Related Product

ONe Mobile

ONe Mobile

Pendanaan: Pengertian, Manfaat, Jenis-jenis, dan Contohnya

21 Mar 2022 Written by: Redaksi OCBC NISP

Pengertian pendanaan, manfaat, jenis, dan manfaatnya bagi proyek. Yuk simak!

Pendanaan adalah salah satu unsur terpenting dalam suatu kegiatan operasional proyek, program bisnis atau hal lainnya. Maka dari itu, diharuskan adanya perencanaan sebaik mungkin. Pendanaan dapat bersumber dari 2 bagian, yaitu internal maupun pihak eksternal seperti investor dan lain-lain.

Perencanaan pendanaan yang baik akan sangat membantu dalam memajukan sebuah bisnis sekaligus melancarkan jalannya proyek. Nah, pada kesempatan ini OCBC akan membahas seputar pendanaan hingga contoh kasusnya. Yuk simak!


Apa itu pendanaan?

Funding atau aktivitas pendanaan adalah cara memperoleh suntikan dana yang nantinya akan dialokasikan untuk pengerjaan proyek atau program dari sebuah perusahaan. Suntikan dana adalah modal usaha yang diperoleh perusahaan melalui pihak pemberi dana.

Pendanaan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu pendanaan jangka panjang dan pendanaan jangka pendek.

  1. Pendanaan jangka panjang
    Pendanaan jangka panjang adalah dana pinjaman yang memiliki tenor lebih dari satu tahun. Sehingga perusahaan yang mengambil pendanaan jangka panjang memiliki waktu lebih dari satu tahun untuk melunasinya.

    Umumnya pelunasan pendanaan jangka panjang berkisar antara 5 hingga 20 tahun. Bagi perusahaan, jenis pendanaan ini dinilai cocok digunakan sebagai modal untuk memulai bisnis, atau sebagai solusi ketika membutuhkan biaya besar dalam waktu singkat.

  2. Pendanaan jangka pendek
    Pendanaan jangka pendek adalah dana pinjaman yang diberikan dan harus dibayarkan dalam jangka waktu maksimal 1 tahun. Pendanaan jangka pendek bisa didapat salah satunya dari bank.

    Dikarenakan waktu pembayaran hanya 1 tahun, biasanya pihak pemberi dana memberikan limit pinjaman yang lebih rendah dibanding pendanaan jangka panjang. Selain itu, sebelum memutuskan untuk memberi pendanaan jangka pendek, pihak pemberi pinjaman nantinya akan menilai profil Anda terlebih dahulu.


Manfaat pendanaan

Pendanaan adalah faktor penting bagi pelaksanaan kepentingan perusahaan. Pentingnya pendanaan tidak terlepas dari banyaknya manfaat yang menyertai, yaitu:

  1. Sumber gaji pekerja
    Pertama, manfaat pendanaan adalah sebagai sumber gaji karyawan ketika keuangan perusahaan terganggu. Dalam menjalankan sebuah bisnis, perusahaan memiliki kewajiban untuk membayarkan upah pada karyawannya.

    Apabila keuangan perusahaan Anda terganggu, Anda dapat memanfaatkan fasilitas pendanaan baik pendanaan jangka pendek maupun pendanaan jangka panjang.

  2. Mengatur arus kas perusahaan
    Kedua, manfaat pendanaan adalah perusahaan dapat mengatur kestabilan arus kasnya dengan baik. Tak jarang naik turunnya keuntungan dalam bisnis juga akan mempengaruhi kestabilan dari arus kas perusahaan.

    Sehingga solusi yang bisa diambil untuk menjaga arus kas perusahaan adalah menggunakan fasilitas pendanaan tersebut.

  3. 3. Sewa tempat usaha
    Ketiga, manfaat pendanaan adalah terkait perkembangan bisnis. Dalam perkembangan bisnis pasti membutuhkan penambahan lahan seperti gudang atau kantor baru. Dengan adanya pendanaan, perusahaan akan terbantu dalam proses penyewaan tempat tersebut. Keputusan pendanaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  4. Persediaan saat kondisi darurat
    Berikutnya manfaat pendanaan adalah sebagai dana darurat saat menghadapi kendala dalam bisnis. Fasilitas pendanaan tidak hanya dapat Anda gunakan untuk biaya operasional saja, tapi juga bisa Anda jadikan sebagai dana darurat. Untuk keputusan pendanaan dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan.

  5. Menambah peralatan dan perlengkapan
    Kelima, manfaat pendanaan adalah sebagai alternatif modal untuk membeli peralatan dan perlengkapan perusahaan. Keputusan pendanaan jangka pendek mungkin dapat menjadi pilihan pendanaan yang tepat untuk pemanfaatan satu ini.

  6. Membeli inventaris baru
    Mengelola inventaris harus banyak melalui perhitungan, mulai dari permintaan pasar, menjaga layanan tetap pada jumlah yang aman, dan lainnya. Anda dapat mengambil keputusan pendanaan untuk mendapatkan pinjaman yang nantinya bisa dialokasikan pada pembelian inventaris tersebut.

  7. Memperluas jangkauan bisnis
    Untuk membuka cabang baru, banyak hal yang harus dipertimbangkan, terutama sumber pendanaan yang dimiliki. Hal ini dikarenakan dalam membuka sebuah cabang akan dibutuhkan dana cukup besar.

    Oleh sebab itu, aktivitas pendanaan adalah salah satu solusi guna mendapatkan sumber pendanaan, Anda dapat memilih jenis pendanaan jangka pendek atau panjang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.


Jenis pendanaan

Aktivitas pendanaan adalah langkah yang diperlukan untuk melaksanakan suatu proyek atau program. Nantinya sumber pendanaan akan diberikan dalam bentuk utang atau ekuitas.

  1. Melalui utang
    Jika keputusan pendanaan dalam perusahaan diwujudkan dalam bentuk utang, maka perusahaan merupakan pihak peminjam dana atau debitur. Berikut beberapa metode pendanaan melalui utang:

    • Lembaga Keuangan
      Perusahaan memperoleh pendanaan melalui lembaga keuangan, seperti bank komersial. Ketika melakukan peminjaman, perusahaan juga harus memberikan keterangan secara rinci mengenai proyeksi pendapatan dan beban di masa depan.
    • Menerbitkan Obligasi
      Perusahaan besar dapat memperoleh sumber pendanaan melalui penerbitan obligasi yang dimiliki, yakni sekuritas utang jangka panjang yang dibeli oleh para investor.
    • Menerbitkan Surat Berharga
      Beberapa perusahaan dapat memilih menerbitkan surat berharga (commercial paper), yakni sekuritas utang jangka pendek yang biasanya diterbitkan saat kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan baik.
  2. Melalui ekuitas
    Sedangkan apabila keputusan pendanaan dalam perusahaan berwujud ekuitas, berikut beberapa metode pendanaannya:

    • Saldo Laba Ditahan
      Perusahaan menerima pendanaan melalui ekuitas dari para pemilik saham dan menahan saldo laba dengan cara tidak membagikannya secara dividen ke para pemilik saham.
    • Menerbitkan Saham
      Perusahaan juga dapat memperoleh pendanaan secara ekuitas melalui penerbitan saham, baik saham preferen maupun saham biasa.

Demikian ulasan seputar pendanaan yang bisa Sobat OCBC pahami. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat diartikan bahwa pendanaan adalah berperan penting untuk jalannya sebuah bisnis maupun organisasi. Pastikan bahwa Anda telah memiliki sumber pendanaan yang terjamin demi lancarnya bisnis Anda. Sampai jumpa!



Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All