Sudah Optimalkah Kinerja Portfolio Investasi Anda?

18 Oct 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Sebuah ungkapan “the nature of a portfolio is that it's always a work in progress” merupakan pernyataan yang tepat untuk menggambarkan tujuan perlunya evaluasi berkala terhadap suatu portfolio investasi Anda.

Secara garis besar, portfolio review bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas instrumen investasi dalam mencapai tujuan keuangan Anda di tengah dinamisme pasar. Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu dan berkembangnya aset investasi dapat memberikan perubahan pada tujuan dan tingkat toleransi risiko Anda. Maka itu, evaluasi dan realokasi aset perlu untuk dilakukan agar tujuan finansial tercapai secara optimal.

Komposisi aset dalam portfolio sebaiknya disesuaikan dengan profil risiko Anda, yang menunjukkan seberapa besar tingkat volatilitas dan tingkat kerugian yang dapat Anda toleransi berdasarkan jangka waktu dan tujuan investasi Anda. Berikut kelima tipe profil risiko:

  1. Profil Risiko Rendah (Conservative)
    Anda adalah seorang investor yang menghindari risiko. Prioritas utama Anda adalah untuk menjaga pokok penempatan dana, dibandingkan mencari potensi pertumbuhan dana dengan fokus investasi jangka pendek.

  2. Profil Risiko Rendah – Menengah (Balance)
    Anda adalah seorang investor yang berhati-hati dalam mengambil risiko, namun Anda juga mencari peluang sedikit pertumbuhan atas investasi Anda untuk jangka waktu menengah.

  3. Profil Risiko Menengah – Tinggi (Growth)
    Anda adalah seorang investor yang cukup mengerti tentang kondisi pasar keuangan. Anda lebih memilih untuk mendapatkan pertumbuhan atas investasi Anda dalam jangka menengah dengan sedikit mengambil risiko.

  4. Profil Risiko Tinggi (Aggressive)
    Anda adalah seorang investor yang mengerti tentang kondisi pasar keuangan dan produk investasi. Anda memilih pertumbuhan yang tinggi atas investasi Anda dalam jangka waktu menengah-panjang dan dapat menerima fluktuasi jangka pendek.

  5. Profil Risiko Sangat Tinggi (Highly Aggressive)
    Anda adalah seorang investor yang menguasai tentang kondisi pasar keuangan dan produk investasi. Anda meilih pertumbuhan dana yang lebih tinggi atas investasi Anda dalam jangka waktu panjang dan dapat menerima fluktuasi jangka pendek-menengah.


Sebenarnya seberapa efektif alokasi aset berdasarkan profil risiko? Berikut simulasi portfolio berdasarkan kinerja historis 1 tahun per 8 Oct 2021:



Portfolio di atas memberikan gambaran akan total alokasi dan kinerja investasi Anda secara keseluruhan di OCBC NISP. Perlu diingat, bahwa diversifikasi portfolio serta alokasi aset sangatlah penting agar Anda dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi jika ditempatkan pada satu kelas aset.

Hubungi Premier Banking Manager Anda untuk mengevaluasi kinerja portfolio keuangan Anda, atau kunjungi cabang OCBC NISP terdekat untuk informasi lebih lanjut.


CATATAN PENTING

  1. PT. Bank OCBC NISP Tbk ("Bank") terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Materi dalam Informasi ini tidak dibuat sehubungan dengan keadaan keuangan pihak manapun.
  3. Informasi ini dipersiapkan oleh Bank dengan mengandung materi informasi dari sumber referensi yang dianggap dapat dipercaya oleh Bank. Namun demikian, Bank tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan semua proyeksi, pendapat atau fakta-fakta statistik lainnya yang tercantum dalam materi informasi tersebut.
  4. Informasi ini bukan dan tidak seharusnya dianggap sebagai suatu penawaran penjualan atau suatu ajakan untuk membeli suatu produk investasi tertentu, dan tidak seharusnya dianggap sebagai suatu nasihat investasi, serta tidak bertujuan untuk membentuk suatu dasar keputusan investasi.
  5. Investor harus menetapkan sendiri setiap keputusan investasi sesuai dengan kebutuhan dan strategi investasi dengan mempertimbangkan antara lain peraturan perundang-undangan, pajak, dan akuntansi. Bank maupun setiap karyawannya tidak bertanggung jawab atas segala kerugian, baik langsung maupun tidak langsung, yang timbul akibat suatu keputusan investasi yang hanya didasarkan pada Informasi ini.
  6. Pencantuman data kinerja masa lalu hanya untuk asumsi perhitungan, sehingga tidak dapat digunakan untuk menjamin kinerja di masa datang.
  7. Informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi Call OCBC NISP di nomor 1500-999 / HP 66-999 atau cabang Bank terdekat.

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 25 Nov 2021

Mengenal 4 Jenis Profil Risiko Investasi yang Wajib Dipahami

Read

Education - 25 Nov 2021

Apa itu Staycation? Liburan Kekinian yang Murah & Menyenangkan

View All