Pengertian Investasi Leher ke Atas, Manfaat dan Contohnya

15 Nov 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Pahami arti investasi leher ke atas dan apa saja manfaatnya. 

Sebagian besar orang masih beranggapan bahwa untuk berinvestasi, butuh modal yang besar. Padahal, Anda tak harus menggunakan instrumen fisik atau produk perbankan, lho! Ada satu cara murah dan mudah, yakni dengan investasi leher ke atas.

Investasi ini dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu mengeluarkan modal jutaan rupiah maupun memantau fluktuasi pasar. Risiko yang dihasilkan pun nyaris tidak ada. Nah, pada artikel kali ini, OCBC akan membahas mengenai pengertian, macam, dan contoh investasi leher ke atas. Yuk simak!


Pengertian Investasi Leher ke Atas

Investasi leher keatas adalah penanaman modal berupa pengetahuan ke dalam otak dan pikiran kita. Nantinya, ilmu yang kita tanam dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun masa depan. Jadi, dapat dikatakan investasi jenis ini tak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga orang lain.

Investasi ini tidak mengandung resiko kerugian. Bahkan manfaatnya dapat dirasakan sampai akhir hayat pemiliknya. Contoh investasi leher ke atas adalah mencari ilmu sebanyak mungkin dan selalu mengingatnya.


Macam-Macam Investasi Leher ke Atas

Penanaman “modal” berupa pengetahuan tak hanya terkait bidang akademik, namun juga bertalian dengan berbagai aspek kehidupan. Investasi jenis ini dapat dibedakan ke dalam beberapa macam, sebagai berikut.

  1. Investasi Berupa Keterampilan
    Investasi ini berhubungan dengan skill dan keahlian yang dapat digunakan untuk pengembangan diri, peningkatan jenjang karir, maupun mencari pekerjaan. Semakin ahli dalam suatu bidang, maka semakin besar pula peluang Anda untuk meraih posisi yang tinggi di profesi terkait.

  2. Investasi Spiritual
    Sebagai umat beragama, tentu Anda percaya masa depan sangat bergantung pada kehendak Tuhan. Oleh karena itu, perlu adanya investasi berupa ibadah sesuai agama masing-masing untuk meraih kedamaian dan petunjuk mengenai dalam menjalani hidup.

  3. Investasi Sosial
    Relasi yang baik merupakan salah satu investasi untuk masa depan. Bangunlah hubungan sosial dengan baik agar Anda memperoleh banyak partner untuk terus berkembang dan belajar.


Contoh Investasi Leher ke Atas

Sebagaimana telah disinggung di atas bahwa contoh investasi leher ke atas adalah mencari ilmu sebanyak mungkin, maka berikut ini kami rangkum secara rinci apa saja aktivitas penunjangnya.

  1. Membaca Buku
    Contoh pertama adalah membaca buku yang memperkaya wawasan. Tema apapun, selama pembahasannya dapat menambah pengetahuan, maka termasuk dalam investasi karena ilmu yang kita dapat dari buku dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan, pekerjaan, maupun karir di masa depan.

    Bahkan dengan membaca buku bertema bisnis dan keuangan, Anda bisa mendapatkan ilmu sebagai bekal untuk melakukan investasi fisik.

  2. Mempelajari Hal Baru
    Contoh investasi leher keatas berikutnya adalah mempelajari hal baru. Aktivitas ini dapat menambah skill dan pengetahuan Anda sebagai bekal mencari peluang masa depan yang lebih baik.

  3. Mengikuti Kursus
    Keterampilan baru adalah contoh investasi yang menjanjikan. Misalnya, Anda mengikuti kursus bahasa Inggris untuk pertama kali. Setelah lulus, kemampuan berbahasa tersebut digunakan untuk kuliah S2 di Amerika.

    Selang beberapa tahun, Anda berhasil bekerja di Amerika dan memperoleh penghasilan tinggi. Maka dapat dikatakan bahwa kursus bahasa Inggris tersebut merupakan contoh investasi leher ke atas.

  4. Memperhatikan Penjelasan Dosen atau Guru
    Bagi para mahasiswa atau murid sekolah, investasi leher ke atas dapat dilakukan hanya dengan menyimak penjelasan pengajar. Nantinya, ilmu yang beliau berikan akan bermanfaat bagi masa depan Anda.

  5. Meminta Bimbingan Mentor
    Dalam proses belajar secara otodidak, terkadang kita menemui kesulitan-kesulitan yang tidak bisa dipelajari sendiri. Nah, di saat itulah penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan mentor.

    Selain mendapat ilmu baru, Anda juga dapat mengetahui cara berpikir seorang ahli. Dengan demikian, masalah akan teratasi dan kita juga mendapat bekal untuk menyelesaikan persoalan lain di masa depan.


Manfaat Investasi Leher ke Atas

Melakukan investasi leher keatas artinya sama dengan menanamkan modal yang sudah pasti membuahkan hasil. Selain itu, tidak akan ada kerugian karena semua output-nya akan dinikmati sendiri. Adapun manfaat lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Memperoleh Karir yang Diinginkan
    Investasi berupa pelatihan, membaca buku, maupun kegiatan pembelajaran tentu akan membuahkan hasil berupa pengalaman, sertifikat, dan karya. Dengan demikian, Anda dipandang berpengalaman sehingga dapat diterima bekerja di industri sesuai keinginan.

  2. Meningkatkan Jenjang Karir
    Investasi leher ke atas berupa pelatihan untuk mendalami skill yang kita miliki sangat bermanfaat untuk kepentingan penunjang karir seperti promosi, naik jabatan, dan sebagainya.

  3. Memperoleh Kebahagiaan dan Ketentraman Hidup
    Investasi spiritual juga memberi banyak manfaat bagi kehidupan. Umumnya, semakin kita mendekatkan diri kepada Tuhan, hati akan lebih tentram dan damai karena merasa dalam lindungan Sang Pencipta. Dengan demikian, Anda menjadi sosok yang tangguh menghadapi cobaan hidup.

  4. Dikenal Sebagai Sosok yang Baik
    Berinvestasi di bidang sosial tak hanya mempermudah dalam mencari relasi, namun juga membangun personal branding yang baik di mata kerabat, tetangga, dan teman. Dengan demikian, ketika Anda menghadapi kesusahan, mereka tentu akan membantu mencari solusi.


Itu tadi penjabaran mengenai investasi leher ke atas. Mengingat tak ada kerugian yang muncul dan manfaatnya untuk masa depan sangat besar, Anda dapat segera membiasakan diri, keluarga, maupun mengajak kerabat berinvestasi mulai sekarang. Jangan sampai terlambat, ya!


Baca Juga:

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC NISP
ONe Mobile
ONe Mobile

ONe Mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama ONe Mobile yang baru.

Download ONe Mobile