Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Pengertian Internet Banking, Keuntungan dan Contohnya

11 Mar 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Apa saja keuntungan menggunakan internet banking? Yuk simak di bawah ini. 

Kemajuan teknologi finansial pada zaman ini memiliki peran besar dalam berbagai bidang, termasuk perbankan. Internet banking adalah salah satu hasilnya. Layanan ini sangat membantu para nasabah dalam bertransaksi.

Tidak hanya sekedar melakukan transfer dana, namun lebih dari itu. Anda dapat menggunakan internet banking untuk membayar tagihan, transportasi hingga berbelanja. Saat ini, hampir setiap nasabah sudah menggunakannya, bahkan mungkin Anda salah satunya.

Jika Sobat OCBC ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu internet banking, kelebihan serta kekurangannya. Yuk simak artikel berikut ini!


Apa itu Internet Banking

Internet banking adalah layanan bank yang memanfaatkan kecerdasan teknologi dimana para nasabah bisa melakukan transaksi secara mobile berbasis internet. Layanan ini tentu saja sangat memudahkan para nasabah bank pada zaman sekarang, mereka tidak perlu pergi ke bank atau ATM ketika ingin bertransaksi.

Internet banking adalah hasil dari financial technology pada zaman yang semakin canggih ini. Dalam menggunakannya, Anda perlu memiliki perangkat komputer atau smartphone dan tentu saja jaringan internet.

Saat ini, hampir seluruh bank di Indonesia telah memiliki layanan e-banking atau internet banking. Biasanya, ketika Anda mendaftarkan rekening ke suatu bank, Anda akan langsung diarahkan untuk mendaftar internet banking.

Fitur dari internet banking diantaranya adalah informasi umum mengenai rekening Anda (meliputi giro dan deposito), jumlah saldo, mutasi, transfer dana antar rekening maupun bank, pembelian utilitas seperti pulsa, listrik, telepon, internet dan sebagainya.


Cara Kerja Internet Banking

Internet banking adalah aplikasi atau layanan yan gmenghubungkan perangkat nasabah dengan sistem bank. Untuk menggunakannya, perangkat Anda harus terhubung dengan internet.

Sebelumnya, pastikan Anda telah mendaftar ke internet banking melalui bank dan mendapatkan username serta password untuk login. Selanjutnya, ketika ingin bertransaksi, Anda hanya perlu mengunjungi situs internet banking menggunakan device.

Setelah masuk, Anda perlu memilih layanan yang ingin digunakan, semua layanan tersebut telah tersedia pada menu. Misalnya, Anda ingin melakukan transfer dan atau sekedar mengecek jumlah saldo. Semuanya bisa dilakukan melalui internet banking. Cukup efisien bukan?


Keuntungan dan Kelemahan Internet Banking

Meski sekilas memberikan banyak manfaat, namun internet banking adalah layanan yang terhubung dengan internet, dimana bisa mengundang berbagai ancaman seperti salah satunya cyber crime. Adapun kelemahan dan keuntungan internet banking adalah sebagai berikut.


Keuntungan

Kemajuan teknologi pada bidang perbankan memberikan banyak manfaat bagi para nasabah, khususnya bagi kaum milenial atau juga untuk mereka tidak memiliki waktu untuk pergi ke bank atau ATM. Keuntungan internet banking adalah sebagai berikut.

  1. Sangat efisien
    Dibandingkan bila Anda harus pergi ke bank, tentu kehadiran internet banking akan sangat efisien. Dengan layanan ini, Anda hanya perlu duduk manis di mana saja maka uang yang akan Anda kirim langsung sampai.

    Tidak hanya itu, dikatakan lebih efisien karena Anda bisa membayar berbagai keperluan rumah tangga seperti membayar listrik, TV kabel, membeli pulsa dan sejenisnya melalui internet banking, tanpa harus pergi ke minimarket.

  2. Gratis sekaligus praktis
    Internet banking adalah salah satu fitur dari bank yang gratis digunakan oleh siapa saja. Dalam artian, Anda tidak perlu membayar saat daftar atau menggunakannya. Asalkan Anda tetap terhubung dengan internet.

    Selain gratis, dengan adanya layanan ini, segala transaksi bisa dilakukan dengan praktis hanya melalui komputer atau smartphone. Cara pengoperasiannya juga cukup mudah, sehingga Anda tidak perlu merasa bingung dalam menggunakannya. Semua fitur telah tersedia pada menu.

  3. Bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat internet banking bisa Anda gunakan untuk membayar keperluan rumah tangga seperti, listrik, pulsa hingga TV kabel. Dengan begitu, Anda tidak perlu pergi ke minimarket, kantor resmi atau outlet tertentu. Tagihan Anda bisa terselesaikan dengan adanya internet banking.

  4. Hemat biaya operasional
    Tidak hanya nasabah, adanya internet banking juga turut menguntungkan pihak bank. Mengapa? Karena dengan adanya layanan yang bisa dijangkau oleh semua orang dan seluruh pelosok, bank tidak perlu membuka banyak cabang sehingga bisa menghemat biaya operasional.

  5. Hemat waktu
    Dikarenakan tidak perlu pergi ke bank ataupun ATM saat akan melakukan transaksi, tentu Anda bisa lebih hemat waktu. Bayangkan saja, jika harus ke bank, Anda memerlukan waktu selama perjalanan, belum lagi jika harus menunggu antrian.


Kelemahan

Meski memiliki banyak keuntungan baik bagi bank maupun nasabahnya. Namun, disisi lain internet banking juga bisa memunculkan beberapa masalah, diantaranya sebagai berikut.

  1. Ancaman cyber crime
    Internet banking adalah layanan yang terhubung dengan internet. Seperti yang kita ketahui, dewasa ini banyak sekali masalah yang berhubungan dengan pembobolan data oleh hacker. ,asallah tersebut bisa saja mengancam pengguna internet banking. Namun, sejauh ini bank telah menjamin keamanan para nasabahnya.

  2. Modus kejahatan online
    Saat ini, pelaku kriminal tidak kehabisan ide untuk melakukan kejahatan demi mendapatkan uang. Karena itu, Anda perlu waspada jika hendak melakukan transaksi secara online. Bahkan, tak jarang seseorang memalsukan bukti transfer untuk mendapat keuntungan.

  3. Memerlukan koneksi stabil
    Tidak hanya cukup terhubung dengan internet saja. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa koneksi internet stabil ketika akan melakukan transaksi. Terkadang, internet banking tidak merespon ketika Anda memiliki koneksi jaringan yang buruk.


Contoh Internet Banking

Saat ini, hampir setiap bank sudah memiliki layanan internet banking, termasuk OCBC NISP. Bank OCBC NISP telah menyediakan layanan tersebut untuk memudahkan Sobat OCBC melakukan kegiatan perbankan tanpa mengunjungi kantor cabang. Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari layanan Internet Banking OCBC NISP adalah sebagai berikut.

  • Bebas cek informasi rekening, termasuk deposito, reksa dana dan Bancassurance.
  • Melakukan transfer dana secara online dengan cepat, baik itu mata uang rupiah atau valas.
  • Kemudahan dalam pembayaran tagihan rutin dan transaksi sehari-hari.
  • Multitransfer dan Multipayment, yaitu bisa melakukan transaksi pembayaran ke beberapa rekening sekaligus.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu internet banking termasuk keuntungan dan kelemahannya. Saat ini, setiap bank telah memiliki layanan internet banking, begitu pula dengan Bank OCBC NISP dengan layanan ONe Mobile seperti yang telah dijelaskan di atas. Cukup praktis bukan?


Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All