8+ Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, Wajib Tahu!

2 Dec 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Pengen tahu keaslian emas Anda? Yuk simak cara membedakan emas asli dan palsu!

Logam mulia merupakan salah satu alat investasi yang banyak digunakan masyarakat. Hal ini karena nilai jualnya cenderung stabil dan tidak fluktuatif. Namun sayangnya, marak terjadi kasus pemalsuan perhiasan. Agar dapat menghindarinya, Anda harus tahu cara membedakan emas asli dan palsu.

Pada artikel kali ini, OCBC akan menjelaskan mengenai perbedaan beserta cara membedakan emas asli dan palsu secara manual maupun dibakar. Yuk simak!


Perbedaan Emas Asli dan Palsu

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara membedakan emas asli dan palsu, terlebih dahulu Anda harus mengenali perbedaan keduanya, yakni sebagai berikut.

  1. Warna Emas Asli dan Palsu
    Perbedaan pertama terletak pada warnanya. Biasanya, yang asli memiliki warna kuning mengkilap dan berkilau. Hal ini berbeda dengan emas palsu yang terbuat dari kuningan sehingga warnanya lebih kusam dan gelap.

  2. Reaksi Terhadap Asam
    Ketika ditetesi asam, emas asli tidak akan bereaksi apa-apa, sedangkan untuk yang palsu biasanya mengeluarkan gelembung-gelembung kecil.

  3. Bunyi
    Bunyi emas asli ketika diketuk dengan koin biasanya akan berdenting panjang dengan nada tinggi. Hal ini berbeda dengan logam lain yang suaranya lebih pendek.

  4. Harga
    Perbedaan selanjutnya terletak pada harga. Emas asli tentu dibanderol dengan nominal yang jauh lebih tinggi. Jadi, jangan mudah tergiur dengan harga murah, ya!


8 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Setelah mengetahui perbedaan mendasar antara keduanya, berikut ini cara membedakan emas asli dan palsu yang dapat Anda lakukan.

  1. Lihat Fisik Emas
    Apabila Anda cukup sering membeli emas, tentu sudah familiar dengan ciri fisiknya. Umumnya, logam mulia ini berwarna kuning mengkilap. Selain itu, terdapat tanda berupa cap bertuliskan kadarnya.

    Umumnya, kadar emas menggunakan satuan fineness, yakni senilai 1-999 atau 0.1-0.999. Selain itu, digunakan juga satuan karat seperti 10k, 18k, atau 24k.

  2. Cek Sertifikat Emas
    Cara membedakan emas asli dan palsu yang satu ini tergolong mudah dan cepat. Pertama-tama, letakkan sertifikat di bawah sinar ultraviolet. Kemudian, amati perubahan warnanya.

    Jika kertas tersebut memunculkan garis warna-warni seperti blok berwarna hijau dan watermark perusahaan pencetak sertifikat, maka kemungkinan besar emas tersebut asli.

  3. Digigit
    Cara membedakan emas asli dan palsu secara manual adalah dengan menggigitnya. Karena logam mulia yang satu ini memiliki sifat lunak, untuk melihat keasliannya, perhatikan apakah ada bekas gigitan tertinggal disana. Jika Anda menjumpainya kemungkinan besar perhiasan Anda asli.

  4. Menggoreskan pada Keramik
    Cara pengecekan berikut ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan perhiasan. Emas asli tidak akan meninggalkan bekas pada keramik, sedangkan jika terlihat goresan kehitaman, maka diindikasikan logam mulia tersebut palsu.

  5. Meneteskan Asam Nitrat
    Cara membedakan emas asli dan palsu yang satu ini terbilang akurat namun juga berbahaya bagi pernapasan, yakni dengan meneteskan larutan asam nitrat ke permukaan emas.

    Jika tidak berubah warna, maka logam mulia tersebut asli, namun jika warnanya berubah menjadi hijau, maka material sebenarnya adalah besi. Demikian pula apabila permukaannya berubah menjadi kuning dan putih susu, diindikasikan bahwa perhiasan Anda terbuat dari kuningan dan perak.

  6. Dekatkan dengan Magnet
    Pada dasarnya, logam mulia ini bersifat non magnetis, oleh karena itu, apabila Anda mendekatkannya dengan magnet, maka tidak akan ada reaksi apapun. Namun cara tersebut tidak menjamin keasliannya, sebab masih banyak logam non magnetis lain yang biasa digunakan sebagai material untuk memalsukannya.

  7. Menggunakan Aplikasi CertiEye
    Jika perhiasan Anda merupakan produk Antam, cara membedakan emas asli dan palsu cukup mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi berteknologi CertiEye milik perusahaan ini.

    Cukup unduh aplikasi ini, lalu pindai barcode pada emas. Hasil pemindaian akan menunjukkan keaslian logam mulia tersebut.

  8. Mengecek Kepadatan Emas
    Cara membedakan emas asli dan palsu secara manual yang satu ini cukup mudah dilakukan. Anda cukup menyiapkan gelas takar berisi air, lalu masukkan perhiasan, setelah itu lihat perubahan volume air.

    Selanjutnya, hitung kepadatan emas dengan cara membagi massa dengan volume yang telah Anda temukan. Jika hasilnya mendekati 19 gram per milimeter, maka dapat dipastikan logam mulia tersebut asli. Meski butuh ketelitian ekstra, namun hasilnya cukup akurat.

  9. Membakar Permukaan Emas
    Cara membedakan emas asli dan palsu dengan cara dibakar tidak direkomendasikan karena dapat merusak permukaan emas. Namun, apabila Anda tetap ingin mencoba, maka amati perubahan warna permukaannya. Apabila menjadi hitam, dapat dipastikan perhiasan tersebut tidak murni atau bahkan palsu.

    Hal ini karena emas asli tidak meninggalkan bekas gosong ketika dibakar. Namun hati-hati, apabila perhiasan Anda merupakan campuran, pengecekan dengan cara ini berpotensi merusaknya sehingga harga jual menurun.


Nah itu tadi penjelasan OCBC mengenai cara membedakan emas asli dan palsu yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Meski menguntungkan, jangan sampai Anda lengah. Tetap waspada dan teliti saat membeli logam mulia, ya!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 19 Jan 2022

Jurus Jitu Mengatur Keuanganmu

Read

Investment - 19 Jan 2022

Mulai investasi atau ikut-ikutan investasi?

View All