Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Buku Tabungan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Membukanya

3 Feb 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Pahami jenis, fungsi, dan cara membuka buku tabungan di bank dalam artikel ini!

Buku tabungan adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh pihak bank sebagai catatan transaksi dari pemilik rekening. Bahkan kini, hampir semua orang menyimpan sejumlah uangnya di bank karena sistem keamanannya yang terjamin. Apalagi buku tabungan tidak bisa dipindahtangankan sehingga minim risiko untuk disalahgunakan.

Nah jika Sobat OCBC tengah berniat membuka rekening baru di bank, yuk kenali dulu apa saja fungsi, jenis buku tabungan, syarat pengajuan hingga cara membuatnya dalam artikel berikut!


Apa itu buku tabungan?

Buku tabungan adalah buku yang diluncurkan oleh bank untuk menyimpan jumlah tabungan nasabah pada rekening suatu bank. Kepemilikan buku tabungan adalah ditentukan melalui identitas tertulis pada buku tersebut. Maka dari itu, buku tabungan tak dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan.

Buku tabungan harus ditunjukkan pada setiap transaksi yang dilakukan di bank bahkan saat membukukan bunga. Buku tabungan juga biasa disebut buku bank, namun di beberapa bank kini istilah tersebut tidak digunakan lagi. Maka, sebagai gantinya nasabah diberikan bukti tertulis penyetoran atau penarikan.


Isi Buku Tabungan

Pada umumnya, isi di dalam buku tabungan adalah terdiri dari deretan kolom yang diisi dengan angka-angka berderet ke bawah. Kolom berisi angka tersebut biasanya meliputi informasi saldo, debit, dan kredit.

  • Kolom kredit adalah informasi tentang jumlah setoran yang masuk ke dalam rekening.
  • Kolom debit adalah jumlah uang yang keluar dari rekening.

Pencatatan debit dan kredit di buku tabungan ini akan secara otomatis tercatat melalui sistem bank. Jadi, Anda dapat mengawasinya kapan saja dengan cara pergi ke bank untuk meminta print transaksi terakhir. Sedangkan, di kolom saldo berisi informasi sisa uang tabungan berdasarkan hasil transaksi masuk dan keluar.


Fungsi buku tabungan

Buku tabungan memiliki beberapa fungsi bagi nasabah bank, mengingat hampir semua masyarakat memiliki rekening tabungan untuk menyimpan uang mereka. Adapun 5 fungsi utama dari buku tabungan adalah:

  1. Identitas diri
    Buku tabungan dapat dimanfaatkan sama halnya seperti KTP, yaitu sebagai bukti identitas seseorang. Setiap transaksi mencerminkan kepribadian nasabah, maka jika riwayat transaksinya baik, kepribadiannya juga baik, begitupun sebaliknya.

  2. Catatan keluar masuk uang
    Semua transaksi yang Anda lakukan, yaitu penarikan ataupun penyetoran, semua akan tercatat lengkap di dalam buku tabungan. Jadi, Anda dapat tahu jumlah uang yang Anda keluarkan dan tujuannya apa, serta jumlah penyetoran uang dan dari mana asalnya.

  3. Menganalisis kondisi keuangan
    Setiap rincian transaksi perbankan tentunya dapat dianalisis menggunakan buku tabungan. Karena isi di dalam buku tabungan adalah mencakup catatan transaksi secara detail. Sehingga, hal tersebut bisa memudahkan nasabah saat melakukan analisis kondisi keuangan.

  4. Memudahkan pengajuan kartu kredit
    Fungsi utama lain dari buku tabungan adalah untuk memudahkan Anda dalam pengajuan kartu kredit atau pinjaman bank bahkan KPR. Jika riwayat transaksi Anda lancar dan tidak bermasalah, maka dengan mudah Anda dapat mengajukan kredit tersebut, begitu pula sebaliknya.

  5. Persyaratan administrasi pajak tahunan
    Tabungan erat kaitannya dengan perpajakan, dimana buku tabungan adalah salah satu syarat utama dalam pelaporan pajak tahunan. Saat lapor pajak tahunan, Anda akan diminta hasil salinan buku tabungan dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Tujuannya sebagai syarat administrasi dan pengecekan riwayat transaksi Anda.


Jenis buku tabungan

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui tentang buku tabungan adalah jenis-jenisnya. Dalam istilah perbankan, buku tabungan terbagi menjadi beberapa macam yaitu:

  1. Tabungan konvensional
    Jenis pertama dari buku tabungan adalah tabungan konvensional, yaitu jenis tabungan yang hampir semua orang memilikinya. Jenis tabungan ini paling sering dipakai karena cara mengajukannya lebih mudah dan cepat.

  2. Tabungan giro
    Lalu, ada tabungan giro yaitu tabungan khusus untuk keperluan transaksi bisnis yang digunakan oleh berbagai perusahaan.

  3. Tabungan berjangka
    Selanjutnya, ada tabungan berjangka, yang mana nasabah tak bisa mengambil uang tabungannya setiap saat. Pengambilan uang hanya dapat dilakukan sesuai perjanjian jadwal.

  4. Tabungan investasi
    Lalu, ada tabungan investasi, yaitu tabungan yang tidak hanya berfungsi sebagai wadah menyimpan uang saja, namun juga memberikan keuntungan investasi bagi nasabahnya. Biasanya, investasi yang diberlakukan adalah bunga atau nilai jual produk investasi, seperti tabungan saham, deposito, dan valuta asing.

  5. Tabungan haji
    Konsep dari tabungan haji ini adalah Anda menabung untuk mengumpulkan dana sebagai persiapan biaya keberangkatan haji. Selama menabung, Anda akan memperoleh buku tabungan haji yang mencatat seberapa banyak uang setoran Anda.

  6. Tabungan anak
    Jenis terakhir dari buku tabungan adalah tabungan anak, yaitu tabungan khusus anak-anak yang penampilan fisiknya lebih menarik sesuai usianya. Penyetoran saldo untuk tabungan anak juga cenderung lebih kecil.


Keuntungan menabung di bank

Setelah mengetahui apa itu buku tabungan hingga jenis-jenisnya, ada beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui ketika menabung di bank, di antaranya:

  • Aman, karena bank adalah lembaga resmi berbadan hukum yang memang bertugas untuk menyimpan dan menjaga uang nasabah.
  • Bebas, dengan menabung di bank Anda bisa memanfaatkan banyak fitur dan fasilitas keuangan secara bebas yang disediakan, seperti m-banking, ATM, internet banking, dan lainnya.
  • Praktis, bank memberikan kemudahan bagi nasabahnya dalam bertransaksi sehingga Anda tidak perlu repot lagi ketika ingin menyimpan atau mengambil uang.
  • Hemat, bukan tidak mungkin menabung di bank akan membuat Anda semakin lebih hemat dalam menjaga uang Anda agar tidak terpakai untuk hal yang sia-sia.
  • Berkembang, dengan menabung di bank Anda juga bisa mengembangkan tabungan Anda sebagai investasi misalnya deposito, reksadana, atau valuta asing.

Cara membuat buku tabungan OCBC NISP

Ketika Anda ingin membuka rekening di bank, tentunya banyak persyaratan yang perlu Anda penuhi, salah satunya membuat buku tabungan. Berikut persyaratan contoh buku tabungan, dalam hal ini untuk membuka rekening Bank OCBC NISP.

  • KTP
  • Kartu keluarga (KK)
  • Mengisi formulir yang sudah disediakan oleh pihak OCBC NISP

Buku tabungan hilang? Lakukan ini!

Ketika Anda ingin melakukan transaksi yang langsung mendatangi ke kantor bank, pastinya Anda harus membawa buku tabungan sebagai syarat utamanya. Namun, bagaimana jika buku tabungan Anda hilang ketika diperlukan? Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

  1. Dokumen yang dibutuhkan
    Dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus kehilangan buku tabungan adalah:

    • KTP atau SIM atau Paspor
    • Surat kehilangan buku tabungan dari pihak kepolisian
    • Kartu debit ATM
  2. Tahapan mengurus buku tabungan hilang
    Beberapa tahapan dalam mengurus kehilangan buku tabungan adalah:

    • Hubungi customer service
    • Lapor pada pihak kepolisian
    • Segera proses pembuatan buku tabungan baru di kantor cabang bank

Demikian pembahasan OCBC mengenai buku tabungan. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa peran buku tabungan cukup penting hingga perlu mengajukan lapor pada pihak kepolisian jika Anda kehilangannya. Oleh karena itu, simpan baik-baik ya!

Nah sekarang, Sobat OCBC tak perlu ke bank untuk membuka rekening baru. Cukup unduh aplikasi ONe Mobile di Google Play Store ataupun App Store lalu isi data diri, lakukan verifikasi, dan top up saldo. Mudah, bukan? Untuk itu, yuk jadi nasabah Bank OCBC NISP sekarang juga!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All