Apa itu Branchless Banking? Ini Perbedaannya Versi BI dan OJK

10 Jan 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Akses layanan perbankan cukup lewat branchless banking. Berikut selengkapnya.

Sobat OCBC NISP, sudah tahu apa itu branchless banking? Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, branchless banking adalah suatu inovasi perbankan yang bertujuan untuk memberikan layanan jasa keuangan tanpa melalui kantor fisik kepada para nasabahnya.

Lebih dari itu, kehadiran branchless banking juga disambut baik karena dianggap sebagai salah satu faktor pendukung ekonomi masyarakat. Bagaimana bisa? Yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!


Apa itu Branchless Banking?

Mungkin Sobat OCBC NISP tidak lagi asing dengan pengertian branchless banking. Pasalnya di masa pandemi ini branchless banking sedang gencar dipromosikan oleh berbagai bank agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dengan nyaman tanpa harus bepergian ke banyak tempat. Tapi sebenarnya, apa itu branchless banking?

Branchless banking adalah produk layanan keuangan atau perbankan yang dilakukan tanpa adanya jaringan kantor bank. Memanfaatkan perkembangan teknologi, branchless banking bekerjasama dengan pihak lain atau agen untuk menyediakan layanan keuangan melalui ponsel atau laptop menggunakan koneksi internet.

Penerapan branchless banking difokuskan pada wilayah yang belum belum terjangkau oleh jaringan kantor perbankan sehingga nasabah tidak perlu lagi menghabiskan banyak tenaga dan waktu ke kantor cabang guna mendapatkan layanan keuangan.

Nasabah hanya perlu pergi ke agen terdekat dan mereka dapat melakukan layanan keuangan sesuai kebutuhannya.


Mengapa Branchless Banking Diperlukan?

Berdasarkan program Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) pada Juni 2012, sebagai layanan keuangan tanpa kantor fisik, branchless banking adalah inovasi yang diperlukan untuk mewujudkan terjadinya keuangan inklusif di Indonesia.

Keuangan inklusif merupakan kondisi di mana seluruh masyarakat Indonesia memiliki akses ke layanan keuangan sehingga memiliki kesempatan sama untuk menikmati fasilitasnya. Fasilitas ini termasuk pembiayaan mikro, asuransi mikro, serta tabungan.

Dalam jangka panjang, branchless banking dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menabung serta menjaga kondisi keuangan rumah tangga sehingga kesenjangan pendapatan semakin sempit.

Pada akhirnya, penerapan branchless banking Indonesia adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan menjaga kestabilan sistem keuangan.


Fungsi Branchless Banking

Munculnya branchless banking membantu meningkatkan aktivitas keuangan pada wilayah yang belum terjangkau oleh jaringan kantor perbankan. Adapun fungsi branchless banking adalah sebagai berikut.

  1. Membantu masyarakat
    Fungsi pertama branchless banking adalah membantu masyarakat mengakses layanan perbankan.

    Karena layanan perbankan dilakukan oleh agen yang tersebar di berbagai wilayah, nasabah dapat dengan mudah melakukan aktivitas keuangan dasar seperti pembukaan rekening, penyetoran tabungan, penarikan tunai, dan transfer dana.

    Meski hanya melayani kebutuhan keuangan dasar, tak menutup kemungkinan di masa depan agen branchless banking dapat melayani aktivitas penyaluran kredit.

  2. Penyuluhan
    Menargetkan wilayah yang belum memiliki jaringan kantor perbankan, tugas selanjutnya dari branchless banking adalah memberikan penyuluhan pada masyarakat mengenai fungsi bank serta membuat program-program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

    Harapannya, semakin meluasnya penyuluhan mengenai fungsi dan manfaat bank untuk mengelola keuangan, semakin banyak pula masyarakat yang tergerak untuk membuka rekening serta menggunakan layanan perbankan guna mengelola keuangannya.

  3. Memasarkan produk
    Fungsi terakhir branchless banking adalah untuk memasarkan produk-produk perbankan. Produk seperti tabungan dan transfer menjadi produk utama yang ditawarkan oleh branchless banking pada masyarakat awam untuk membangun kesadaran akan pentingnya fungsi perbankan.

    Namun beberapa penyelenggara branchless banking juga mulai menawarkan produk lainnya seperti penyaluran kredit dan asuransi.


Contoh Branchless Banking

Contoh branchless banking dapat dilihat pada banyaknya orang atau toko kelontong yang menjadi agen bank induk tertentu dan memberikan layanan perbankan untuk masyarakat di sekitarnya.

Agen branchless banking memberikan layanan transaksi perbankan seperti penyetoran tabungan atau transfer melalui rumah atau toko mereka tanpa perlu pergi ke kantor cabang. Agen cukup memiliki handphone atau laptop dengan koneksi internet stabil untuk mengakses produk-produk keuangan, dan aktivitas perbankan pun bisa dilakukan.


Perbedaan Branchless Banking Versi BI dan OJK

Meski bekerjasama dalam mengembangkan branchless banking, BI dan OJK memiliki ruang lingkup pengembangan yang berbeda.

BI bertugas untuk mengatur perputaran uang elektronik, sedangkan OJK bertugas untuk mengatur layanan perbankan seperti penyaluran kredit dan simpanan. Oleh karena itu, BI dan OJK juga memberikan persyaratan berbeda pada bank yang ingin berpartisipasi dalam branchless banking.

Syarat BI didasarkan pada PBI No.16/8/PBI/2014 tentang Uang Elektronik, yaitu:

  • Berbadan hukum di Indonesia
  • Menerbitkan uang elektronik sekurang-kurangnya selama 2 tahun
  • Masuk dalam kategori bank BUKU 4
  • Memenuhi persyaratan operasional BI

Sedangkan OJK membuat persyaratannya mengikuti POJK No.19/POJK.03/2014 tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai), sebagai berikut:

  • Berbadan hukum di Indonesia
  • Mempunyai profil risiko, tingkat risiko operasional dan risiko kepatuhan dengan peringkat 1, 2, atau 3
  • Mempunyai jaringan kantor di wilayah timur Indonesia dan atau provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Mempunyai infrastruktur pendukung untuk menyediakan layanan transaksi elektronik bagi nasabah, meliputi layanan sms banking atau mobile banking, serta internet banking atau host to host.

Demikian pembahasan seputar branchless banking, sebuah penghubung antara bank dan nasabah dalam mengakses layanan perbankan secara lebih mudah. Setelah mengetahuinya, apakah Sobat OCBC tertarik untuk menjadi salah satu agennya? Bila iya, pahami dulu seluruh ketentuannya ya, semangat!


Baca Juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna
Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

A means of payment for all transactions

Download ONe Mobile