Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Safe Deposit Box: Fungsi, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

24 Feb 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Apa itu safe deposit box? Kelebihan, kekurangan, dan cek harganya. Yuk simak!

Setiap orang tentu memiliki barang, harta, atau surat-surat yang sifatnya berharga dan harus dijaga keamanannya. Tak hanya bagi individu biasa saja, seorang pebisnis pun pastinya memiliki banyak dokumen berharga yang harus terjaga kerahasiaannya. Maka dari itu manfaat safe deposit box adalah sebagai tempat menyimpan barang-barang tersebut agar tetap aman.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menyimpan barang berharga di safe deposit box. Untuk itu, yuk simak penjelasan berikut!


Pengertian Safe Deposit Box

Apa itu safe deposit box? Safe deposit box adalah sebuah brankas yang dimiliki atau disediakan oleh seseorang ataupun instansi untuk menyimpan dokumen, barang, maupun harta berharga. Brankas ini umumnya tersedia di bank, kantor pos, dan instansi resmi lainnya.

Anda bisa menyewa safe deposit box ke penyedia jasa brankas lalu membayarnya. Biasanya, pembayaran bisa dilakukan bulanan, tahunan, atau tergantung dengan kebijakan instansi yang Anda pilih.

Keuntungan safe deposit box adalah memiliki sistem keamanan yang sangat tinggi, sebab didesain khusus untuk mencegah risiko kehilangan atau kerusakan barang yang mungkin terjadi, biasanya menggunakan PIN, sidik jari, atau kunci keamanan ganda.


Jenis safe deposit box

Jika Anda ingin memiliki safe deposit box secara pribadi, ada banyak jenis brankas yang bisa dipilih dengan ukuran, fungsi, dan cara pemakaian yang berbeda-beda. Berdasarkan jenis bahan dan fungsinya, 3 jenis safe deposit box adalah:

  1. Steel safes (terbuat dari besi atau baja dan biasanya untuk menyimpan uang).
  2. Fire safes (terbuat dari bahan anti api dan umumnya untuk barang berharga seperti perhiasan).
  3. Fire & regular safes (terbuat dari bahan anti api dan benturan keras, biasanya untuk menyimpan barang berharga).

Berdasarkan ukurannya, jenis brankas safe deposit box adalah:

  1. Brankas kecil
    Jenis pertama dari safe deposit box adalah brankas ukuran kecil. Umumnya brankas ini berukuran 35x25x25 cm. Dengan ukuran segitu, Anda bisa memakainya untuk menyimpan uang, perhiasan, emas batangan, dan aset berukuran kecil lainnya. Harga brankas jenis ini berkisar Rp300 ribu hingga Rp2 juta.

  2. Brankas sedang
    Selanjutnya, ada juga brankas ukuran sedang yaitu 42x35x43cm. Brankas ini memungkinkan Anda menyimpan uang tunai, logam mulia, sampai dokumen berharga. Harga dari brankas ukuran sedang adalah Rp4 juta hingga Rp8 juta.

  3. Brankas besar
    Lalu, jenis berikutnya dari safe deposit box adalah brankas ukuran besar yang dapat menjadi pilihan Anda untuk menyimpan barang berharga dengan ukuran besar maupun banyak. Ukurannya kurang lebih 65x56x122 cm. Dengan kisaran harga mulai dari Rp9 juta, brankas jenis ini menawarkan sistem keamanan lebih baik dibandingkan brankas kecil dan sedang.


Tips Memilih Safe Deposit Box di Rumah

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips dalam memilih safe deposit box di rumah seperti berikut.

  1. Pilih Brankas dengan Keamanan yang Baik
    Setiap jenis safe deposit box tentu memiliki sistem keamanan berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah jenis brankas yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, kalau bisa yang memiliki kunci kombinasi.

  2. Memiliki Pelayanan Terbaik
    Selain memperhatikan ukuran, harga, dan fungsinya, Anda juga harus memperhatikan apakah safe deposit box yang Anda beli memiliki garansi atau tidak. Pilihlah jenis brankas yang memiliki garansi tahunan dari distributor resmi.


Cara Menyewa Safe Deposit Box

Namun, jika Anda tidak mau repot membeli safe deposit box untuk di rumah, Anda juga bisa menyewanya di instansi-instansi berwenang yang menyediakan jasa safe deposit box, contohnya bank. Berikut beberapa cara menyewa safe deposit box adalah:

  • Anda harus membuka rekening tabungan terlebih dahulu di bank yang Anda pilih.
  • Mengisi formulir data diri sesuai dengan KTP, KK, paspor atau lainnya.
  • Menyiapkan materai sendiri.
  • Membayar sewa safe deposit box (misalnya per tahun) dengan harga sesuai ukuran brankas.
  • Membayar biaya administrasi serta biaya jaminan sesuai ketentuan bank.
  • Tahap terakhir dalam menyewa safe deposit box adalah, bank akan memberikan dua buah kunci atau kartu untuk mengakses brankas yang sudah Anda sewa.

Alasan diberikannya dua buah kunci atau kartu tersebut ialah nasabah bisa saja memberikan kunci atau kartu kepada orang lain yang menjadi ahli waris, keluarga, atau kerabatnya terdekatnya.


Cara Menggunakan Safe Deposit Box

Apabila Anda telah resmi menjadi nasabah bank yang menyewakan safe deposit box tadi dan mendapatkan kunci brankasnya, Anda dapat membuka dan menutup secara berkala brankas yang disewa kapan saja ketika diperlukan. Berikut cara menggunakan safe deposit box adalah:

  • Datang ke bank dimana kamu menyewa safe deposit box.
  • Memperlihatkan kartu identitas diri kepada customer service atau karyawan yang bertugas melayani safe deposit box.
  • Mengikuti seluruh arahan petugas untuk mengantarkan Anda ke ruang penyimpanan brankas.
  • Saat Anda masuk ke ruang tersebut, umumnya petugas akan meninggalkan Anda sendiri dalam mengambil, memeriksa, atau meletakkan barang ke dalam brankas. Hal ini bertujuan agar privasi Anda sebagai nasabah tetap terjaga.

Keuntungan dan Kelemahan Safe Deposit Box

Jenis layanan safe deposit box yang diberikan oleh sebuah instansi baik bank, kantor pos, dan sebagainya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa keuntungan safe deposit box:

  • Membuka safe deposit box sangat mudah.
  • Sistem keamanannya terjamin tinggi.
  • Lokasinya terpisah dari rumah sehingga bisa meminimalisir risiko kehilangan atau kerusakan.

Sementara itu, kelemahan safe deposit box adalah:

  • Jumlah orang yang bisa mengakses safe deposit box adalah terbatas.
  • Anda tidak bisa secara mendadak membuka safe deposit box karena bank memiliki jadwal buka tutup.
  • Terdapat biaya sewa dan jaminan yang relatif besar.
  • Memerlukan usaha lebih untuk membuka safe deposit box karena jaraknya jauh dari rumah.

Tarif Biaya Safe Deposit Box di Bank OCBC NISP

Berikutnya, ada banyak bank di Indonesia yang melayani jasa safe deposit box bagi nasabahnya. Salah satunya adalah Bank OCBC NISP. Berikut tarif biaya yang dikenakan dari OCBC NISP ketika Anda menyewa safe deposit box adalah:


Demikian ulasan OCBC NISP mengenai apa itu safe deposit box hingga tarif biayanya. Butuh informasi lainnya terkait layanan perbankan? Sobat bisa cek secara lengkap di bagian Jasa dan Layanan OCBC NISP. Semoga bermanfaat!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All