Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Bonus Demografi adalah: Pengertian, Dampak, dan Strategi

11 Mar 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Bonus demografi adalah dominansi populasi usia produktif di suatu negara (72 ctr)

Istilah bonus demografi mungkin sudah tidak asing lagi, terutama jika Anda bagian dari generasi milenial. Bonus demografi adalah fenomena terjadinya pertumbuhan populasi yang didominasi oleh usia produktif. Sesuai namanya, kondisi ini adalah bonus yang memberikan dampak positif bagi suatu bangsa.

Di Indonesia, istilah bonus demografi sering disebut sebagai bekal penting untuk membawa kemajuan bangsa. Menurut sejumlah sumber, Indonesia akan mencapai puncak bonus demografi pada tahun 2030-2040. Lantas sebenarnya, apa itu bonus demografi dan apa faktor munculnya hal tersebut? Simak pembahasan lengkapnya mulai dari manfaat bonus demografi sampai contohnya di artikel berikut.


Pengertian bonus demografi

Demographic dividend atau bonus demografi adalah suatu kondisi yang digambarkan dengan banyaknya populasi usia produktif. Tidak hanya banyak, namun jumlah populasinya mendominasi usia tidak produktif. Rentang usia produktif yang dimaksud berada pada rentang usia 15-64 tahun.

Mengapa usia produktif penting? Pada masa usia tersebut, seseorang dianggap memiliki potensi terbaiknya untuk melakukan peranan penting dalam hidupnya, salah satunya seperti bekerja. Jika dimanfaatkan dengan baik, potensi tersebut dapat memberikan timbal balik besar untuk kemajuan ekonomi bangsa.

Hal tersebut yang kemudian disebut sebagai dampak bonus demografi. Singkatnya, manfaat bonus demografi adalah memberikan peluang bagi sebuah bangsa untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya melalui peranan generasi usia produktif.


Pengertian bonus demografi menurut para ahli

Terdapat beberapa pengertian bonus demografi menurut sejumlah ahli. Berikut daftar penjelasannya:

  • Menurut Wongboonsin (2003), bonus demografi adalah sebuah masa yang memberikan keuntungan ekonomis akibat dari menurunnya rasio ketergantungan penduduk sebagai hasil fertilitas dalam jangka panjang.
  • Menurut Jimmy Ginting (2016), bonus demografi adalah meningkatnya atau meledaknya jumlah penduduk usia produktif. Indonesia akan mencapai puncak bonus demografi pada tahun 2030 sampai 2040.

Baca juga: Mengenal Sandwich Generation, Begini Cara Memutus Rantainya


Penyebab bonus demografi

Peristiwa bonus demografi terjadi karena sejumlah faktor yang berasal dari angka kelahiran total (total fertility rate) dan kematian bayi (infant mortality rate). Angka kelahiran pada suatu negara menurun sehingga anak-anak dengan usia 15 tahun akan berkurang.

Hal yang sama juga terjadi pada angka kematian bayi yang semakin menurun. Dengan demikian, harapan hidup bayi hingga dewasa terus meningkat.


Dampak bonus demografi

Membicarakan dampak bonus demografi tentu tidak hanya melihat dari satu sisi keuntungan saja. Dampak bonus demografi adalah dua sisi koin yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara singkat, bonus demografi adalah momentum penting untuk meningkatkan kemajuan sebuah bangsa.

Namun, bonus demografi akan memberikan dampak negatif apabila tidak dipersiapkan dengan baik. Bahkan, dampak lain dari bonus demografi adalah sebuah ancaman dan bahaya yang perlu diantisipasi secara tepat dan cermat. Misalnya, tingkat keberhasilan bonus demografi Indonesia akan sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia yang ada.

Arti dari usia produktif tidak akan bermakna jika sumber daya yang ada tidak memiliki kualitas yang cukup. Sebaliknya, jumlah pengangguran akan semakin meningkat, tidak terkendali, dan peluang bonus demografi hanya akan hilang.

Berikut adalah penjelasan dampak positif dan dampak negatif dari bonus demografi adalah:

Dampak positif bonus demografi

Peningkatan jumlah populasi usia produktif pada bonus demografi adalah peluang besar untuk mengembangkan kondisi perekonomian negara melalui pemajuan industri. Berikut penjelasan dampak positif bonus demografi adalah:

  1. Kemajuan ekonomi
    Bonus demografi adalah kondisi ketika populasi usia produktif mampu mencukupi kehidupan mereka sendiri bahkan menopang mereka yang tidak lagi produktif. Oleh karena itu, hal ini akan berdampak langsung pada kondisi ekonomi negara. Perekonomian dan kesejahteraan akan membaik bahkan meningkat.

    Pertumbuhan ekonomi tersebut secara tidak langsung juga membantu negara untuk mempersiapkan percepatan pembangunan menuju negara maju.

  2. Peningkatan peluang tenaga kerja
    Dampak positif lainnya dari bonus demografi adalah meningkatnya peluang tenaga kerja. Banyak bisnis membuka kandidat kompeten untuk mengisi posisi penting perusahaan. Hal ini tentu juga menjadi peluang bagi para usia produktif untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

  3. Perkembangan sektor pemerintah di bidang lainnya
    Peluang bonus demografi yang dipersiapkan dan dimanfaatkan dengan baik tentu tidak hanya menguntungkan sektor ekonomi. Sejumlah bidang lainnya, seperti pendidikan juga akan mengalami perkembangan dan peningkatan.

    Sistem pendidikan akan dirancang untuk memenuhi kebutuhan bonus demografi di masa mendatang. Persiapan yang optimal tentu akan berdampak pada hasil optimal.


Dampak negatif bonus demografi

Bonus demografi adalah kesempatan yang harus disiapkan dengan baik. Tanpa adanya sistem dan persiapan matang, manfaat bonus demografi tidak akan memberikan dampak positif apapun.

Sebaliknya, dampak negatif adalah getah yang harus diterima. Berikut beberapa kemungkinan dampak negatif dari bonus demografi adalah:

  1. Jumlah pengangguran meningkat
    Dampak negatif pertama dari bonus demografi adalah membludaknya jumlah pengangguran. Pada masa bonus demografi, jumlah usia produktif diperkirakan berapa pada kisaran 60%-70% dari total populasi. Tanpa adanya persiapan untuk menjemput peluang, persentase angka tersebut akan menjadi ancaman bagi suatu negara.

    Angka pengangguran akan meningkat drastis jika tidak ada tindakan antisipasi untuk mencapai generasi berkualitas. Oleh karena itu, persiapan di sejumlah bidang terkait perlu dilakukan untuk mencegah skenario terburuk.

    Bonus demografi Indonesia diperkirakan dimulai mulai tahun 2030. Hingga saat ini, pemerintah terus merencanakan berbagai program untuk mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045. Langkah ini diharapkan dapat mendukung agenda bangsa Indonesia untuk mewujudkan generasi produktif yang berkualitas.

  2. Peningkatan jumlah aging population
    Aging population adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan populasi lansia. Tanpa adanya persiapan yang baik untuk menyambut bonus demografi, suatu negara hanya akan didominasi oleh masyarakat usia lanjut.

    Angka harapan hidup suatu negara memang tinggi, namun populasinya hanya akan didominasi oleh lansia. Kondisi ini tentu membawa dampak buruk bagi kemajuan negara.

  3. Kualitas SDM rendah
    Selain menjadi peluang, bonus demografi adalah tantangan yang membutuhkan persiapan baik. Persaingan industri akan semakin tinggi dimana hanya mereka yang berkompeten akan mendapatkan kesempatan. Oleh karena itu, bonus demografi adalah bentuk tantangan bagi pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia berkualitas.

    Beberapa langkah yang bisa dilakukan meliputi upaya perbaikan sistem pendidikan dan perluasan akses pendidikan untuk semua orang. Dengan demikian, momentum bonus demografi dapat dimanfaatkan dengan baik.


Strategi mengoptimalkan kesempatan bonus demografi

Kesempatan bonus demografi adalah sebuah peluang yang membutuhkan persiapan dan rancangan matang. Partisipasi setiap pihak terkait dibutuhkan untuk mewujudkan kesuksesan bonus demografi.

Beriku beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyambut bonus demografi adalah:

Peran pemerintah

Program dan peran aktif pemerintah adalah vital untuk menentukan keberhasilan bonus demografi. Pemerintah dituntut untuk bersikap inovatif dan solutif melalui sejumlah program, terutama untuk menyiapkan sumber daya manusia berkualitas.

Menyambut bonus demografi Indonesia, pemerintah berupaya melakukan peningkatan kualitas masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan. Hal ini dilakukan dengan perbaikan kualitas dan pelayanannya, seperti pemantauan kesehatan ibu hamil dan anak, perluasan akses pendidikan, revitalisasi perguruan tinggi berbasis vokasi untuk membentuk tenaga siap kerja, dan lainnya.


Peran pengusaha

Sebagai seorang pengusaha, Anda dapat turut serta untuk mewujudkan keberhasilan bonus demografi melalui pembukaan peluang kerja. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko tingginya angka pengangguran.


Peran setiap individu usia produktif

Sebagai tokoh vital yang berperan aktif untuk kesuksesan bonus demografi, Anda harus mampu mengoptimalkan setiap potensi diri. Eksplorasi dan sikap kritis dibutuhkan untuk menjangkau kesempatan-kesempatan tak terbatas. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan kompetensi tersebut untuk menjadi individu yang berkualitas dan berkompeten.

Dari pembahasan diatas, maka dapat dikatakan bahwa bonus demografi adalah kondisi ketika populasi sebuah negara didominasi oleh mereka dengan usia produktif. Hal tersebut tentu dinilai membawa dampak signifikan untuk kemajuan bangsa.


Persiapan dan tahapan-tahapan solutif perlu dilakukan untuk bonus demografi Indonesia. Dengan demikian, kesempatan emas yang datang tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal.


Baca juga: Usia 25 Tahun Punya Tabungan Rp100 Juta, Ini Caranya!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All