Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Warehouse Staff Adalah: Pengertian dan Tanggung Jawabnya

5 Jan 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Warehouse staff adalah pekerja di bagian pergudangan, yuk simak tugas-tugasnya!

Warehouse staff adalah pekerjaan terkait pergudangan yang berperan penting dalam mengatur dan memastikan bahwa pendistribusian dapat berjalan lancar serta stock bahan baku masih dapat memenuhi target produksi. Dengan demikian, kedudukannya sangat berpengaruh pada supply chain perusahaan.

Meskipun pekerjaan ini terlihat sederhana dan mudah, namun terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menjalaninya. Nah, pada artikel kali ini OCBC akan membahas mengenai apa itu warehouse staff beserta tugas dan gajinya. Yuk simak!


Apa itu Warehouse Staff

Karyawan gudang atau warehouse staff adalah pekerja yang bertanggung jawab dalam menjaga kelancaran distribusi serta penataan barang di dalam gedung penyimpanan bahan baku dan produk perusahaan. Selain itu, mereka bertugas menempatkan barang sesuai dengan daftar, data, sekaligus memastikan stock opname berjalan sebagaimana mestinya.

Menurut definisi di atas, dapat kita simpulkan bahwa warehouse staff adalah bagian dari divisi logistik karena mengurusi persediaan, penataan, mencatat stok, memastikan tidak ada produk kadaluarsa, bahkan hingga membuat laporan tiap kali melakukan stock opname.

Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab dalam pendistribusian mulai dari persiapan hingga melepas barang ke tangan distributor. Mengingat betapa kompleksnya tugas tersebut, maka jika ingin bekerja sebagai warehouse staff artinya Anda harus memiliki ketelitian tinggi, kekuatan fisik, dan kemauan bekerja keras.


Tugas warehouse staff

Setelah mengetahui gambaran singkat mengenai apa itu warehouse staff, ketahui juga tugas serta tanggung jawab mereka secara lebih rinci. Adapun tugas warehouse staff adalah sebagai berikut.

  1. Menata Barang Sesuai Ketentuan
    Jobdesk paling umum bagi seorang warehouse staff adalah melakukan penataan barang agar teratur sesuai tanggal diterima, ketahanan, kondisi, serta kategori lain berdasarkan karakteristiknya. Dengan demikian, jika perusahaan akan mendistribusikan produknya, proses pemindahan dari gudang dapat berjalan lancar, efektif, serta efisien.

  2. Melakukan Pendataan
    Selanjutnya, tugas warehouse staff yakni mendata jumlah keluar masuknya barang. Mereka bertanggung jawab atas kesesuaian data dalam laporan dengan kenyataan di lapangan. Selanjutnya, kondisi benda juga perlu dirinci agar bisa tersortir mana saja yang sesuai kriteria perusahaan.

  3. Pemindahan Barang Saat Distribusi
    Tugas lain seorang warehouse staff adalah memantau perpindahan barang selama proses distribusi, baik keluar maupun masuk gudang. Pekerjaan ini lalu diteruskan dengan mencatat, memindahkan, dan menatanya sesuai kelompok yang sudah ditentukan.

  4. Koordinasi Tim
    Menjaga kekompakan dan menyatukan pemahaman terkait penataan, pencatatan, dan pengelompokan adalah hal yang penting bagi warehouse staff. Semua anggota tim wajib memahami alur sekaligus prosedur keluar masuknya barang. Dengan begitu, pengelolaan gudang dapat berjalan lancar.

  5. Memastikan Data Produk yang Akan Dikirim
    Sebelum distribusi dimulai, kewajiban warehouse staff adalah mendata sekaligus memastikan produk yang akan dikirim telah sesuai dengan permintaan para distributor. Selain itu, mereka wajib memantau perputaran roda distribusi dan membuat laporan sesuai realita lapangan.

  6. Mematuhi Prosedur
    Seorang warehouse staff juga harus mematuhi prosedur dan SOP yang telah ditentukan perusahaan terkait pengadaan barang, distribusi, serta pengelolaan gudang. Hal ini dimaksudkan supaya terjadi keselarasan kerja antara tim dengan pengusaha.

  7. Pemeliharaan Barang Secara Preventif
    Salah satu kegiatan yang menjadi tugas warehouse staff adalah pemeriksaan dan pemeliharaan barang dalam gudang agar kualitasnya tetap terjaga. Selain itu, mereka juga wajib melakukan penyortiran kelayakan produk sesuai SOP perusahaan sehingga proses distribusi tidak akan terhambat.


Gaji Warehouse Staff

Gaji warehouse staff di Indonesia cukup beragam, dengan nominal minimalnya disesuaikan jumlah UMK masing-masing daerah. Saat ini, gaji rata-rata mereka adalah sebesar Rp3,8 juta. Namun jumlah ini masih dapat mengalami peningkatan apabila ada lembur atau pekerjaan tambahan lain, mengingat pada saat-saat tertentu seperti liburan atau hari raya pasti distribusi produk ditingkatkan.


Kriteria Menjadi Warehouse Staff

Biasanya, ketika melakukan rekrutmen untuk profesi ini, perusahaan akan memberikan beberapa syarat khusus. Nah, kriteria untuk menjadi warehouse staff adalah sebagai berikut.

  1. Mengerti Mekanisme Supply Chain
    Supply chain adalah serangkain proses suatu produk sejak diproduksi hingga sampai ke tangan konsumen. Alasan mengapa warehouse staff perlu memahaminya adalah karena pekerjaan mereka berhubungan dengan proses distribusi, yakni penyaluran barang ke tangan pembeli.

  2. Mampu Melakukan Administrasi Gudang
    Syarat mutlak untuk menjadi seorang warehouse staff adalah wajib memahami serta mampu melakukan sederet kegiatan administrasi gudang yang meliputi pencatatan barang masuk dan keluar, klasifikasi sesuai SOP, serta dokumentasi.

  3. Memiliki Fisik yang Kuat
    Sebagaimana telah dijabarkan di atas, warehouse staff adalah pekerjaan yang cukup berat, maka Anda harus memiliki fisik kuat untuk mengangkut barang dan keliling gudang dalam waktu lama.

  4. Memahami Matematika Dasar
    Penting bagi seorang warehouse staff untuk memahami matematika dasar karena mereka akan sering bertugas menghitung stok, melakukan pencatatan, serta membuat laporan persediaan.

  5. Teliti, Dapat Bekerja Sama, dan Berkomunikasi dengan Baik
    Seorang warehouse staff harus selalu fokus dengan peredaran barang dalam gudang. Oleh karena itu ketelitian adalah hal yang penting. Selain itu, kemampuan bekerja secara tim dan komunikasi juga menjadi modal utama agar koordinasi tim berjalan lancar.


Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa warehouse staff adalah pekerjaan yang memerlukan tenaga dan ketelitian karena akan berpengaruh pada proses distribusi bahan baku maupun barang produksi perusahaan. Jadi, jika Anda ingin mendaftarkan diri di posisi tersebut, siapkan stamina dengan baik, ya!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All