Related Product

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

ONe Mobile

ONe Mobile

Kenali Pengertian RTGS dan Bedanya dengan Kliring & Real Time

24 Feb 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

RTGS adalah salah satu mekanisme transfer antar bank. Simak selengkapnya!

RTGS adalah singkatan dari Real Time Gross Statement, yaitu sebuah jenis pembayaran untuk pengiriman uang dalam jumlah besar. Nah selain RTGS, ada juga beberapa sistem transfer yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan seperti kliring atau LLG dan real time. Lalu, apa perbedaan di antara ketiganya?

Untuk lebih jelasnya, langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini yuk Sobat OCBC!


Apa itu RTGS?

Real-Time Gross Settlement atau RTGS adalah salah satu tipe pembayaran untuk mengirimkan uang dalam jumlah besar. RTGS menjadi opsi bagi nasabah yang mau melakukan transaksi pembayaran dengan nominal lebih dari Rp 100 juta.

Fungsi utama RTGS adalah mentransfer uang ke rekening tujuan secara real time. Tetapi, hal itu bukan berarti uang yang dikirim akan diterima di menit dan detik yang tepat. Sebab, proses pembayaran ini juga membutuhkan waktu tertentu.

Pada umumnya, lamanya proses pengiriman uang menggunakan RTGS adalah 4 jam atau mungkin bisa lebih cepat sampai ke rekening penerima. Kemudian Anda juga akan dikenakan biaya RTGS ketika proses transaksi pengiriman.


Perbedaan Transfer LLG dan RTGS

Lalu Lintas Giro atau LLG adalah metode mentransfer uang menggunakan fasilitas kliring bank. Hal itu membuat LLG lebih dikenal sebagai Sistem Kliring Nasional (SKN) atau kliring oleh sebagian banyak orang.

Perbedaan LLG dan RTGS adalah dari segi waktu pemrosesan pengiriman uang. Jika waktu yang dibutuhkan RTGS adalah rata-rata 4 jam, maka LLG memerlukan waktu lebih lama untuk uang dapat sampai ke rekening penerima.

Saat menggunakan kliring, proses pengiriman uang mampu menghabiskan waktu kurang lebih 2-3 hari. Sebab, bank harus memeriksa terlebih dulu apakah saldo rekening pengirim mencukupi atau tidak.

Mekanisme kliring atau LLG ini yaitu uang yang dikirim akan ditampung terlebih dulu di sistem BI sebelum nantinya dikirim ke rekening penerima beberapa hari ke depan. Selain itu, biaya administrasi kliring yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau SKNBI adalah maksimal Rp 2.900 per sekali pengiriman.


Perbedaan RTGS dengan Real Time

RTGS dan LLG memerlukan waktu berjam-jam sampai berhari-hari untuk bisa mengirim uang. Sedangkan real time atau dikenal juga transfer online adalah pengiriman uang yang waktu prosesnya lebih cepat.

Sederhananya, real time ini adalah teknik yang dipakai saat Anda melakukan transfer online seperti menggunakan m-banking, internet banking, dan ATM. Dengan kata lain, teknik real time adalah teknik yang paling sering digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan sehari-hari.

Selain bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, transfer uang menggunakan metode real time akan sampai di rekening penerima dengan cepat pada jam dan menit yang sama. Saat saldo rekening pengirim berkurang, pada saat itu juga saldo rekening penerima akan bertambah.

Perlu Anda ketahui, batas minimum untuk bisa melakukan transfer real time adalah sebesar Rp10 ribu per hari, sedangkan batas maksimalnya adalah Rp25 juta per hari. Biaya administrasi yang dikenakan pada transaksi real time lebih murah dibandingkan RTGS dan LLG, yaitu Rp6.500 untuk transfer ke rekening beda bank.


Biaya transfer RTGS

Secara umum, biaya transfer Real-Time Gross Settlement atau RTGS adalah mulai dari Rp25 ribu hingga Rp50 ribu tergantung pada kebijakan bank yang Anda gunakan.

Misalnya, bank OCBC NISP mengenakan biaya RTGS adalah sebesar Rp30 ribu. Lalu jika menggunakan ATM Bersama, besaran biaya transfer RTGS adalah sebesar Rp25 ribu untuk setiap transaksi ke antar bank.


Limit transfer RTGS

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kondisi paling tepat untuk mengirim uang melalui RTGS adalah ketika ingin mengirim uang dengan nominal besar yaitu di atas Rp100 juta.

Bank Indonesia telah mengatur batas minimum transfer RTGS adalah sebesar Rp100.000.001. Sementara, untuk batas maksimal transfer RTGS adalah bermacam-macam sesuai kebijakan masing-masing bank.


Cara kerja RTGS

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui tentang RTGS adalah cara kerjanya. Saat ini, jika seseorang ingin melakukan transaksi RTGS, Anda bisa langsung mengunjungi kantor cabang bank terdekat Anda atau bahkan bisa melalui m-banking.

Apabila waktu melakukan transaksi RTGS adalah di pagi hari, bank akan memprosesnya hingga beberapa jam kemudian atau lebih tepatnya pada sore atau siang di hari yang sama. Tetapi, jika transfer uang dilakukan di atas jam 3 sore atau saat jam operasional bank tutup, maka uang akan ditransfer pada keesokan harinya.

Lalu, jika Anda transfer antar bank melalui RTGS di akhir bulan, atau tanggal 30-31, maka uang akan tertunda dikirim selama 1 hari kerja, sebab terdapat proses tutup buku terlebih dahulu. Dengan kata lain, uang akan dikirim pada hari lusa yaitu tanggal 2.


Contoh transaksi RTGS

Untuk semakin menggambarkan lebih jelas mengenai tata cara pengiriman uang menggunakan metode ini, salah satu aplikasi mobile banking yang menyediakan fitur transfer uang dengan metode RTGS adalah aplikasi ONe Mobile by OCBC NISP. Berikut caranya:

  • Login ke dalam aplikasi ONe Mobile
  • Klik menu ‘Transfer’ dan pilih ‘Rupiah’
  • Pilih Bank Tujuan dan ‘masukkan nomor rekening’
  • Masukkan nominal transfer lalu klik ‘Lanjut’
  • Pilih metode transfer RTGS
  • Pilih rekening sumber dana
  • Periksa ringkasan transfer dan klik ‘Konfirmasi’
  • Masukkan ‘PIN Transaksi’ dan transaksi selesai

Itu dia pembahasan tentang RTGS lengkap hingga perbedaannya dengan LLG dan transfer real time. Setelah membaca artikel di atas, semoga para Sobat OCBC sudah tidak perlu bingung lagi mekanisme transfer seperti apakah yang cocok untuk berbagai kebutuhan ya, sampai jumpa!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All