Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

SMS Banking: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya

11 Mar 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

SMS Banking adalah layanan yang berbeda dari m-banking. Begini cara gunakannya.

SMS Banking adalah salah satu layanan mobile banking yang memanfaatkan jaringan Short Message Services atau SMS dalam penggunaannya. Adapun fungsi SMS Banking adalah untuk memudahkan nasabah bertransaksi tanpa melalui ATM maupun teller, mulai dari melakukan transfer, cek saldo, beli pulsa, dan masih banyak lagi.

Dibandingkan fitur internet banking, kegunaan SMS Banking sebetulnya tergolong sangat tradisional namun cukup sederhana. Untuk lebih jelasnya, berikut ini telah OCBC ulas secara lengkap mengenai apa itu SMS Banking, cara menggunakan, hingga perbedaannya dengan layanan perbankan lainnya. Check it out!


Apa itu SMS Banking?

Pada dasarnya, SMS Banking adalah sebuah layanan perbankan secara mobile yang memanfaatkan sistem Short Message Service. Dalam layanan ini, Sobat OCBC bisa menggunakan sejumlah fitur, seperti informasi saldo, tagihan kartu kredit, mutasi rekening, suku bunga, dan lain sebagainya.

Tak hanya sekadar itu, kegunaan SMS Banking juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, mulai dari transfer uang, pembayaran air, asuransi, internet, pajak, dan masih banyak lagi. Anda tentunya bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun selama memiliki pulsa yang cukup.


Cara Menggunakan SMS Banking

Seperti penjelasan sebelumnya, SMS Banking adalah layanan sederhana yang dapat Anda gunakan kapan saja dan dimana saja. Untuk mengaksesnya, Anda bisa melalui dua cara, yakni:

  1. SMS Toolkit
    Cara pertama menggunakan SMS Banking adalah dengan SMS Toolkit, yakni melalui menu SIM card yang Anda pakai. Adapun menu SIM card untuk layanan SMS Banking pada tiap provider sebetulnya berbeda-beda. Anda bisa langsung saja melakukan pendaftaran ke bank agar dapat memanfaatkan fitur ini.

  2. SMS Biasa
    Berbeda dari sebelumnya, cara ini pada dasarnya merupakan metode umum penggunaan SMS Banking. Ya, Anda tinggal mengetik pesan berupa suatu kode atau format khusus, lalu mengirimkannya ke nomor tertentu dari bank.


Fitur-Fitur dalam SMS Banking

Lalu, apa sajakah kegunaan SMS Banking? Berikut ini terdapat sejumlah fitur dalam SMS Banking yang bisa Anda manfaatkan, di antaranya:

  1. Notifikasi SMS
    Salah satu fitur dari SMS Banking adalah notifikasi SMS. Ya, Anda akan mendapatkan sebuah notifikasi sebagai pengingat atas terjadinya transaksi. Umumnya, fitur ini menggunakan pulsa Anda sebagai biaya penggunaan jasanya. Sehingga, sering kali orang memilih menonaktifkan fitur tersebut.

    Namun, jika Anda ingin menggunakannya, Anda perlu melakukan pendaftaran ke kantor cabang bank dengan menyertakan sejumlah dokumen, seperti KTP, kartu ATM, buku rekening, serta nomor HP yang dipakai untuk layanan notifikasi.

  2. Transfer
    Bukan cuma sekadar memberikan layanan notifikasi, Anda juga bisa melakukan transfer melalui SMS Banking. Tiap bank umumnya memiliki kebijakan masing-masing terkait fitur ini. Contohnya ialah sebagai berikut.

    • Ketik: TRF .
      Contoh: TRF 7 0100022131589 500000.

    Namun, jika transfer dilakukan kepada rekening bank yang berbeda, maka formatnya pun akan berbeda pula, misalkan:

    • Ketik: TRT
      Contoh: TRT 5 003 028113997 200000.
  3. Cek Saldo
    Kegunaan SMS Banking lainnya ialah untuk mengecek saldo rekening. Ya, Anda bisa mendapatkan informasi terkait saldo dengan hanya mengirimkan kode khusus melalui SMS. namun, tentu saja Anda harus mendaftarkan nomor handphone Anda terlebih dahulu.

  4. Membayar atau Membeli
    Tahukah Anda, fungsi lainnya dari SMS Banking adalah melakukan pembayaran tagihan ataupun pembelian tertentu, misalkan tagihan listrik, kartu kredit, air, beli pulsa, dan lain sebagainya.

  5. Perubahan PIN
    Selain itu, SMS Banking juga menawarkan fitur untuk mengubah PIN tanpa harus pergi ke kantor cabang bank. Anda tinggal menggunakan kode khusus sesuai cara bank masing-masing.


Perbedaan SMS Banking, Mobile Banking & Internet Banking

Mungkin Anda sempat bertanya-tanya apa yang membedakan SMS Banking dengan layanan perbankan lainnya seperti Mobile Banking dan Internet Banking. Agar tidak bingung, berikut penjelasannya.

  1. Internet Banking
    Internet Banking adalah suatu layanan bank yang bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Tak berbeda jauh dari SMS Banking, Internet Banking pun bisa digunakan sebagai media melakukan transfer dana, cek saldo, membayar kartu kredit, hingga membeli pulsa.

    Akan tetapi, Internet Banking tentu memberikan fitur lebih lengkap dan kompleks dibandingkan SMS Banking. Layanan ini bisa Anda akses dimanapun dan kapanpun melalui komputer, laptop, handphone, ataupun tablet selama memiliki jaringan internet.

  2. Mobile Banking
    Jika internet banking memanfaatkan jaringan internet, maka mobile banking adalah jenis layanan yang menggunakan smartphone sebagai medianya. Ya, Anda bisa melakukan transaksi perbankan hanya dengan handphone, namun tentunya harus memiliki jaringan internet.

    Umumnya, Anda harus mengunduh aplikasi m-banking terkait di handphone jika ingin menggunakannya. Fiturnya pun tak jauh berbeda, Anda dapat melakukan transfer antarbank, membayar tagihan, mengecek saldo, dan sebagainya.

  3. SMS Banking
    Berbeda dengan lainnya, SMS Banking pada dasarnya hanya memerlukan pulsa untuk menggunakannya. Sehingga, Anda tidak membutuhkan jaringan internet manapun jika ingin mengaksesnya. Anda juga harus mengetik suatu kode tertentu sesuai tujuan penggunaan. Bisa dibilang cara ini tergolong tradisional dan lebih sederhana dibanding kedua layanan di atas.


Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan SMS Banking? Beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan sebelum menggunakan SMS Banking adalah sebagai berikut.

Kelebihan SMS Banking

  • Praktis tanpa harus keluar rumah.
  • Mudah serta bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.
  • Semua jenis SIM card bisa digunakan.
  • Jauh lebih efisien karena bebas gangguan eksternal, seperti jaringan internet atau mati listrik.

Kekurangan SMS Banking

  • Kurang fleksibel karena aktivitas cukup terbatas.
  • Terdapat risiko penyadapan SMS.
  • Relatif sedikit lebih mahal karena terkadang terdapat tambahan biaya administrasi lainnya.

Itu dia pembahasan mengenai apa itu SMS Banking, fitur-fitur, hingga cara menggunakannya. Meski tergolong old school, namun kegunaan SMS Banking adalah hal yang patut Anda pertimbangkan jika ingin mendapatkan layanan praktis, mudah, dan bebas gangguan internet.



Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 25 May 2022

$name

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

View All