Nota Kredit: Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Manfaatnya

10 Jan 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Apa pentingnya nota kredit untuk bisnis? Ini penjelasannya.

Catatan transaksi dan keuangan bisnis merupakan hal yang penting demi menjaga kelancaran usaha. Nah nota kredit adalah salah satu bukti yang berfungsi sebagai dokumen sumber komersial untuk mengurangi harga faktur atas kerusakan suatu barang.

Kali ini, OCBC akan membahas lebih lanjut seputar nota kredit, mulai dari pengertian, manfaat, tujuan, hingga contohnya. Yuk simak!


Apa itu Nota Kredit?

Nota kredit adalah dokumen yang sengaja dibuat sebagai bukti atas pengurangan piutang usaha karena kecacatan atau masalah pada kualitas suatu barang sehingga harus diretur. Selain itu, ketika suatu produk mengalami penurunan harga, nota ini juga diperlukan untuk memberikan kembalian uang kepada pembeli.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembuat dan pemberi nota kredit adalah penjual. Biasanya, pembuatan sekaligus penandatanganannya didahului oleh nota debet serta diberikan sebanyak dua rangkap sebagai dokumentasi.

Agar tidak terjadi salah paham, terutama jika menyangkut kerjasama kedua pihak, maka syarat nota kredit adalah harus atas persetujuan pembeli, dan disertai beberapa komponen sebagai berikut.

  • Kolom berisi data produk, meliputi harga dan jumlah yang harus dikembalikan penjual.
  • Tertulis nomor pesanan sebagai alat pelacakan jika jumlahnya cukup banyak.
  • Harus disertai faktur tagihan serta tanggal dan alamat pengiriman.
  • Terdapat ketentuan pembayaran dalam nota untuk menindaklanjuti masalah yang mungkin muncul.

Perbedaan Nota Debet dan Nota Kredit

Nota debet dan nota kredit merupakan dua dokumen yang banyak digunakan dalam bisnis maupun organisasi. Meskipun sering dianggap serupa, keduanya memiliki perbedaan sebagai berikut.

  1. Pengertian
    Dari segi pengertian, keduanya memiliki perbedaan. Nota debet adalah suatu dokumen sebagai bukti pengurangan utang yang disebabkan retur atau penurunan harga yang dibuat oleh pembeli.

    Sedangkan nota kredit dibuat oleh penjual sebagai dokumen untuk bukti pengurangan piutang. Jadi, kedua nota tersebut dibuat oleh pihak dan untuk tujuan berbeda.

  2. Fungsi
    Dari perbandingan dua pengertian di atas, fungsi nota kredit dan nota debet dalam pelunasan usaha pun berbeda. Kegunaan nota kredit adalah untuk mengurangi piutang yang ditagihkan ke pembeli. Sedangkan nota debet digunakan sebagai dasar pengurangan utang usaha pembeli.


Tujuan Pembuatan Nota Kredit

Dokumen yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai alat penagihan, namun juga untuk beberapa kepentingan. Nah, tujuan pembuatan nota kredit yakni sebagai berikut.

  1. Menertibkan administrasi
    Nota kredit adalah suatu alat untuk merekap transaksi yang dilakukan perusahaan dalam bentuk tertulis. Dengan demikian, data ini akan memudahkan pembuatan laporan keuangan dan tertib administrasi sesuai standar akuntansi.

  2. Sebagai Jaminan Transaksi pada Klien
    Nota kredit adalah jaminan keamanan transaksi kepada klien, dengan begitu kredibilitas bisnis akan bertambah. Selain itu, calon pembeli akan memandang bahwa perusahaan Anda sangat bertanggung jawab karena bersedia mengurangi piutang ketika produknya tidak sesuai kriteria.

  3. Mencegah Terjadinya Laporan Keuangan Tidak Masuk Akal
    Semua perusahaan wajib membuat laporan dan memeriksa kondisi bisnisnya minimal setahun sekali. Tak jarang, ditemukan data-data palsu dan angka yang tidak dapat diketahui sumbernya.

    Namun hal tersebut dapat diatasi karena nota kredit adalah dokumen yang mampu mencatat dan memberi bukti transaksi terhadap setiap pengurangan piutang. Jadi, angka dalam laporan keuangan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Manfaat Nota Kredit

Dokumen ini tak hanya berguna dalam memberikan keamanan pembayaran pada klien, melainkan juga memberi keuntungan bagi perusahaan. Adapun manfaat nota kredit adalah sebagai berikut.

  1. Memudahkan Kegiatan Administrasi
    Manfaat pencatatan nota kredit adalah memudahkan kegiatan administrasi karena transaksi yang dilakukan perusahaan telah tercatat secara sistematis.

  2. Meningkatkan Operasional Bisnis
    Nota kredit adalah salah satu bukti bahwa suatu perusahaan perlu melakukan beberapa perbaikan pada produknya. Untuk dapat memperbaiki, maka kinerja perlu ditingkatkan. Dengan demikian kegiatan operasional bisnis juga bisa dievaluasi guna menciptakan sistem yang lebih efisien.

  3. Menjaga Hubungan Penjual dan Pembeli
    Meski sekilas nota kredit adalah sebuah kerugian bagi pebisnis karena mengurangi piutang mereka, namun hal ini juga merupakan suatu itikad baik untuk memelihara hubungan antara penjual dan pembeli. Dalam jangka panjang, perusahaan akan diuntungkan karena kepercayaan konsumen meningkat.

  4. Melacak Kesalahan Penjualan yang Mungkin Terjadi
    Seringkali kerusakan suatu produk timbul pada saat penjualan maupun pengiriman, bukan ditimbulkan oleh proses produksi. Dengan adanya pembuatan nota kredit, pengusaha dapat mengetahui pada tahap mana produknya mengalami penurunan kualitas sehingga bisa menjadi bahan evaluasi selanjutnya.

  5. Menghindari Konflik
    Manfaat lain nota kredit adalah sebagai salah satu sarana menghindari konflik antara penjual dan pembeli. Pasalnya, kualitas produk yang buruk tentu akan merugikan konsumen karena tidak sesuai dengan pengeluaran mereka. Nah, jika perusahaan tak mampu mengatasi hal ini dan kedua pihak tidak mau memahami satu sama lain, tentu potensi konflik akan terbuka lebar.


Informasi Wajib pada Nota Kredit

Saat membuat nota kredit, pastikan Anda mencantumkan beberapa informasi penting sebagai berikut.

  • Tanggal ketika nota kredit diterbitkan.
  • Nomor beserta alamat kemana pesanan akan dikirim.
  • Syarat-syarat untuk melakukan pembayaran.
  • Rincian mengenai kontak pembeli dan penjual.
  • Alasan dibuatnya nota kredit.
  • Pernyataan secara tegas pada bagian atas bahwa ini merupakan nota kredit, bukan faktur.

Contoh Nota Kredit

Sebagai referensi Sobat OCBC, berikut kami berikan contoh nota kredit.



Demikian pembahasan seputar nota kredit, dokumen penting yang sangat bermanfaat untuk sebuah bisnis. Dilihat dari manfaatnya yang begitu banyak, sebaiknya gunakanlah nota kredit sebagai pelengkap administrasi bila Anda memang tengah berencana untuk merintis sebuah usaha. Semoga artikel ini bermanfaat ya!


Baca Juga:

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

A means of payment for all transactions

Download ONe Mobile