Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Pasar Abstrak: Pengertian, Fungsi, Ciri, dan Macam-Macamnya

11 Mar 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Pasar konkret adalah pasar tidak nyata. Berikut penjelasan selengkapnya.

Sesuai namanya, pasar abstrak adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan kegiatan transaksi barang maupun jasa yang tidak dapat dilihat atau bersifat tidak nyata. Contoh sederhananya yaitu seperti pasar uang, yang merupakan buah dari pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Lalu sebenarnya, apa yang dimaksud dengan pasar abstrak? Apa pula perbedaannya dengan pasar konkrit? Agar tidak salah paham, pahami langsung informasi selengkapnya dalam artikel OCBC kali ini, yuk!


Apa Itu Pasar Abstrak?

Pengertian pasar abstrak adalah sekumpulan kegiatan jual-beli barang atau jasa yang tidak dilakukan di tempat secara langsung. Dengan kata lain, transaksi dilakukan secara non tatap muka, misalnya melalui internet, telepon, maupun surat.

Ciri barang yang dijual dalam pasar abstrak adalah wujud aslinya tidak tersedia di tempat, melainkan bisa dipilih sendiri oleh pembeli melalui brosur, iklan, internet, dan sebagainya. Kemudian kedua belah pihak akan saling membuat kesepakatan harga sebelum bertransaksi.

Contoh pasar abstrak yakni ketika kita membeli suatu produk melalui marketplace seperti Shopee, Lazada, atau Tokopedia. Proses konsultasi mengenai barang yang akan dibeli dilakukan melalui chat. Kemudian pembeli memasukkan barangnya ke dalam keranjang dan melakukan proses pembayaran. Baru kemudian barang tersebut dikirimkan oleh penjual.


Perbedaan Pasar Konkrit dan Pasar Abstrak

Meskipun sama-sama menyediakan aktivitas jual-beli, mekanisme transaksi pasar konkrit dan pasar abstrak tetaplah berbeda. Adapun perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak adalah sebagai berikut.

  1. Mekanisme Transaksi
    Pasar konkret menyediakan barang yang dapat dipilih dan ditransaksikan secara langsung antara pembeli dan penjual. Jadi, kedua belah pihak bisa bertemu langsung dan objek transaksi dapat dibawa pulang pembeli saat itu juga.

    Hal ini berbeda dengan pasar abstrak yang tidak memungkinkan keduanya bertemu langsung ketika bertransaksi dan objek transaksinya masih berada di tangan penjual ketika pembayaran dilakukan.

  2. Barang yang Dijual
    Umumnya, barang-barang yang dijual di pasar konkrit adalah bahan makanan pokok dengan daya tahan rendah. Sedangkan objek transaksi pasar abstrak adalah benda-benda awet seperti alat elektronik, pakaian, furniture, dan sebagainya.


Fungsi Pasar Abstrak

Fungsi keberadaan pasar abstrak adalah sebagai berikut.

  • Sebagai tempat jual-beli produk tanpa harus bertemu secara langsung.
  • Memungkinkan transaksi tanpa menggunakan uang tunai (bisa melalui transfer bank, dompet digital, dan sebagainya).
  • Transaksi dapat dilakukan secara mudah dan cepat karena tanpa melalui proses tawar menawar.
  • Memungkinkan jual-beli yang lebih fleksibel dan hemat waktu.

Ciri-Ciri Pasar Abstrak

Adapun ciri-ciri pasar abstrak adalah:

  1. Ada Mekanisme Transaksi Tersendiri
    Salah satu ciri pasar abstrak adalah terdapat mekanisme transaksi khusus, misalnya melalui marketplace dengan skema pembayaran transfer. Lain halnya apabila yang dijual adalah saham, maka akan mengikuti IPO dan berbagai mekanisme lain sesuai aturan main di pasar modal.

  2. Produk Tidak Langsung Tersedia
    Pedagang hanya menawarkan dagangannya melalui internet, pamflet, brosur, dan berbagai media lainnya. Setelah ada pemesanan, penjual baru akan memproses pengiriman barang tersebut.

  3. Produk yang Diperjualbelikan Sifatnya Khusus
    Ciri lain dari pasar abstrak adalah produk yang ditransaksikan bersifat khusus, misalnya saham, obligasi, dan berbagai surat berharga lainnya. Hal ini karena mereka tidak dapat diperjualbelikan secara langsung melalui pasar konkrit.


Macam-Macam Pasar Abstrak

Sementara itu, jenis-jenis pasar abstrak adalah sebagai berikut.

  1. Pasar Modal
    Salah satu jenis pasar abstrak adalah pasar modal atau disebut juga bursa efek. Seluruh jasa dan barang yang diperdagangkan di sini hanya merupakan jumlahnya, bahkan pembeli tidak bisa membawa fisiknya secara langsung selain dalam bentuk sertifikat kepemilikan.

    Pasar modal merupakan tempat jual-beli saham dari perusahaan yang sudah go public guna menambah pendanaan bisnis mereka. Nantinya, pembeli saham akan bertindak sebagai investor. Karena mereka harus membayar sejumlah uang tanpa mendapatkan fisik barangnya, maka transaksi ini tergolong abstrak.

  2. Pasar Valuta Asing
    Pasar valuta asing merupakan transaksi yang memperjualbelikan mata uang dari suatu negara dengan milik negara lain. Perdagangannya dilakukan selama 24 jam non stop serta berkesinambungan.

    Keberadaan transaksi valuta asing sebagai pasar abstrak adalah menjadi sarana untuk mempermudah konversi mata uang, penarikan dana dari luar negeri, memperlancar transaksi internasional, dan mendapatkan keuntungan.

  3. Bursa Komoditas
    Berikutnya, yang termasuk contoh pasar abstrak adalah bursa komoditas, yakni tempat jual-beli produk komoditas sekaligus derivatnya seperti kopi, kapas, kedelai, jagung, kakao, dan sebagainya. Selain itu, dikenal juga adanya komisioner yang bertugas menjembatani transaksi.

  4. Bursa Tenaga Kerja
    Bursa tenaga kerja merupakan pasar tempat permintaan dan penawaran tenaga kerja berskala internasional. Para pihak akan bertemu dan membentuk kesepakatan berupa upah dan pekerjaan.

  5. Marketplace
    Alasan mengapa marketplace dikategorikan sebagai pasar abstrak adalah karena transaksinya dilakukan tanpa pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Selain itu, barang yang dijual tidak langsung diterima oleh pembeli, melainkan harus melalui serangkaian prosedur pengiriman terlebih dahulu.


Demikian pembahasan seputar pasar abstrak yang berhasil OCBC rangkum untuk Anda. Setelah membaca ulasan di atas, Sobat OCBC tentu sudah lebih dari paham bukan tentang apa yang dimaksud dengan pasar abstrak? Nah, jika tertarik dengan informasi mengenai ekonomi lainnya, jangan lewatkan update Blog OCBC setiap harinya, ya. Sampai jumpa!



Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All