Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

E-Wallet Adalah: Pengertian, Jenis & Bedanya dengan E-Money

19 Jan 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

E-Wallet adalah dompet digital, solusi untuk menyimpan uang secara praktis.

Revolusi industri 4.0 membawa banyak perubahan dalam berbagai hal, salah satunya yaitu digitalisasi di bidang finansial, seperti hadirnya layanan pembayaran online. E-wallet adalah contohnya. Aplikasi yang satu ini mampu memudahkan kita untuk melakukan transfer, menyimpan uang, hingga membayar dalam sekali klik melalui ponsel.

Pada artikel kali ini, OCBC akan membahas mengenai apa itu e-wallet, jenis, kelebihan, dan kekurangannya dalam pembayaran. Tunggu apa lagi? Yuk simak!


Apa Itu E-Wallet?

E-wallet adalah layanan online dalam bentuk aplikasi atau

software

lain yang berfungsi sebagai alat transaksi. Selain digunakan untuk membayar barang melalui transfer atau scan barcode, Anda juga dapat menyimpan dana, mentransfer uang dari maupun menuju bank, serta pelunasan tagihan air, listrik, wifi, dan sebagainya.

 

Awal mula perkembangan e-wallet Indonesia adalah ketika adanya digitalisasi ekonomi yang ditandai oleh lahirnya fintech berupa pendanaan bersistem kredit pada 2006. Setelahnya, muncul teknologi keuangan digital dalam hal investasi, perbankan, crowdfunding, blockchain, hingga pembayaran transaksi.

Adapun terkait keamanan layanan ini, Anda tak perlu khawatir karena beberapa e-wallet seperti OVO, Dana, dan LinkAja telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, e-wallet adalah aplikasi yang dapat menyimpan riwayat transaksi sehingga semua pembayaran akan tercatat secara otomatis.


Perbedaan Antara E-Wallet dan E-Money

E-wallet adalah sarana pembayaran secara digital, sama seperti e-money. Tak heran jika keduanya sering dianggap sebagai satu jenis layanan. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang perlu Anda tahu, yakni sebagai berikut.

  1. Fleksibilitas Penggunaan
    Telah disebutkan di atas bahwa e-wallet adalah software yang memungkinkan Anda untuk membayar belanjaan atau tagihan secara online. Namun, layanan ini masih kalah fleksibel dari e-money yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran BBM, karcis tol, bus trans, hingga kereta api.

  2. Server Based dan Chip Based
    E-wallet adalah aplikasi yang pengolahan datanya berbasis server sehingga Anda harus terhubung dengan internet saat menggunakannya. Sementara e-money adalah alat pembayaran berbasis chip yang ditanam di dalam kartu seukuran e-KTP.

  3. Besar Saldo Maksimal
    Besar saldo maksimal e-wallet Indonesia biasanya bisa mencapai Rp10 juta, sedangkan pada e-money, Anda hanya dapat menyimpan dana maksimal Rp1 hingga 2 juta.


Sistem Transaksi E-Wallet

Sebelum lebih jauh, hal penting yang perlu Anda tahu mengenai e-wallet adalah terkait sistem transaksinya. Sebenarnya proses tersebut cukup sederhana, yakni dimulai dengan pengisian saldo atau top up untuk menyimpan sejumlah dana di dalam akun.

Selanjutnya, ketika Anda hendak membayar sesuatu, lakukan pembayaran melalui scan barcode yang disediakan toko dan bisa juga dengan klik pada opsi “Kirim uang” atau “Bayar”. Jika ingin melunasi tagihan atau melakukan transfer bank, biasanya juga telah ditampilkan beberapa tutorial sederhana agar mudah diikuti.

Nantinya, pembayaran tersebut akan memotong saldo Anda. Tiap kali ingin mengisinya, lakukan pengisian melalui transfer bank, toko mitra aplikasi, dan opsi lain yang disediakan.


Macam-Macam E-Wallet

Saat ini, e-wallet adalah layanan yang banyak digunakan dalam pembayaran transaksi di Indonesia. Berikut beberapa aplikasi terpopuler yang dapat Anda gunakan.

  1. Dana
    Salah satu aplikasi e-wallet Indonesia yang terpopuler adalah Dana. Sejak awal kemunculannya pada 2018, aplikasi hasil kerjasama antara Emtek Group dan Ant Financial ini telah menjadi sarana pembayaran asuransi, tagihan, dan digunakan di berbagai merchant, misalnya Bukalapak.

  2. LinkAja
    LinkAja adalah aplikasi e-wallet hasil merger beberapa BUMN seperti T-Money, T-Bank, Unikqu, dan sebagainya. Kini, LinkAja menduduki posisi keempat dalam hal jumlah pengguna karena layanan yang disediakannya cukup lengkap, mulai dari pembayaran tagihan, asuransi, hingga pembelian paket data internet.

  3. GoPay
    Keunikan GoPay sebagai e-wallet adalah layanan ini terintegrasi dengan aplikasi GoJek, sehingga Anda dapat menggunakannya tak hanya untuk membayar tagihan, namun juga pembayaran tarif ojek, kirim barang, atau makanan pesan-antar. Bahkan, Anda juga bisa memindahkan saldonya ke bank.

  4. OVO
    OVO adalah e-wallet yang telah bekerja sama dengan banyak mitra di Indonesia. Oleh karena itu, penggunanya pun terus bertambah guna menyesuaikan kebutuhan mereka.

  5. iSaku
    Selanjutnya, contoh e-wallet adalah aplikasi iSaku yang telah digunakan di berbagai merchant dan toko seperti Indomaret. Selain itu, tersedia layanan tarik tunai, kirim uang, dan berbagai promo ketika Anda membayar tagihan.


Kelebihan E-Wallet

Layanan e-wallet memberikan banyak keuntungan dibanding saat Anda bertransaksi secara tatap muka. Langsung saja, kelebihan e-wallet adalah sebagai berikut.

  1. Proses Transaksi Lebih Cepat
    Bila dibandingkan transaksi langsung, pembayaran melalui e-wallet lebih cepat karena pembeli cukup melakukan scan barcode yang disediakan penjual tanpa harus menghitung uang atau menunggu kembalian.

  2. Hemat Waktu dan Tenaga
    E-wallet adalah aplikasi pembayaran yang memungkinkan penggunanya untuk membayar tagihan, asuransi, belanjaan, dan sebagainya di mana saja tanpa harus berangkat ke ATM atau bank. Oleh karena itu, layanan ini sangat menghemat waktu sekaligus tenaga.

  3. Menghindari Uang Palsu
    Hingga saat ini, peredaran uang palsu masih sering kita temui dalam transaksi sehari-hari. Namun, jangan khawatir, karena e-wallet adalah aplikasi yang dapat menyimpan dana dengan keamanan ketat dan bisa mengurangi saldonya hingga nominal desimal sehingga pengguna tidak perlu menerima kembalian dari penjual.

  4. Banyak Promo Menarik
    Beberapa e-wallet bahkan menyediakan promo, cashback, dan diskon untuk pembayaran dengan batas minimal nominal tertentu. Hal ini tentu dapat membantu menghemat pengeluaran Anda.


Kekurangan E-Wallet

Selain beberapa kelebihan di atas, beberapa kekurangan e-wallet yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya, yakni sebagai berikut.

  1. Ada Biaya Admin
    Ketika membayar ke merchant tertentu, masih sering dijumpai adanya biaya admin yang dibebankan oleh e-wallet. Selain itu, ketika melakukan transfer dari atau menuju bank, Anda juga akan dikenakan tarif tambahan.

  2. Memancing Pola Hidup Konsumtif
    Kemudahan dalam pembayaran serta berbagai promo yang disediakan bisa menjadi boomerang ketika para penggunanya tidak mampu mengatur keuangan. Oleh karena itu, pastikan Anda membelanjakan saldo sesuai kebutuhan.

  3. Merchant Kecil Belum Terjangkau


Nah, dari penjelasan OCBC di atas, dapat kita lihat bahwa e-wallet adalah aplikasi pembayaran yang sangat praktis namun juga memiliki kekurangan tersendiri sehingga Anda harus bijak ketika menggunakannya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, ya!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All