Related Product

obligasi

obligasi

Inflasi Indonesia Lepas Landas?

7 Apr 2022

Di awal April, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi

Di awal April, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi domestik untuk bulan Maret 2022, yang dimana tercatat naik ke angka 2.64% dari sebelumnya 2.06% secara tahunan (YoY).

Secara bulanan (MoM), inflasi tercatat sebesar 0.66%, dan sejak awal tahun (YTD) berada di angka 1.20%. Setelah melambatnya permintaan domestik yang terjadi di bulan Februari akibat penyebaran COVID-19 varian Omicron, daya beli konsumen kembali pulih di akhir kuartal I lalu seiring dengan semakin kembali dibukanya perekonomian.

Sumber: Bloomberg, 1 April 2022

Pemerintah saat ini masih menerapkan pembatasan mobilitas, namun dengan merelaksasi beberapa ketentuan, yang memungkinkan dunia usaha untuk kembali beroperasi. Hal ini mendorong permintaan kembali naik, di tengah kenaikan harga komoditas global.

Kenaikan inflasi yang signifikan bulan lalu ditopang oleh beberapa hal utama seperti kenaikan harga beberapa komoditas di bawah kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Selain itu juga harga minyak goreng yang naik cukup signifikan setelah pemerintah mencabut aturan harga eceran teratas (HET). Berdasarkan wilayah, inflasi terjadi di 88 kota dari 90 kota IHK.

Kenaikan inflasi ini berpotensi mendorong kenaikan suku bunga di masa depan. Hal ini dapat membuat harga obligasi mengalami penurunan. Namun, menelaah lebih lanjut, walaupun mengalami kenaikan, angka inflasi 2.64% ini masih jauh lebih rendah dibandingkan data historis.

Sehingga, dampak negatif terhadap harga obligasi diperkirakan cenderung lebih minimal. Investor yang ingin berinvestasi pada kelas aset obligasi, dapat menerapkan strategi diversifikasi dengan membagi alokasi pada obligasi durasi pendek dan menengah-panjang.

Tentunya dengan menyesuaikan terhadap profil risiko dan tujuan investasi Anda. Informasi lebih lanjut untuk obligasi pemerintah di OCBC NISP, silahkan klik tautan berikut https://www.ocbcnisp.com/id/individu/wealth-management/obligasi/obligasi-pemerintah-idr-usd

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All