Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Apa Itu Single Investor Identification (SID) dan Manfaatnya

24 Feb 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Investor wajib punya SID (Single Investor Identification). Begini penjelasannya.

Single Investor Identification atau SID adalah kartu berisi sederet angka yang merupakan identitas tunggal seorang investor guna melakukan semua transaksi di pasar modal. Kartu ini dikeluarkan oleh KSEI dan diberikan kepada pemodal, nasabah, maupun partisipan.

Lantas, apa saja fungsi SID, cara membuat, dan keuntungan lain yang akan diperoleh investor dari kartu ini? Kali ini OCBC akan membahasnya lebih lanjut dan komprehensif. Yuk simak!


Apa itu SID Saham?

Single Investor Identification atau SID adalah kartu identitas tunggal dari KSEI bagi investor, nasabah, maupun partisipan yang berisi sederet angka guna menunjukkan seluruh transaksi yang telah dilakukannya di pasar modal.

Meskipun seorang investor membeli beberapa instrumen investasi sekaligus, namun karena SID adalah kartu bersifat tunggal bagi perorangan, maka mereka hanya akan mendapatkan satu buah kartu.


Fungsi SID

Adapun fungsi penggunaan SID adalah sebagai berikut.

  1. Identitas Investor
    SID dapat menjadi identitas investor karena berisi sederet nomor unik yang berbeda antara kartu satu dan lainnya.

  2. Kemudahan Akses Perdagangan di Pasar Modal
    Salah satu kemudahaan yang bisa Anda dapatkan melalui SID adalah akses pemantauan aktivitas pasar modal. Nantinya, pengguna cukup mengakses aplikasi milik PT KSEI dengan memasukkan nomor masing-masing.

  3. Transparansi Investasi
    Penggunaan SID merupakan sarana untuk memantau transparansi tiap aktivitas investor dalam pasar modal. Dengan demikian, mereka akan mengakses portofolio masing-masing secara menyeluruh meskipun terdapat lebih dari satu jenis sekuritas atau instrumen.

  4. Mempermudah Transaksi Saham
    Memiliki SID merupakan suatu kewajiban bagi investor atau trader. Jadi, jika Anda tidak memilikinya, maka akan sulit untuk melakukan pencatatan transaksi di sistem perdagangan saham.

  5. Alat Pengecekan Kekayaan
    Fungsi lain dari SID adalah sebagai alat untuk mengecek kekayaan. Mengapa demikian? Hal ini karena SID telah terintegrasi dengan rekening bank pemiliknya. Adapun pengecekan tersebut dapat dilakukan di bank penyedia jasa Rekening Dana Investor (RDI).


Manfaat SID

Kemudian beberapa manfaat kepemilikan SID adalah sebagai berikut.

  • Mempermudah identifikasi serta pengawasan karena diintegrasikan dengan e-KTP sehingga data investor di BEI terintegrasi dalam lingkup nasional.
  • SID merupakan sarana investor untuk melakukan pengecekan portofolio menyeluruh meskipun ia menanamkan dana pada instrumen atau sekuritas berbeda-beda.
  • Membantu dalam pengembangan infrastruktur pada pasar modal.
  • Investor bisa melakukan transaksi jual beli saham di pasar modal karena kepemilikan SID adalah syarat mutlak.
  • Karena SID adalah nomor identitas investor, maka alat ini memungkinkan akses kepada semua aktivitas pasar modal Indonesia. Jadi, investor akan mendapat kemudahan dalam memantau aset kekayaan mereka secara online dengan cara mengecek portal PT KSEI di website investor.ksei.co.id.

Cara Cek SID Saham

SID merupakan identitas terdiri dari 13 digit perpaduan angka dan huruf yang dibagi ke dalam 5 bagian. Selain itu, dalam kartunya juga tercantum nama serta masa berlaku. Adapun cara cek SID adalah dengan melihat pengelompokkan angka berikut ini.

  • Bagian pertama pada digit ke-1 dan 2 merupakan tipe investor. Terdapat kode ID bagi perorangan, MF untuk reksadana, SC untuk perusahaan, CP menggambarkan korporasi, IS adalah bank, PF merupakan dana pensiun, serta OT untuk tipe lainnya.
  • Bagian dua, pada digit ke-3 merupakan representasi dari status investor. Kode D adalah domestik, sedangkan F untuk orang asing.
  • Bagian ketiga, pada digit ke-4 sampai 7 merupakan representasi bulan dan tanggal lahir investor.
  • Bagian keempat, pada digit ke-8 sampai 13 adalah identitas transaksi para investor (Trading ID) dan dua digit terakhirnya merupakan bukti pemeriksaan.

Cara Mendapatkan SID

Cara yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh SID adalah sebagai berikut.

  1. Untuk Nasabah
    Sebagai nasabah, Anda dapat mengajukan pembuatan SID melalui perusahaan efek yang mempunya rekening efek utama di KSEI atau bank kustodian. Caranya adalah menyampaikan data lengkap agar bisa terhubung dengan Sub Rekening Efek atau SRE menggunakan nama nasabah.

  2. Untuk Pemodal
    Jika Anda adalah pemodal, maka untuk mengurus SID, ajukan kepada biro administrasi efek, perusahaan publik penyedia administrasi terkait efek atau emiten. Selanjutnya, KSEI akan memproses pembuatannya dan disampaikan kepada pemodal melalui tempat pengajuan permohonan.

  3. Untuk Partisipan atau Pihak Lain
    Bagi partisipan atau pihak lain, cara mengajukan SID adalah secara langsung kepada KSEI disertai berkas untuk pembuatan Rekening Efek Utama.


Kendala Pemberlakukan SID

SID adalah alat yang tepat guna memantau aktivitas investor di pasar modal secara optimal dan akurat. Hanya saja, penggunaannya belum maksimal karena SID berbentuk kartu hanya diberikan kepada investor saham.

Selain itu, dalam aturan transaksi saham, investor harus memiliki nomor SID terlebih dahulu untuk membuka rekening. Padahal, pembukaan rekening saham merupakan langkah awal yang perlu dilakukan agar mereka bisa berinvestasi pada instrumen ini.

Pada reksadana, nomor SID bukan suatu hal yang mutlak diberikan kepada investor karena mereka tidak terdaftar langsung di BEI. Oleh karena itu, banyak investor reksadana menganggap kepemilikan SID bukanlah kewajiban.

Kendala lainnya adalah transaksi reksadana tidak dilakukan oleh manajer investasi sendiri, namun melibatkan bank. Akibatnya, hal ini menyulitkan pendataan jumlah investor. Selain itu, proses transaksi juga tidak melalui pembukaan rekening, melainkan lewat pemindahbukuan antar-rekening atau transfer antar-bank. Alhasil pelacakan riwayat pun sulit dilakukan.

Nah, itu tadi penjelasan OCBC mengenai pengertian SID, fungsi, dan cara perolehannya. Mengingat kartu ini sangat penting, pastikan Anda mendapatkannya tiap kali membeli produk di pasar modal, ya!


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All