Tujuan Keuangan Adalah: Pengertian, Cara, Manfaat & Contoh

7 Apr 2022

Yuk ketahui cara menentukan tujuan keuangan yang tepat di sini.

Selain perencanaan keuangan yang baik, untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat juga memerlukan tujuan keuangan. Pengertian tujuan keuangan adalah target keuangan yang ingin Anda capai di masa depan.

 

Dengan menentukan tujuan keuangan diri, maka segala sikap keuangan Anda akan menjadi lebih terarah dan terfokus pada pemenuhan target keuangan yang ingin dicapai. Berikut OCBC hadirkan penjelasan mengenai tujuan keuangan.

Cara Menentukan Tujuan Keuangan Diri

Tujuan keuangan adalah strategi untuk mewujudkan keinginan finansial. Sebelum menentukan tujuan keuangan diri, siapkan terlebih dahulu kerangka kerjanya. Kerangka tersebut berisikan keinginan secara finansial serta bagaimana cara memperolehnya.

 

Dengan melakukan hal itu, Anda akan menjadi lebih pandai dalam mengendalikan pengeluaran dan menempatkan batas aman atau kebebasan finansial Anda. Penjelasan lebih lanjut mengenai cara menentukan tujuan keuangan adalah sebagai berikut.

1. Tujuan yang realistis

Langkah pertama dalam menentukan tujuan keuangan di usia 30-50 adalah menetapkan tujuan yang jelas tentang apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara nyata memperoleh pencapaian tersebut.

 

Setelah memperjelas tujuan Anda, selanjutnya Anda bisa mulai menetapkan target keuangan berdasarkan periode waktu tertentu. Dengan membuat tujuan keuangan, Anda akan semakin termotivasi untuk menjalani setiap prosesnya.

2. Kategorikan setiap pengeluaran

Langkah untuk menentukan financial goals adalah mengkategorikan keuangan dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Contoh pengkategorian tujuan keuangan adalah sebagai berikut.

 

  • Tujuan jangka pendek: 3 bulan - 5 tahun
  • Tujuan jangka menengah: 5 - 10 tahun
  • Tujuan jangka panjang: lebih dari 10 tahun

 

Dengan pembagian kategori seperti contoh diatas, dapat membantu Anda untuk perlahan-lahan mencapai tahapan tujuan keuangan Anda.

3. Menetapkan deadline untuk setiap tujuan keuangan

Menetapkan target waktu untuk setiap tujuan keuangan adalah salah satu cara yang dapat memudahkan Anda mencapai tujuan keuangan. Misalnya saja, ketika anak akan masuk sekolah, dengan adanya penetapan deadline sebagai tabungan pendidikan anak, Anda sudah tidak perlu lagi khawatir lagi karena biaya tersebut sudah tersedia.

4. Prioritaskan setiap tujuan keuangan

Selanjutnya, cara untuk menentukan tujuan keuangan di usia 30-50 adalah memprioritaskan setiap tujuan keuangan. Dengan menetapkan daftar tujuan keuangan, Anda akan mengetahui mana yang harus didanai terlebih dahulu.

 

Ini bisa Anda lakukan dengan memisahkan antara kebutuhan dan keinginan.Contohnya apabila Anda ingin memiliki dana darurat, maka itu termasuk kebutuhan. Sedangkan bila Anda ingin menukar mobil lama dengan mobil baru, maka hal tersebut termasuk keinginan.

5. Pastikan itu adalah tujuan Anda sendiri

Cara menentukan tujuan keuangan diri yang terakhir adalah dengan tidak menjadikan orang lain sebagai patokan tujuan keuangan Anda. Pastikan bahwa financial goals adalah pilihan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda sendiri. Serta ingat untuk selalu fokus terhadap tujuan tersebut, ya.

Manfaat Memiliki Tujuan Keuangan

Masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam menggapai keinginan finansial mereka. Tapi, perlu disadari bahwa hal itu bukan disebabkan oleh besar kecilnya pendapatan seseorang, melainkan jelas tidaknya tujuan keuangan orang tersebut. Manfaat dari memiliki tujuan keuangan adalah sebagai berikut.

1. Keuangan lebih tertata

Manfaat pertama dari financial goals adalah membuat keuangan Anda lebih tertata, sehingga mudah dievaluasi. Dengan menentukan tujuan keuangan diri, Anda akan terbiasa untuk memperhatikan setiap pengeluaran dan pemasukan dalam keuangan Anda. Dengan demikian, keuangan Anda lebih teratur.

2. Dapat mengontrol keinginan

Menentukan tujuan keuangan diri dapat mengontrol keinginan. Meski banyak godaan di luar sana, Anda akan mampu mengesampingkan keinginan tersebut demi tujuan keuangan Anda. Selain itu, Anda juga lebih terlatih untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

3. Giat mencari sumber pemasukan lain

Manfaat selanjutnya dari tujuan keuangan adalah menjadikan Anda giat mencari pemasukan. Seiring berjalannya waktu, tujuan keuangan Anda juga akan semakin meninggi, dimana hal tersebut bisa berdampak pada beban yang harus Anda keluarkan. Oleh sebab itu, dengan adanya tujuan keuangan ini akan memotivasi Anda untuk mencari sumber pemasukan lain.

4. Hidup lebih berarti

Tujuan keuangan adalah salah satu sarana untuk membuat hidup Anda lebih bermakna, karena Anda sudah menargetkan segala sesuatunya dan mengusahakannya maksimal mungkin. Dengan demikian, tidak akan ada yang namanya membuang-buang waktu atau kesenangan sesaat saja.

Contoh Tujuan Keuangan

Beberapa contoh dari tujuan keuangan adalah sebagai berikut.

1. Melunasi hutang kartu kredit

Fungsi utama dari tujuan keuangan adalah mengurangi nominal penggunaan kartu kredit. Jumlah bunga kartu kredit dapat meningkat secara eksponensial, jika tidak segera dilunasi dapat berpengaruh pada urusan perbankan Anda di masa depan. Dengan adanya tujuan keuangan dinilai mampu memudahkan Anda melunasi tagihan kartu kredit tersebut.

2. Membuat dana darurat

Contoh tujuan keuangan adalah memiliki dana darurat sehingga sangat berguna untuk mengatasi munculnya biaya tidak terduga. Dengan menetapkan tujuan keuangan, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam menyisihkan uang sebagai dana darurat.

3. Tabungan untuk hari tua

Contoh terakhir dari tujuan keuangan adalah sebagai tabungan hari tua. Semakin dini Anda menetapkan tabungan sebagai tujuan keuangan Anda tentunya akan semakin baik.

 

Nah, itu dia informasi lengkap seputar tujuan keuangan. Dengan menentukan tujuan keuangan diri, bisa membantu Anda dalam memperjelas arah perencanaan keuangan Anda. Bagi Anda yang ingin menciptakan manajemen keuangan, penting untuk memperhatikan setiap unsurnya. So, simak lebih lanjut berbagai tips mengelola keuangan di OCBC NISP!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu

Download ONe Mobile