Related Product

Reksa Dana

Reksa Dana

Ekspor Meningkat, Neraca Perdagangan Indonesia Kembali Surplus!

22 Mar 2022 Written by:Redaksi OCBC NISP

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia baru saja merilis neraca perdagangan Indonesia untuk bulan Februari 2022 dengan nilai surplus.

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia baru saja merilis neraca perdagangan Indonesia untuk bulan Februari 2022 dengan nilai surplus. Surplus perdagangan Indonesia meningkat tajam menjadi USD 3,82 miliar pada Februari 2022 dari USD 1,96 miliar pada bulan yang sama tahun sebelumnya dan mengalahkan konsensus pasar sebesar USD 1,75 miliar. Level ini adalah surplus perdagangan tertinggi sejak November tahun lalu, di tengah kenaikan harga komoditas dan permintaan global yang kuat sebelum invasi Rusia di Ukraina pada akhir Februari, yang mendorong lonjakan harga energi.

Nilai ekspor naik 34,14% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi USD 20,46 miliar, didukung oleh produk non-migas 35,24% dan produk migas 15,60%. Sementara itu, impor naik lebih rendah 25,43% menjadi USD 16,64 miliar, pertumbuhan terlemah dalam 12 bulan, dengan pembelian non-migas tumbuh 14,84% dan pembelian migas melonjak 122,52%. BPS mengindikasikan bahwa perang di Ukraina memiliki dampak perdagangan langsung yang sangat terbatas terhadap ekonomi terbesar di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Namun demikian, apabila perang berlanjut dalam jangka waktu yang lebih lama, kenaikan angka inflasi secara global diperkirakan akan meningkat tajam akibat terganggunya persediaan sejumlah komoditas.

Namun, untuk Indonesia sendiri akan berdampak terbatas, mengingat Indonesia adalah negara pengekspor komoditas seperti batu bara, kelapa sawit, minyak bumi, hingga nikel. Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia dalam jangka menengah diperkirakan masih akan mengalami surplus.

Source: Bloomberg, per tanggal 28 Februari 2022*

Perbaikan neraca perdagangan ini juga akan memperbaiki neraca pembayaran Indonesia, dan secara tidak langsung akan turut menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah.



Beli reksa dana di ONe Mobile dengan cara berikut:



Jangan lupa, sekarang kamu juga bisa membandingkan kinerja 3 reksa dana pilihanmu di ONe Mobile lho!



Pilih sendiri promo reksa dana pertamamu:


PROMO PAYDAY REKSADANA
Reksa Dana Saham Lump Sum – Min. Pembelian Rp20.000.000,-

Investasi pada Rekasa Dana Saham Baru minimal Rp20 juta melalui ONe Mobile dan dapatkan unit tambahan pada Reksa Dana Pasar Uang senilai Rp160 ribu

Syarat dan ketentuan:
  1. Hanya berlaku untuk investasi pada Reksa Dana Saham baru (belum pernah dimiliki sebelumnya) yang dilakukan melalui ONe Mobile, minimal Rp20 juta dan berlaku kelipatan
  2. Unit Reksa Dana Pasar Uang akan dibukukan pada bulan berikutnya
  3. Periode Program: 25 – 31 Maret 2022.

PROMO NTI REKSA DANA – REKSA DANA LUMP SUM

Investasi pada Reksa Dana melalui ONe Mobile dan dapatkan tambahan unit pada Reksa Dana Pasar Uang senilai Rp25 ribu

Syarat dan ketentuan:
  1. Berlaku untuk investasi pada Reksa Dana mulai dari Rp25 Ribu
  2. Hanya berlaku untuk investasi pada Reksa Dana pertama kali yang pembukaan Reksa Dana dan transaksinya dilakukan melalui ONe Mobile
  3. 1 Nasabah hanya berhak mendapatkan 1 reward (tidak berlaku kelipatan)
  4. Unit Reksa Dana Pasar Uang akan dibukukan pada bulan berikutnya
  5. Periode hingga 31 Maret 2021

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All