Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Apa itu Intan? Ini Sifat-Sifat dan Cara Mengenalinya

19 Jan 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Ingin tahu apa itu Intan? Simak pengertian, sifat & cara mengenalinya berikut!

Intan adalah salah satu jenis mineral yang memiliki sejumlah sifat fisika istimewa. Beberapa karakteristik intan menjadikannya kerap digunakan sebagai perhiasan ataupun berbagai penerapan pada dunia industri. Adapun nama lain dari batu intan adalah berlian.

Ingin tahu penjelasan lengkap mengenai apa itu intan? Yuk, simak ulasan terkait definisi, sifat-sifat, hingga cara mengenalinya berikut.


Apa itu Intan?

Bila Anda suka mengenakan perhiasan, mungkin intan adalah hal umum yang sudah tak asing lagi. Ya, pasalnya intan sering kali dijadikan sebagai aksesori pilihan karena tampak cantik dan elegan ketika digunakan. Namun, sebetulnya tahukah Anda apa itu intan?

Secara kimia, intan adalah suatu kandungan mineral berupa kristal persegi atau juga alotrop yang berasal dari karbon. Jenis kristal ini mempunyai beragam sifat fisika istimewa, salah satunya seperti kemampuan dispersi cahaya. Maka dari itu, tidak heran bila intan adalah perhiasan favorit bagi banyak orang.

Jenis permata intan umumnya diperoleh dari wilayah Afrika Tengah dan juga Selatan. Meski demikian, intan juga diketahui banyak ditemukan di kawasan Rusia, Kanada, Australia, serta Brasil. Di Indonesia, intan adalah tambangan mineral yang cukup lama dilakukan di daerah Kalimantan Selatan, yakti Martapura.

Pada dasarnya, mineral ini berasal dari berbagai pipa vulkanis, yaitu kumpulan material di perut dalam bumi dengan tekanan dan temperatur tertentu yang mampu membentuk intan. Kandungan tersebut kemudian digali melalui dua cara, yakni secara manual atau mekanisasi.

Namun, kini sebagian besar metode yang digunakan untuk memperoleh intan adalah dengan mekanisasi. Sistem ini menggunakan mesin penyedot guna menghisap tanah galian. Kemudian, tanah tersebut disaring atau dipilah dari airnya melalui sebuah tapisan.

Hal tersebut dilakukan untuk memisahkan antara pasir, batu biasa, dan intan. Di Martapura, kandungan intan yang baru saja diperoleh tersebut dikenal dengan nama “galuh”. Galuh diartikan sebagai bentuk intan mentah.

Sehingga, intan perlu digosok dahulu guna membuatnya jadi sebuah material siap pakai. Pada sebagian besar masyarakat, penggosokan intan masih cenderung menggunakan peralatan tradisional.


Sifat-sifat Fisika dari Intan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, intan adalah suatu kandungan dengan beragam sifat fisika istimewa. Hal tersebut menjadikan kerap sekali digunakan sebagai aksesori pelengkap guna mempercantik tampilan. Adapun sifat-sifat intan adalah sebagai berikut.

  1. Dispersi
    Salah satu sifat istimewa intan adalah kemampuannya mendispersikan suatu cahaya, yaitu membuat pantulan pelangi. Misalkan, ketika Anda memutar intan di ruang terang, maka sekilas cahaya berwarna seperti api akan terpantulkan darinya. Adapun batu pertama lain yang memiliki dispersi tinggi ialah Zikron.

  2. Kekerasan atau Ketahanan
    Sifat unik berikutnya dari intan adalah ketahanannya lebih baik dibanding jenis permata lain. Ya, intan dikenal memiliki nilai kekerasan absolut di berbagai tes uji. Ini dikarenakan kuat dan kokohnya ikatan kovalen antar karbon penyusun struktur mineral intan. Hal tersebut pada akhirnya juga menjadikan intan adalah material alam yang cukup sulit diperoleh di dunia.

  3. Kilauan atau Cahaya
    Ciri lainnya dari batu intan adalah memiliki kilauan cahaya unik. Yup, intan dapat memantulkan cahaya dengan baik dan berbeda. Coba saja perhatikan sepotong segi kristal swarovski atau kuarsa, Anda akan melihat aspek (potongan-potongan kecil di permukaan batu permata) tampak transparan. Sementara, intan akan memberikan aspek hampir putih.

  4. Konduktivitas Termal
    Terakhir, intan juga memiliki kemampuan menjadi konduktor panas yang baik. Tahukah Anda, kristal tunggal intan sintetis murni diketahui mempunyai konduktivitas termal lebih besar 5 kali lipat daripada material logam penghantar panas lainnya.


Cara Mengenali Batu Intan

Nah, untuk mengetahui apakah batu yang Anda miliki merupakan intan asli atau bukan, cobalah beberapa tips mengenalinya berikut.


Tes Sederhana di Rumah

Salah satu cara mengetahui keaslian intan adalah dengan menghitung sisi-sisi bagian atasnya. Intan asli pada dasarnya berbentuk persegi atau mempunyai empat sisi. Bila ternyata permata tersebut memiliki enam sisi, maka bisa jadi benda tersebut ialah kristal kuarsa.

Selain itu, Ana bisa menggosokkan batu permata yang ingin diuji ke sebuah korundum, yaitu jenis kristal lunak. Jika kemudian terdapat goresan pada korundum, maka artinya benda tersebut merupakan intan asli.

Jangan lupa gunakan alat penguji agar lebih akurat. Biasanya, alat tes uji akan mengeluarkan bunyi ketika mendeteksi batu intan asli. Dan sebaliknya, bila nyatanya alat tidak memberikan reaksi, maka bisa dipastikan benda tersebut palsu. Anda dapat membeli alat ini secara online di berbagai marketplace.


Tes Massa Jenis Material

Untuk mengenali batu intan, cobalah lakukan tes masa jenis materialnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, timbang permata tersebut menggunakan timbangan elektrik dan catat beratnya.
  • Kemudian, cari besar volume batu dengan meletakkan cangkir berisikan air di atas timbangan dan atur agar skalanya menjadi angka nol.
  • Setelah itu, masukkan intan ke dalamnya, lalu catat hasilnya.
  • Terakhir, bagi berat awal batu dengan volume terakhir. Itulah massa jenisnya

Nah, bila hasil massa jenis batu yang diukur ialah di antara 3,5 sampai 3,53 gram/cm3, maka bisa dikatakan bahwa benda tersebut asli.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu intan, sifat-sifat, hingga cara mengenalinya. Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa intan adalah salah satu jenis mineral dengan sejumlah sifat fisika istimewa yang membuatnya begitu bernilai. Bila sobat OCBC ingin mengetahui keasliannya, Anda bisa coba beberapa tips di atas.


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All