Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Mengenal Apa itu Split Payment, Pengertian & Keuntungannya

9 Mar 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Apa itu split payment? Ini pengertian dan manfaatnya bagi pembeli maupun bisnis!

Split payment adalah salah satu metode terbaru dari sistem pembayaran digital yang cukup banyak digunakan. Bahkan, berbagai platform e-commerce besar seperti Tokopedia dan Shopee juga memfasilitasi cara ini, lho. Namun, sebetulnya tahukah Anda apa itu split payment? Dan apa manfaat menggunakannya?

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini telah OCBC rangkum pengertian split payment, contoh, hingga manfaatnya bagi bisnis maupun pembeli. Simak, yuk!


Apa itu Split Payment?

Menurut bahasa, pengertian split payment adalah pembayaran terpisah. Sementara, dalam dunia jual beli, split payment adalah metode dalam membayar suatu jasa atau barang dengan menggunakan berbagai sumber pembayaran. Sehingga, bisa dikatakan bahwa pengertian split payment adalah sistem pembayaran satu produk dengan cara berbeda-beda.

Secara mendasar, metode split payment ini muncul akibat ada kecenderungan orang-orang memiliki lebih dari satu dompet digital atau rekening. Contohnya, ketika sobat OCBC ingin membeli suatu produk seharga Rp200.000.

Maka, dengan memanfaatkan cara split payment, Anda bisa membagi pembayaran tersebut menjadi dua cara sekaligus. Misal, Rp120.000 dibayarkan menggunakan GoPay, sementara sisanya Rp80.000 ditransfer melalui rekening A.

Adapun tujuan mendasar penggunaan split payment adalah untuk mendorong para konsumen agar mau mengeluarkan uangnya. Ya, mengingat kemampuan pembayaran tiap orang berbeda-beda, maka metode split payment tentu memberikan kemudahan sistem pembayaran terhadap lebih banyak pembeli.

Mungkin saja ada yang hanya bisa membayar secara tunai sebagian, dimana sebagiannya lagi dilunasi melalui kredit. Sayangnya, tidak semua pihak menyediakan sistem pembayaran split payment lantaran cara pengauditan yang jauh lebih rumit daripada pembayaran dengan satu metode saja.

Metode split payment hanya banyak ditemukan di toko-toko online atau e-commerce. Hal ini dikarena platform tersebut umumnya mempunyai sistem mumpuni yang mampu terintegrasi secara baik.


Contoh Split Payment

Misalkan, Anda bekerja sebagai seorang pegawai swasta. Lalu, Anda membutuhkan sebuah laptop baru untuk membantu mobilitas pekerjaan harian. Akan tetapi, bila dilihat secara keuangan, Anda belum mampu membelinya secara tunai.

Namun, setelah mencari-cari ke sejumlah toko, terdapat seorang dealer yang menawarkan suatu metode pembayaran untuk membantu Anda membeli laptop seharga 8 juta. Di sana, Anda diberikan kemudahan untuk menggunakan sistem split payment. Anda jadi bisa membayar tunai 3 juta saja, sedangkan sisanya 5 juta diangsur dalam jangka waktu sesuai kesepakatan bersama.


Manfaat Split Payment Bagi Bisnis

Well, bukan hanya sekadar menjadi platform pembayaran baru, split payment adalah hal yang tentunya memberikan berbagai manfaat, terutama bagi para pelaku bisnis. Adapun manfaat split payment adalah sebagai berikut.


  1. Memperluas Jaringan Bisnis
    Salah satu manfaat split payment adalah untuk memperluas atau menambah jaringan bisnis. Bagaimana tidak, kini sebagian besar pelaku bisnis seperti para reseller dan distributor memanfaatkan metode split payment karena kemudahan yang ditawarkan. Sehingga, hal ini pada akhirnya akan memperlancar proses bisnis antara dua belah pihak.

  2. Mengoptimalkan Penjualan
    Manfaat lainnya dari split payment adalah untuk mengembangkan tingkat penjualan. Pasalnya, dengan split payment, Anda bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan mudah. Kepraktisan yang ditawarkan metode ini tentu akan mendorong para pelanggan untuk menggunakannya.


Manfaat Split Payment Bagi Pembeli

Bukan hanya bagi pelaku bisnis, split payment adalah hal yang nyatanya juga memberikan sejumlah manfaat kepada para pembeli. Berikut beberapa di antaranya:


  1. Bisa Cicil Kapan Saja
    Salah satu keuntungan menggunakan metode split payment adalah Anda bisa mencicil sebagian barang dengan menggunakan kartu kredit. Ya, jika sobat OCBC ingin membeli suatu produk namun hanya memiliki uang setengah dari harganya, maka Anda dapat membayar tunai sebagian, dan sisanya dilunasi secara kredit.

  2. Bisa Patungan Bersama Teman
    Split payment juga memungkinkan Anda melakukan pembayaran terpisah bersama teman atau keluarga. Anda bisa membicarakannya bersama teman untuk membagi pembayaran tersebut, misal ketika dalam acara kumpul-kumpul, makan-makan, atau mungkin membeli suatu barang untuk dinikmati bersama.

  3. Dapat dengan Mudah Membeli Barang Impian
    Manfaat berikutnya dari split payment adalah membantu Anda membeli barang yang diinginkan. Sebab, Anda tidak perlu lagi memikirkan pembayaran secara keseluruhan di muka, akan tetapi bisa menggunakan cicilan kredit sebagian.

  4. Mempermudah Mengelola Keuangan
    Tak kalah penting, split payment pada dasarnya juga akan membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik. Sebab, dengan banyaknya opsi penyimpanan uang digital yang dimiliki, Anda tentu telah menyiapkan alokasi dana khusus di setiap dompet digital tersebut.

    Sehingga, ketika salah satunya kurang, Anda bisa menggunakan sumber lainnya untuk memenuhi kebutuhan.


Itu dia pembahasan mengenai apa itu split payment, contoh, dan manfaatnya yang patut Anda ketahui. Dari penjelasan tersebut, bisa dikatakan bahwa split payment adalah cara praktis untuk memenuhi pembayaran digita. Dengan menggunakan metode ini, pembeli maupun pelaku bisnis pun dapat memperoleh berbagai manfaat.



Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 25 May 2022

$name

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

View All