Related Product

Wealth Management

Wealth Management

ONe Mobile

ONe Mobile

Dampak Kebijakan FED pada IHSG

2 Feb 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Pada pertemuan bank sentral AS yang pertama kali di tahun ini, menginformasikan bahwa Fed siap menaikkan suku bunga acuan di bulan Maret mendatang serta siap menaikkan suku bunga pada setiap pertemuan FOMC apabila memang diperlukan untuk melawan inflasi tertinggi sejak tahun 1980-an.

Pernyataan bernada hawkish tersebut direspon negatif oleh pasar saham baik di AS, Eropa, maupun Asia. Pelaku pasar mengkhawatirkan kenaikan suku bunga akan membatasi ekspansi perusahaan dan menambah beban pada hutang perusahaan. Sektor teknologi merupakan sektor yang paling terkena imbas terhadap kenaikan bunga tersebut, akan tetapi untuk emiten yang memiliki pencadangan kas yang besar, tentunya pelemahan yang terjadi hanya bersifat sementara saja.

Pelemahan indeks juga terjadi di Indonesia, pergerakan indeks saham IHSG relatif flat, tetapi masih tercatat kenaikan +0.29 persen secara year-to-date per tanggal 26-Jan. Meskipun demikian, potensi kenaikan suku bunga AS juga direspon senada oleh Bank Indonesia, demi menjaga laju inflasi dan kestabilan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS. Sehingga, sektor teknologi di IHSG juga ikut mengalami penurunan sebesar 15.23 persen.



Sumber: Bloomberg, 27 Jan 2022

Optimisme pasar saham muncul saat ijin ekspor batubara kembali diberikan oleh pemerintah, sehingga turut mendorong kinerja sektor energi dan potensi kenaikan suku bunga pun direspon positif oleh sektor finansial, karena terdapat potensi kenaikan pendapatan dari bunga.

Investor yang sedang menantikan kesempatan untuk berinvestasi, dapat memulai untuk kembali membuka posisi ke pasar saham dengan ekposur ke sektor energi dan sektor finansial, yang umumnya banyak terdapat di dalam reksa dana yang berfokus pada saham-saham kapitalisasi besar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai reksa dana, kunjungi https://www.ocbcnisp.com/id/individu/wealth-management/reksa-dana.

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All