Beneficiary Bank: Pengertian, Konsep dan Fungsinya

7 Feb 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Apa yang dimaksud beneficiary bank? Simak penjelasannya berikut ini. 

Seiring berkembangnya financial technology yang begitu cepat membuat transaksi tidak hanya dilakukan dalam negeri saja, melainkan sudah menjangkau lintas negara. Beneficiary bank adalah bank yang berperan menerima kiriman uang dari luar negeri.

Dengan bantuan dari beneficiary bank, proses transaksi Anda ke luar negeri semakin mudah dan cepat. Pada artikel kali ini, OCBC NISP akan membahas tentang apa itu beneficiary bank, cara kerja, konsep hingga contohnya. Yuk simak!


Apa itu Beneficiary Bank

Pada dasarnya, arti dari Beneficiary adalah pihak yang berhak menerima manfaat dari suatu layanan, baik itu perorangan atau suatu entitas. Istilah ini bukanlah hal baru dalam bidang layanan umum. Namun, sejauh ini lingkupnya hanya di bidang layanan jasa seperti asuransi, perbankan atau akuntansi.

Dalam konteks perbankan, beneficiary bank adalah pihak yang menerima manfaat seperti transferan dana dari orang lain ke penerima manfaat atau nasabah. Misalnya, Anda mengirim uang ke saudara melalui bank OCBC NISP, maka OCBC NISP dalam hal ini berperan sebagai contoh beneficiary bank.


Fungsi Beneficiary Bank

Lalu apa fungsinya? Fungsi dari beneficiary bank adalah menjadi perantara antara penerima manfaat dan pemberi/pengirim manfaat. Manfaat dalam hal ini bisa diartikan cukup luas, entah itu dana dan sebagainya.

Beneficiary bank adalah pihak yang turut mendukung berjalannya proses transaksi yang Anda lakukan dari luar negeri ke dalam negeri. Meski sekarang sudah banyak cara lebih modern, misalnya melalui aplikasi. Namun, bank konvensional masih berperan penting.


Konsep Umum Beneficiary

Berbicara mengenai arti beneficiary secara umum, istilah ini merujuk pada suatu entitas atau individu yang berhak menerima manfaat dari apa yang telah dijalankannya. Misalnya, peserta pendaftar asuransi, mereka berhak menerima layanan yang ditawarkan oleh pihak asuransi.

Namun perlu Anda catat, penerima manfaat dalam hal ini tidak selalu “siapa yang menjalankan dia pula penerimanya”. Di sini, phak sebagai beneficiary bisa mendapatkan manfaat karena kiriman/pemberian dari orang lain.


Jenis-jenis Beneficiary

Setelah memahami konsep umumnya, sekiranya Anda juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis dari beneficiary secara umum. Berikut diantaranya.

Penerima utama

Penerima utama adalah orang atau perusahaan yang memang ditunjuk sebagai penerima manfaat tanpa adanya perwakilan. Misalnya, Anda mendaftar asuransi, suatu ketika Anda sendiri yang akan menerima manfaat dari asuransi tersebut, bukan keluarga atau teman.

Penerima kontingensi

Pihak ini bisa dikatakan sebagai perwakilan atau turunan dari penerima utama. Penerima kontingensi menjadi perantara manfaat antara pemberi dan penerima. Atau bisa juga sebagai penerima manfaat ketika orang utama berhalangan.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, beneficiary bank adalah pihak yang termasuk dalam penerima kontingensi. Mengapa begitu? Karena bank akan menerima manfaat terlebih dulu dari pihak pemberi/pengirim, baru akan diteruskan kepada penerima utama.

Penerima manfaat yang tidak dapat diganti

Hal ini berkaitan dengan kesepakatan di awal. Penerima manfaat tidka bisa diganti apabila dalam perjanjian di awal telah disepakati bahwa penerima manfaat harus orang tersebut. Namun, jenis ini jarang diterapkan, biasanya suatu perusahaan akan mengizinkan adanya perwakilan.


Beneficiary dalam Perbankan

Dalam dunia perbankan, pihak yang menjadi penerima manfaat yaitu para nasabah. Pada konteks ini, beneficiary bank adalah pihak yang bertugas memberikan informasi mengenai transfer dana oleh orang lain. Dimana, dana tersebut sudah langsung masuk ke rekening bank Anda sebagai penerima manfaat.

Beneficiary bank adalah pihak yang juga membantu penerima manfaat dalam menyimpan dana dalam rekening. Sehingga, Anda bisa melakukan penarikan kapan saja. Begitulah contoh alur beneficiary dalam dunia perbankan.

Umumnya, manfaat yang didapatkan penerima dalam dunia perbankan adalah berupa dana. Berbeda dengan asuransi, nasabah bisa memperoleh layanan yang erat kaitannya dengan premi dan polis, dan bisa diterima jika terjadi sebuah risiko, misal kecelakaan atau operasi di rumah sakit.


Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian dan contoh beneficiary bank. Bagi Anda yang ingin mengirim uang ke luar negeri, kehadiran beneficiary bank akan sangat membantu. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sobat OCBC!


Baca Juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Cash Management

Cash Management

Solutions to effectively and efficiently manage your business
ONe Mobile
ONe Mobile

ONe Mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama ONe Mobile yang baru.
Wealth Management

Wealth Management

Download ONe Mobile