Apa itu Staycation? Liburan Kekinian yang Murah & Menyenangkan

25 Nov 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Ini dia arti staycation beserta rekomendasi tempat yang murah dan menyenangkan!

Staycation adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin berlibur namun tak memiliki budget mencukupi. Terlebih di situasi pandemi, tentu pergerakan kita untuk sekadar berlibur akan sangat dibatasi. Selain itu, konsep liburan ini juga dapat menyokong perekonomian daerah.

Nah, pada artikel kali ini, OCBC akan mengulas mengenai apa itu staycation, rekomendasi tempat dengan harga terjangkau, serta tips agar liburan menyenangkan. Dengan demikian, Anda dapat merasakan pengalaman berlibur yang hemat dan berkesan. Yuk simak!


Arti Staycation

Staycation adalah kegiatan berlibur ke objek wisata di sekitar domisili sehingga dapat dilakukan tanpa tour guide. Dengan demikian, Anda akan menjadi turis di kota sendiri dan turut serta dalam memajukan industri pariwisata lokal dan perekonomian penduduk sekitar.

Selain itu, staycation adalah liburan yang identik dengan kegiatan menghabiskan waktu bersama teman dan kerabat di sebuah penginapan atau villa selama jangka waktu tertentu. Dengan konsep seperti ini, tak heran jika banyak hotel menawarkan paket staycation serta berbagai kegiatan menyenangkan di dalamnya.


Rekomendasi Tempat Staycation Murah

Banyaknya penginapan yang menyediakan paket liburan jenis ini tentu membuat Anda kebingungan untuk memilih layanan sesuai budget dan kebutuhan. Tapi jangan khawatir, berikut ini OCBC telah merangkum rekomendasi staycation murah di Bandung, Jakarta, dan kota-kota lainnya.

  1. Grand Amelia Hotel
    Hotel yang satu ini menyediakan paket staycation murah di Bandung dengan tarif mulai dari Rp170 ribu. Adapun fasilitas yang disediakan adalah kamar berkapasitas dua orang, bed, TV, wifi, dan kamar mandi ber-shower.

    Selain itu, hotel yang berlokasi di Jl. Cijerokaso No.24, Sarijadi, Kec. Sukasari, Kota Bandung ini cukup strategis dan dekat dengan objek wisata seperti Farmhouse Lembang, Kampung Gajah, dan Taman Patung NuArt.

  2. The Silk At Dago
    Jika Anda sedang mencari tempat staycation murah di Bandung berkonsep vintage, maka hotel ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Cukup dengan budget Rp250 ribu per malam, pengunjung sudah dapat menikmati liburan indoor di bangunan berdesain instagramable.

    Selain desain unik dan menarik, kelebihan hotel ini adalah lokasinya yang strategis di Jalan Ir. H. Juanda No.392 - 394, Dago Atas, Kota Bandung, sehingga dekat dengan objek wisata asri seperti Curug Dago, Bandung Zoological Garden, dan Rabbit Town.

  3. Ibis Hotel Kemayoran
    Staycation adalah cara berlibur super nyaman bagi masyarakat ibukota yang setiap hari harus berkutat dengan kemacetan. Nah, Ibis Hotel Kemayoran merupakan salah satu pilihan tepat karena tempatnya yang nyaman, bersih, dan disertai fasilitas restoran, wifi, dan kolam renang.

    Hotel yang terletak di Jalan Bungur Besar Raya No 79 - 81, Kemayoran, Jakarta Pusat merupakan salah satu tempat staycation murah di Jakarta karena tarifnya cukup Rp300 ribu per malam, dengan lokasi strategis dan dekat dengan objek wisata populer seperti Ancol dan Dunia Fantasi.

  4. Tajug Loro
    Berikutnya, penginapan yang wajib dikunjungi untuk staycation adalah Hotel Tajug Loro di Kecamatan Mlati, Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis, yakni dekat dengan objek wisata populer seperti Monumen Jogja Kembali.

    Alasan mengapa hotel ini cocok untuk staycation adalah bentuk bangunannya yang menyerupai Joglo, namun berinterior Skandinavian. Selain itu, terdapat fasilitas wifi, AC, dapur bersama, TV kabel, coffee shop, dan restoran. Adapun tarifnya sangat terjangkau, yakni Rp165 ribu per malam.

  5. Sae Sae Hostel
    Jogja selalu identik dengan ornamen klasik dan homie. Nuansa ini dapat Anda temukan di Sae Sae Hotel yang berlokasi di Jalan Ngadinegaran MJ III Gang Cempaka No.46, Jogjakarta. Tempatnya cukup strategis, yakni dekat dengan Alun-alun Kidul dan Malioboro.

    Hanya dengan tarif antara Rp75 ribu - Rp195 ribu, Anda dapat memilih tipe kamar privat atau dorm. Keistimewaannya untuk staycation adalah ornamen klasik yang instagenic sehingga dapat menjadi spot estetik untuk berfoto.

  6. Villa Sawah by Salak Hospitality
    Bagi Anda wisatawan Kota Bogor, salah satu rekomendasi penginapan cantik untuk staycation adalah Villa Sawah. Selain menyajikan pemandangan hamparan sawah nan hijau, suasana sekitarnya pun sejuk dan asri. Hal ini karena lokasinya yang berada di area sejuk, yakni di Jl. Cibalok Pandansari No.99, Pandansari, Ciawi, Bogor.

    Dengan tarif Rp350 - Rp400 ribu, Anda dapat menikmati fasilitas berupa wifi, kolam renang outdoor, AC, sarapan gratis, layanan laundry. Namun apabila Anda ingin jalan-jalan, beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi selama staycation adalah area persawahan, Sungai Ciawi, dan Kebun Raya Bogor. Cukup menarik bukan?


Tips Staycation Menyenangkan

Liburan merupakan momen penting untuk menyegarkan pikiran usai menghadapi banyak kesibukan. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu diterapkan selama berlibur. Adapun tips liburan menyenangkan saat staycation adalah sebagai berikut.

  1. Pilih Penginapan yang Cocok
    Kunci dari kenyamanan staycation adalah kesesuaian penginapan dengan kebutuhan kita. Baik villa maupun hotel, sebelum melakukan pemesanan, lakukan survei harga dan fasilitasnya terlebih dahulu. Selain itu, pilih lokasi yang dekat dengan akses fasilitas umum maupun tempat wisata.

  2. Jauhkan Diri Anda dari Pekerjaan
    Hal terpenting untuk Anda pahami, staycation adalah acara liburan, bukan bekerja dari rumah. Oleh karena itu, hindarilah pekerjaan kantor seperti rapat online, revisi dokumen, atau membalas email hingga masa cuti dan reservasi hotel habis. Dengan begitu, kegiatan berlibur bersama keluarga jadi lebih menyenangkan.

  3. Lakukan Berbagai Aktivitas Indoor
    Meskipun lokasi staycation adalah di dalam hotel atau penginapan, bukan berarti Anda hanya bisa tidur seharian. Ada banyak aktivitas indoor menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan, misalnya memasak, menonton film bersama, atau bermain game papan seperti monopoli dan ular tangga.

  4. Atur Agenda dengan Baik
    Contoh staycation adalah bepergian ke objek wisata di sekitar rumah atau penginapan. Namun tak jarang kita kelelahan karena terlalu banyak tempat yang dikunjungi. Ditambah lagi, pengeluaran malah membengkak dan tidak sesuai budget. Oleh karena itu, rencanakan semuanya dengan baik sesuai kondisi finansial dan durasi liburan Anda.


Itu tadi pembahasan OCBC tentang arti staycation, rekomendasi lokasi murah, dan tips agar kegiatan berlibur jadi lebih berkesan. Jangan lupa lakukan survey harga dan perbanyak informasi mengenai tempat tujuan. Semoga liburan Anda menyenangkan!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 27 Jan 2022

Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan, Kebijakan & Ruang Lingkup

Read

Education - 26 Jan 2022

Ini Fungsi dan Peran Bank Sentral Sebagai Bank Sirkulasi

View All