Related Product

Individu

Individu

Apa itu Kode Referral? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja

8 Apr 2022

Sering mendapatkan kode referral? Apa itu sebenarnya? Cek penjelasannya di sini.

Kode referral adalah strategi online maketing yang kerap digunakan untuk menarik konsumen. Biasanya, kode ini digunakan untuk mengklaim promo seperti diskon, cashback dan promo menarik lainnya.

Hingga sekarang, strategi ini masih efektif digunakan dalam proses marketing. Lalu, sebenarnya bagaimana cara kerja kode referral agar Anda bisa mendapatkan promo menariknya? Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Kode Referral?

Kode referral adalah suatu taktik pemasaran berupa kombinasi angka dan huruf yang dibagikan kepada customer oleh pemilik usaha bisnis. Adanya kode referral memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam transaksi tersebut.

Pada dasarnya, konsep referral sendiri berasal dari word of mouth. Nasabah atau pelanggan suatu produk diharapkan dapat membawa pelanggan baru dengan membagikan kode referral kepada orang lain.

Penggunaan kode ini dalam strategi pemasaran biasanya dilakukan saat promosi suatu produk. Umumnya, kombinasi angka dan huruf unik tersebut bisa ditemukan di aplikasi atau iklan promosi di media sosial.

Cara Kerja Kode Referral

Mungkin Sobat OCBC sudah cukup familier dengan sistem referral ini. Di bidang e-commerce misalnya, cara kerja kode referral memang menguntungkan bagi Anda jika berhasil memenuhi syaratnya, yakni mengajak orang lain menggunakan kode tersebut saat menjadi pelanggan baru atau akan bertransaksi.

Nah, agar lebih paham, cara kerja kode referral adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Kode Referral kepada Pelanggan

Cara kerja kode referral yang pertama adalah perusahaan akan membagikan kode referral kepada calon pelanggan. Kode referral biasanya diberikan untuk menawarkan promosi berupa potongan harga dan penawaran menarik lain. Cara mendapatkan kode referral biasanya melalui media sosial atau aplikasi itu sendiri.

2. Meminta Pelanggan Membagikan Kode Tersebut

Tahap berikutnya adalah bagikan kode referral kepada pelanggan yang baru saja mendaftar serta tuliskan syaratnya dengan jelas, bisa melalui email atau akun pelanggan. Kemudian pelanggan bebas membagikan kodenya seperti di media sosial maupun blog.

3. Pengumpulan kode promo

Pemilik usaha mengumpulkan dan mendata kode saat pelanggan memasukkan kode referral setelah checkout. Nah, dari kode referral tersebut, pelanggan akan memperoleh komisi.

4. Klaim hadiah

Apabila member referral berhasil mengajak orang lain menjadi pelanggan baru untuk menggunakan produk dari perusahaan tersebut melalui jalur kode referral, maka perusahaan akan memberikan kompensasi yang sudah dijanjikan.

Fungsi Kode Referral

Setelah mengenal apa itu kode referral, Sobat OCBC bisa mengetahui fungsi kode referral sendiri dalam kegiatan penjualan. Pada dasarnya taktik referral memiliki tingkat kesuksesan tinggi. Baik pelanggan maupun pemilik usaha sama-sama merasakan keuntungan melalui pengaplikasiannya.

Fungsi kode referral dapat dilihat dari beberapa sisi, utamanya dari segi pemasaran. Beberapa fungsi penggunaan kode referral adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Ketertarikan Pelanggan pada Produk

Dengan membagikan kode referral, pelanggan akan memberikan perhatian kepada suatu produk. Ini penting guna menarik customer untuk membeli produk yang sedang ditawarkan.

2. Menambah Jumlah Pelanggan dari Penyebaran Kode Referral

Tujuan dari digunakannya kode referral adalah mendapatkan pelanggan baru. Dari sisi marketing, referral atau word of mouth cukup efektif dalam cara kerjanya. Hal tersebut memberikan keuntungan bagi pemilik usaha bisnis, sehingga jumlah pelanggan bisa meningkat.

3. Mendatangkan Pelanggan Tetap yang Lebih Banyak

Fungsi kode referral berikutnya yakni mendatangkan pelanggan tetap yang lebih banyak. Itulah mengapa kebanyakan bisnis menerapkan strategi pemasaran ini.

Contoh Kode Referral

Berdasarkan penjelasan di atas, patut diketahui juga beberapa contoh kode referral dalam transaksi e-commerce. Layaknya password suatu akun, kode referral adalah suatu kode yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf.

Banyak contoh kode referral menggunakan campuran huruf konsonan, misalnya XJZWV. Contoh kode referral lain adalah kombinasi angka dan huruf kapital, seperti 5HLY6T2. Di samping itu, ada juga contoh kode referral yang menggabungkan simbol, huruf, dan angka, misalnya 8#KM1G* dan 0LW&B!.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu kode referral dan bagaimana cara kerjanya. Kode referral merupakan salah satu sistem yang juga digunakan oleh OCBC NISP untuk memberikan promo menarik bagi Sobat OCBC. Yuk cek promo terbaru kami di sini!

Baca juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All