Related Product

Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Pengertian Stockholder dan Bedanya dengan Stakeholder

12 Jan 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Apa arti istilah stockholder dalam suatu perusahaan? Yuk pelajari di sini.

Stockholder adalah pihak yang memangku kepentingan utama dalam suatu perusahaan. Istilah ini seringkali disebut juga dengan shareholder. Meski memiliki nama yang hampir serupa dengan stakeholder, namun peran keduanya cukup berbeda lho.

Agar Anda tidak bingung, penting untuk memahami apa perbedaan dari stockholder/shareholder dengan stakeholder serta apa fungsinya untuk perusahaan. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


Apa itu Stockholder

Stockholder adalah individu, badan hukum atau organisasi pemegang saham di suatu perusahaan. Dengan kata lain, stockholder merupakan salah satu pemangku utama di dalam perusahaan tersebut.

Stockholder atau shareholder saling berkaitan dan bekerjasa,a dengan stakeholder untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan. Dalam hal tersebut, peran shareholder sangat dibutuhkan untuk mengembangkan modal perusahaan.

Shareholder adalah nama lain dari stockholder, yaitu pemegang saham perusahan. Karena itu, mereka memiliki hak khusus yang tergantung dari jenis sahamnya, hak ini termasuk pemberian suara untuk memilih dewan direksi, membeli saham baru, mendapat dividen serta hak pada aset perusahaan.

Stockholder’s equity atau equity stockholder adalah hak terhadap kekayaan serta nilai-nilai yang ditanamkan pada suatu perusahaan. Sederhananya, equity stockholder adalah uang/keuntungan yang akan diberikan kepada pemegang saham ketika aset telah dicairkan.


Pengertian Stockholder Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, salah satunya yaitu Prof. DR. Sukmawati Sukamulja, mengemukakan bahwa stockholder maupun shareholder pada kondisi tertentu bisa saling mewakili atau menggantikan (interchangeably).

sedangkan, dalam Cambridge Dictionary, dijelaskan bahwa stockholder adalah seseorang yang mempunyai saham di suatu perusahaan, dimana dengan saham itu, mereka bisa mendapat sebagian keuntungan dari perusahaan serta memberikan hak suara.

Dalam Business Dictionary, pengertian stockholder adalah kelompok, organisasi atau perorangan yang memegang lebih dari satu lembar saham perusahaan, dimana namanya akan tercatat dalam sertifikat lembar saham miliknya.

Sementara, dalam Accounting Coach dijelaskan bahwa stockholder atau shareholder adalah pemilik sebagian dari saham perusahaan. Stockholder dianggap sebagai pihak yang terpisah dari perusahaan, sehingga liabilitasnya terbatas.


Perbedaan Stockholder dan Stakeholder

Karena sitilah stockholder, shareholder maupun stakeholder sangat berkaitan satu sama lain, mungkin banyak dari sobat OCBC yang bingung mengenai perbedaan antara mereka, mulai dari pengertian hingga fungsinya.

  • Stockholder/shareholder memiliki saham finansial terhadap keuangan perusahaan, tetapi stakeholder memiliki atau tidak memiliki kepentingan terhadap keuangan perusahaan.
  • Stockholder juga dapat bertindak sebagai stakeholder, tetapi stakeholder bukanlah bagian dari pemegang saham.
  • Stockholder dipengaruhi secara langsung oleh apa yang terjadi pada perusahaan, tetapi stakeholder dapat terpengaruh secara tidak langsung atau langsung.
  • Stakeholder bertanggung jawab dan mempengaruhi apa yang terjadi pada perusahaan, tetapi stockholder hanya terpengaruh olehnya.
  • Stockholder memiliki bagian dari perusahaan, tetapi tidak semua stakeholder memiliki bagian dari perusahaan.

Pengaruh Stockholder pada Keputusan Perusahaan

Dahulu, stockholder adalah pihak yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap kebijakan suatu perusahaan, hal ini dikarenakan mereka memiliki hak untuk bersuara. Sehingga, banyak dari perusahaan yang mengesampingkan stakeholder untuk memaksimalkan keuntungan.

Namun, saat ini kebijakan perusahaan sudah mulai berubah seiring dengan adanya tanggung jawab sosial. Sehingga perusahan juga lebih mempertimbangkan kepentingan stockholder maupun stakeholder dalam penentuan keputusan.


Jenis-jenis Stockholder

Stockholder atau shareholder terdiri dari dua jenis, yaitu common shareholder dan preferred shareholder. Berikut penjelasan lengkapnya.


Preferred Shareholder

Preferred shareholder adalah pihak yang memiliki hak terhadap beberapa saham pilihan suatu perusahaan. Pihak ini juga memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan struktur perusahaan tersebut. Namun, mereka tetap menerima dividen perusahaan sebagaimana mestinya.


Common Stockholder

Common stockholder adalah pemegang saham biasa di suatu perusahaan. Tipe pemegang saham ini lebih lazim serta mempunyai hak terkait hal-hal yang berhubungan dengan bisnis perusahaan.

Common stockholder/shareholder mempunyai kendali terhadap kelola perusahaan, mereka dapat mengajukan class action di perusahaan untuk kesalahan atau pelanggaran yang bisa mengancam manajemen.


Hak-hak Stockholder

Secara umum, hak-hak stockholder terhadap suatu perusahaan cukup banyak, meliputi hak suara, pengelolaan perusahaan hingga kekayaan, adapun diantaranya sebagai berikut.

  • Periksa buku dan catatan perusahaan.
  • Menggugat perusahaan atas kelalaian direktur atau pejabat lainnya.
  • Berikan suara untuk masalah perusahaan yang penting. Misalnya, menunjuk direktur dan membuat keputusan tentang kemungkinan merger dan akuisisi.
  • Menerima dividen dari perusahaan.
  • Menghadiri pertemuan tahunan secara langsung atau melalui panggilan konferensi.
  • Bagikan pandangan tentang keputusan yang dibuat melalui agen, pemungutan suara, atau platform pemungutan suara online ketika perusahaan tidak dapat menghadiri rapat secara langsung.
  • Klaim alokasi proporsional berlanjut ketika aset yang dimiliki oleh perusahaan dilikuidasi.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian stockholder dan perbedaannya dengan stakeholder. Setelah membacanya, apakah sobat OCBC sudah tidak bingung lagi tentang beberapa istilah penting terkait pemangku perusahaan ini? Pada dasarnya, kedua pihak tersebut memiliki peran penting dalam berjalannya suatu perusahaan.


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All