Related Product

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

ONe Mobile

ONe Mobile

ATM adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Keuntungan

11 Mar 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

ATM adalah fasilitas yang memungkinkan nasabah melakukan layanan mandiri.

ATM adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh bank kepada nasabah sebagai alat transaksi terhadap rekening tabungan mereka. Teknologi ini membantu nasabah untuk melakukan penarikan uang atau transaksi non-tunai lainnya dengan mudah dan praktis.

Hingga saat ini, penggunaannya masih banyak dibutuhkan dan digunakan oleh masyarakat luas terlepas dari meningkatnya penggunaan dompet digital. Dengan kata lain, ATM adalah sebuah layanan mandiri yang memungkinkan nasabah untuk menerima layanan seperti di bank.

Oleh karena itu, fasilitas ini juga disebut sebagai mesin teller otomatis. Namun, tahukah Anda bahwa ATM terdiri dari beberapa jenis? Simak artikelnya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis ATM dan manfaatnya.


Apa itu ATM?

ATM adalah akronim dari Anjungan Tunai Mandiri dan merupakan sebuah mesin elektronik yang memberikan pelayanan secara otomatis kepada nasabah. Dalam hal ini, fungsi ATM adalah menyediakan pelayanan mandiri sehingga nasabah dapat melakukan penarikan uang atau transaksi non-tunai lainnya secara mandiri.

Keberadaan ATM tentu memberikan aksesibilitas yang sangat memudahkan nasabah. Pasalnya, mereka tidak perlu selalu datang ke bank untuk melakukan penarikan uang. Hingga kini, fitur pelayanan pada ATM semakin ditingkatkan mulai dari layanan transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan sebagainya.

ATM adalah sebuah solusi yang dihadirkan untuk memberikan layanan secara optimal kepada nasabah tanpa terbatas waktu operasional bank dan lokasi yang terbatas. Penggunaan ATM tentu membutuhkan kartu ATM dimana nasabah akan mendapatkan kartu tersebut saat membuka rekening. Selanjutnya, nasabah hanya perlu memasukkan PIN untuk mengakses mesin ATM.


Kartu ATM adalah

ATM adalah mesin yang menyediakan fasilitas elektronik secara mandiri kepada nasabah bank, mulai dari layanan penarikan uang, pembelian online, sampai pembayaran sejumlah tagihan. Sejumlah fitur ini hanya bisa diakses jika nasabah memiliki kartu ATM.

Kartu ATM adalah sebuah kartu yang diterbitkan oleh suatu bank untuk nasabah. Fungsi kartu ATM adalah memberikan fasilitas transaksi kepada nasabah melalui mesin ATM.


Jenis-jenis ATM

Keberadaan ATM adalah untuk menyediakan layanan secara optimal kepada nasabah. Meskipun tidak banyak orang yang tahu, jenis-jenis ATM tidak hanya untuk fungsi penarikan. Beberapa jenis lain dari mesin ATM adalah untuk keperluan setor tunai dan bahkan non-tunai. Berikut penjelasannya.

ATM tunai

Jenis pertama dari ATM adalah mesin yang memberikan layanan untuk penarikan tunai. ATM jenis ini sangat mudah dijumpai di banyak lokasi strategis karena kebutuhannya yang lebih tinggi. Anda bisa menemukan banyak outlet ATM tunai, mulai dari di pinggir jalan tertentu, pusat perbelanjaan, area fasilitas umum, dan sebagainya.


ATM setor tunai

Meskipun jarang dijumpai, ATM setor tunai memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam membantu nasabah memenuhi kebutuhannya. Sesuai namanya, ATM setor tunai memungkinkan nasabah untuk menyetorkan sejumlah uang ke rekening tertentu.

ATM ini juga dikenal sebagai Cash Deposit Machine (CDM) yang membantu nasabah untuk melakukan setoran tanpa harus mengantri di teller bank atau khawatir jika bank sudah tutup. Oleh karena itu, fungsi jenis ATM ini memberikan kemudahan dan pelayanan yang tidak terbatas. Biasanya, Anda hanya bisa menyetorkan uang dalam nominal pecahan Rp50.000 atau Rp100.000.


ATM non-tunai

Jenis ketiga dari ATM adalah mesin yang melayani khusus untuk transaksi non-tunai saja, seperti transfer uang, pembelian token, pulsa, dan lainnya. Sesuai namanya, Anda tidak bisa melakukan transaksi tunai di mesin ATM ini.


ATM serba bisa

Jenis terakhir dari ATM adalah mesin serba bisa yang memiliki fitur pelayanan lebih kompleks dari jenis-jenis ATM lainnya. Namun, hingga saat ini keberadaannya masih bisa dijumpai di sejumlah kota-kota besar.


Baca juga: Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard, Untung Mana?


Manfaat ATM

Berdasarkan penjelasan jenis-jenis ATM, Anda mungkin sudah dapat menyimpulkan apa saja signifikansi dari keberadaan mesin ini. Manfaat utama dari ATM adalah memungkinkan nasabah untuk melakukan pelayanan secara mandiri dan otomatis tanpa terbatas tempat dan waktu. Berikut beberapa manfaat dari ATM adalah:

Transaksi mudah

Kemudahan dalam setiap bentuk transaksi merupakan manfaat utama dari adanya ATM. Nasabah bisa mentransfer uang ke bank yang sama atau berbeda tanpa harus mengantri di teller bank. Selain itu, fungsi ATM adalah memberikan pelayanan optimal secara mandiri dan otomatis kepada nasabah.

Oleh karena itu, sejumlah fitur pada ATM memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai jenis pembayaran tagihan dan pembelian, mulai dari token, listrik, pulsa, paket data, dan lainnya.


Tarik tunai selama 24 jam

Jam kerja bank yang terbatas tentu menjadi kendala terutama bagi nasabah dengan jam kerja sama seperti pegawai bank. Fungsi ATM adalah memungkinkan mereka melakukan penarikan uang tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Anda bisa melakukan penarikan uang kapan saja dan dimana saja selama ada mesin ATM. Namun, perlu diketahui bahwa penarikan uang pada mesin ATM bank lain akan dikenakan biaya administrasi.


Setor tunai selama 24 jam

Selanjutnya, manfaat ATM adalah memungkinkan penyetoran tunai selama 24 jam. Hal ini mungkin terdengar kurang penting, namun fungsinya akan sangat dibutuhkan ketika Anda harus melakukan pembayaran secepat mungkin sedangkan uang yang tersedia hanya dalam bentuk tunai. Oleh karena itu, Anda membutuhkan mesin ATM setor tunai. Namun, Anda hanya bisa melakukan setor tunai di ATM yang sama dengan rekening Anda.


Keuntungan ATM

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh nasabah dengan adanya ATM. Berikut beberapa keuntungan ATM adalah:

  • Fleksibel karena nasabah dapat menggunakan layanan ATM kapan saja dan dimanapun ada mesin ATM.
  • Lebih aman karena nasabah tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar dan dapat melakukan penarikan sesuai kebutuhan.
  • Mudah digunakan oleh siapapun yang memiliki kartu ATM.

Itu dia uraian lengkap mengenai ATM, jenis-jenis ATM, kartu ATM, dan cara mengambil uang di ATM. Dari pembahasan di atas, dapat dikatakan bahwa ATM adalah sebuah mesin elektronik yang memungkinkan nasabah suatu bank menarik uang atau melakukan transaksi secara mandiri tanpa bantuan operator teller.


Baca juga: 10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Diketahui Penggunanya

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 25 May 2022

$name

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

View All