaya pemeriksaannya di rumah sakit maupun klinik.

  1. Biaya Rontgen Gigi
    Rontgen gigi merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk melihat permasalahan di bagian dalam mulut, termasuk gigi dan gusi. Umumnya, kisaran biayanya antara Rp120 ribu - Rp330 ribu untuk sekali pemeriksaan. Fasilitas ini juga disediakan oleh klinik Prodia dengan metode Panoramic. Biaya rontgen gigi di Prodia berkisar mulai dari Rp170 ribu per sekali foto.

  2. Biaya Rontgen Dada
    Rontgen dada dilakukan untuk memeriksa adanya gangguan yang timbul di daerah dada. Misalnya, masalah paru-paru, saluran pernafasan, serta gangguan jantung. Biaya rontgen dada di puskesmas berkisar antara Rp65 ribu - Rp100 ribu, dan Rp145 ribu - Rp300 ribu di rumah sakit.

  3. Biaya Rontgen Paru
    Rontgen paru merupakan pemeriksaan umum yang dilakukan untuk mendeteksi gangguan pneumothorax, emfisema dan komplikasi terkait gangguan paru-paru lainnya. Umumnya, rontgen paru dikenakan tarif Rp170 ribu - Rp130 ribu untuk sekali tindakan.

  4. Biaya Rontgen Kaki
    Rontgen kaki biasanya dibutuhkan apabila Anda mengalami cedera, retak tulang atau dislokasi pada persendian kaki. Biaya untuk rontgen kaki di klinik atau rumah sakit, umumnya berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp320 ribu per sisi.

  5. Biaya Rontgen Perut
    Tujuan rontgen perut adalah melihat adanya gangguan pada organ hati, ginjal, limpa, empedu, dan pankreas. Biaya untuk rontgen perut di rumah sakit berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp900 ribu per foto rontgen. Sedangkan, tarif rontgen perut di Puskesmas hanya berkisar antara Rp30 ribu - Rp50 ribu.

  6. Biaya Rontgen Thorax
    Rontgen thorax merupakan salah satu pemeriksaan radiologi pada dinding thorax, tulang dada, dan organ yang berada di dalam rongga dada. Biaya untuk rontgen thorax di rumah sakit berkisar antara Rp80 ribu hingga Rp300 ribu. Sedangkan, Biaya rontgen thorax di Prodia berkisar antara Rp278 ribu - Rp400 ribu untuk sekali foto.

  7. Biaya Rontgen Kepala
    Rontgen kepala menjadi salah satu rontgen yang termahal. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui gangguan di bagian kepala hingga wajah. Tarif rontgen kepala di rumah sakit dapat mencapai Rp3 juta sekali tindakan.

  8. Biaya Rontgen Tangan
    Rontgen ini berfokus pada gangguan anggota gerak tangan yang disebabkan trauma akibat cedera hingga patah tulang dan pergeseran tulang. Umumnya, tarif untuk rontgen tangan di klinik berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp320 ribu.

  9. Biaya Rontgen Pinggang
    Rontgen pinggang biasanya dilakukan pada pasien yang mengalami nyeri pinggang berat. Hasil rontgen akan menunjukkan beberapa jenis penyakit tulang, misalnya arthritis. Biaya untuk rontgen pinggang sebesar Rp83 ribu dalam satu kali pemeriksaan.

  10. Biaya Rontgen Tulang
    Rontgen tulang dilakukan untuk mengetahui kondisi struktur dan jaringan dari tulang Anda. Adapun biaya melakukan rontgen tulang yang dibutuhkan yaitu mulai dari Rp200 ribu.

  11. Tarif Rontgen Di Bio Medika
    Bio Medika memiliki berbagai macam layanan radiologi dengan harga yang sesuai dengan kualitas yang diberikan. Tarif untuk rontgen di Bio Medika berkisar antara Rp200 ribu - Rp1 juta untuk sekali foto.

  12. Tarif Rontgen Di Pramita Lab
    Pramita Lab memberikan pelayanan yang berkualitas dan juga berdedikasi untuk menjadi klinik terbaik di Indonesia. Bahkan, rontgen di Pramita Lab cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp200 ribu - Rp400 ribu sekali hasil rontgen foto.

  13. Biaya Rontgen Di Prodia
    Prodia mempunyai visi dan misi yang memprioritaskan pasien dan berkomitmen untuk memberikan layanan rontgen dengan kualitas tinggi. Rontgen di Prodia dikenakan biaya Rp130 ribu hingga Rp330 ribu.


Manfaat Melakukan Rontgen

Rontgen digunakan untuk melihat kondisi organ bagian dalam tubuh Anda. Dengan begitu, dokter dapat mendeteksi potensi penyakit yang terjadi, seperti:

  • Patah tulang.

  • Penyakit batu ginjal.

  • Diagnosis osteoporosis dengan melihat tingkat kepadatan tulang.

  • Gejala pneumonia dan TBC.

  • Mendeteksi kanker payudara.


Itulah rangkuman dari OCBC NISP mengenai biaya rontgen secara lengkap. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan rontgen agar dokter bisa mengidentifikasi dan memberikan pencegahan terhadap penyebaran penyakit lebih dini. Keep Healthy Sobat OCBC!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Announcement, Investment, News Update - 18 Oct 2021

Tapering mau dimulai, IHSG tembus 6,600

Read

Investment, Announcement, News Update, Education - 18 Oct 2021

Sudah Optimalkah Kinerja Portfolio Investasi Anda?

View All