Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Pengertian Pasar Bebas: Tujuan, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

11 Mar 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Sebelum berbisnis, kenali apa itu pasar bebas dan dampaknya bagi perusahaan.

Pasar bebas adalah suatu kondisi jual beli yang ideal berdasarkan mekanisme penawaran dan permintaan tanpa terikat dengan kebijakan maupun sistem ekonomi suatu negara. Jadi, pedagang dan pembeli lah yang mengatur segala sesuatu terkait transaksi mereka.

Fokus dari praktik pasar bebas adalah melakukan produksi dan jual beli baik barang ataupun jasa tanpa melibatkan campur tangan pemerintah. Produsen memiliki kuasa penuh dalam menentukan harga jual produk maupun jasanya sesuai mekanisme pasar secara alami.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian pasar bebas, contoh, dan dampaknya bagi perekonomian, yuk simak penjelasan yang telah OCBC rangkum berikut ini!


Pengertian Pasar Bebas

Pasar bebas adalah perdagangan yang berfokus pada penjualan berdasarkan mekanisme penawaran dan permintaan tanpa melibatkan campur tangan pemerintah. Jadi, pengusaha memiliki kewenangan mutlak atas pengelolaan produksi dan harganya serta bebas memilih siapa saja yang akan menjadi target penjualan mereka.


Pengertian Pasar Bebas Menurut Ahli

Pengertian di atas sifatnya masih sangat umum. Adapun penafsiran para ahli mengenai apa itu pasar bebas adalah sebagai berikut.

  1. Menurut David Ricardo
    Pasar bebas adalah perdagangan luar negeri antara beberapa negara secara bebas tanpa adanya hambatan dari pemerintah negara masing-masing.

  2. Menurut Adam Smith
    Pasar bebas adalah kegiatan jual beli yang bebas dan dilakukan sesuka hati sehingga mampu melahirkan persaingan ekonomi lebih luas tanpa campur tangan pemerintah.


Fungsi Pasar Bebas

Fungsi pasar bebas adalah memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi baik ekspor maupun impor serta memberikan transparansi informasi berkaitan kuantitas permintaan dan harga barang. Dengan demikian, akan tercipta stabilitas ekonomi.

Selain itu, fungsi pasar bebas adalah memberikan pendapatan yang lebih tinggi kepada para pengusaha serta memberi peluang memajukan keahlian maupun metode produksi agar makin efisien.


Tujuan Pasar Bebas

Adapun tujuan diselenggarakannya pasar bebas adalah sebagai berikut.

  1. Memperluas Pasar
    Pasar bebas adalah salah satu sarana guna memperluas jangkauan konsumen untuk suatu produk. Hal ini karena hambatan ekspor-impor tiap negara makin menipis sehingga produsen dapat melakukan riset pasar internasional.

  2. Meningkatkan Perekonomian Negara
    Pasar bebas menciptakan peluang perdagangan yang luas dan membantu produsen dalam mengembangkan maupun memasarkan produknya secara masif sehingga dapat mendongkrak perekonomian negaranya.

  3. Sarana pertukaran teknologi
    Tidak selalu terkait dengan keuntungan penjualan, pasar bebas adalah salah satu sarana pertukaran teknologi karena tiap negara dapat berinteraksi sehingga berkesempatan mempelajari kemajuan teknologi di negara lain.


Ciri-Ciri Pasar Bebas

Adapun ciri-ciri pasar bebas adalah sebagai berikut.

  • Semua sumber beserta alat produksi dapat bebas dimiliki dan diatur oleh semua pihak.
  • Terdapat pembagian kelas-kelas pekerja dan pemilik modal dalam sistem perekonomian.
  • Persaingan ketat antar perusahaan demi mencapai keuntungan sebanyak mungkin.
  • Campur tangan pemerintah dalam mekanisme pasar semakin dibatasi atau bahkan tidak ada sama sekali.
  • Para produsen bebas menentukan harga dan target pasar mereka.

Dampak Positif Pasar Bebas

Praktik pasar bebas bisa memberikan beberapa dampak positif bagi bisnis perusahaan, di antaranya:

  • Semua badan usaha dapat mengelola sumber daya yang mereka miliki guna memperoleh keuntungan sesuai target.
  • Menumbuhkan kreativitas karena persaingan yang ketat sehingga semua pengusaha berlomba-lomba berinovasi.
  • Sebagai sarana penerapan prinsip ekonomi masing-masing negara.
  • Memacu pertumbuhan perekonomian negara.
  • Memicu berbagai kemunculan inovasi teknologi di bidang bisnis.

Dampak Negatif Pasar Bebas

Meskipun memiliki dampak positif bagi pengembangan ekonomi suatu negara, pasar bebas juga membawa pengaruh negatif, seperti:

  • Rentan terjadinya eksploitasi perusahaan kecil oleh sektor usaha yang lebih besar mengingat jumlah modal akan memegang peran penting, sebab campur tangan pemerintah lebih kecil.
  • Memicu perang harga dan persaingan tidak sehat.
  • Memicu monopoli perdagangan yang membahayakan perusahaan lain di industri sama.
  • Mempertajam kesenjangan ekonomi antara pemilik modal dengan pekerja ataupun antara pemodal dalam jumlah besar maupun kecil.
  • Penurunan tingkat perekonomian suatu negara karena ketidakmampuan bersaing sehingga menjadi ketergantungan dengan penggunaan produk milik negara lain.

Contoh Pasar Bebas

Contoh pasar bebas adalah ketika diberlakukan aturan mengenai pengurangan dan penghapusan tarif keluar masuk antar negara atas beberapa jenis barang. Biasanya, perumusan kesepakatan ini berdasarkan suatu perjanjian bilateral, regional, atau multilateral.

Misalnya, pembentukan ASEAN Free Trade Area yang merupakan zona perdagangan bebas guna meningkatkan daya saing ekonomi negara-negara anggota ASEAN.


Nah, itu tadi penjelasan OCBC mengenai pengertian pasar bebas dan hal-hal penting yang berkaitan dengannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang merintis bisnis, ya! Untuk mendapatkan informasi lain seputar perbankan, investasi, finansial, dan bisnis, yuk kunjungi artikel-artikel kami di bawah ini!



Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All