Related Product

Wealth Management

Wealth Management

ONe Mobile

ONe Mobile

Reksa Dana

Reksa Dana

New Year, New Me.

3 Jan 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

New Year, new me. Apa kalian sudah membuat resolusi tahun baru? 2022 tentunya kita bisa menjadi lebih financially fit ya. Membicarakan tentang financial fitness, ada berbagai hal yang harus kita perhatikan supaya pilar-pilar keuangan kita kuat dan stabil.

Bagaimanakah caranya?
  1. Pertama, yuk review alokasi pengeluaranmu, apakah sudah cukup efisien? Sebagai acuan, kita dapat menggunakan pedoman pengeluaran 50-30-20. Dimana, maksimal 50% pendapatan dialokasikan untuk needs atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Lalu, 30% dapat kamu alokasikan untuk budget wants seperti jalan-jalan atau beli gadget baru. Nah, 20% lagi dapat kamu alokasikan untuk investasi. Angka 50-30-20 ini tentunya dapat berubah, misalnya kalau kamu merasa dapat mengurangi porsi wants, maka kamu dapat alokasikan kelebihannya untuk investasi. Namun, yang perlu diingat adalah jangan sampai kamu menjadikan wants sebagai needs, karena hal ini dapat membuat pengeluaran kamu nantinya besar pasak daripada tiang lho.


  2. Kedua, cek apakah kamu sudah memiliki dana darurat yang cukup. Salah satu pelajaran penting yang kita terima dari pandemi adalah pentingnya memiliki dana darurat. Sebagai rule of thumb, biasanya dana darurat yang dianggap cukup adalah 6x biaya hidup per bulan. Sebagai contoh, jika biaya hidup per bulan adalah 3 juta Rupiah. Maka 6 dikali 3 juta Rupiah sama dengan 18 juta Rupiah. Kalau saat ini kamu belum memiliki pos dana darurat, dan kamu baru mulai menyisihkan dari sekarang, maka dana darurat sebaiknya dimasukkan sebagai pos pengeluaran pada komponen needs, karena ini merupakan salah satu kebutuhan keuangan yang mendasar lho.


  3. Ketiga, cek apakah kamu sudah memiliki investasi untuk persiapan kebutuhan masa depan. Membicarakan masa depan, biasanya yang dimaksud orang-orang adalah memastikan persiapan dana pensiun dimulai sedini mungkin. Bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun? Kamu bisa mulai mempelajari produk-produk investasi. Pastikan produk yang kamu pilih sesuai dengan profil risiko kamu, ya.

    Yuk, hitung kebutuhanmu dan temukan solusi untuk investasi demi masa depan yang lebih baik bersama OCBC NISP di https://www.ocbcnisp.com/id/kalkulator


Memulai tahun baru dengan resolusi keuangan yang baru, tentunya kita semua mau menjadi kaum muda yang financially independent, kan? Selamat tahun baru 2022. Semangat terus menguatkan otot-otot keuanganmu! Semoga resolusi tahun baru kita semua tercapai di tahun yang baru ini.

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All