Related Product

Cash Management

Cash Management

Kegiatan Konsumsi: Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contohnya

13 Apr 2022

Bagaimana kegiatan konsumsi berjalan? Yuk simak pembahasannya!

Kegiatan konsumsi adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mengurangi atau bahkan menghabiskan barang dan jasa dengan tujuan memenuhi kebutuhan sekaligus kepuasan mereka.

Pelaku kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen. Mereka akan membayar untuk mendapatkan hasil produksi berupa barang maupun jasa. Siapapun bisa terlibat dalam kegiatan konsumsi, baik itu individu, keluarga, pemerintah atau industri. Yuk simak penjelasan lebih detail di bawah ini.

Pengertian Kegiatan Konsumsi

Kegiatan ekonomi merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan masyarakat setiap harinya. Pengertian kegiatan ekonomi itu sendiri adalah aktivitas yang mencakup tiga kegiatan yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Pelaku kegiatan ekonomi disebut produsen, distributor, dan konsumen.

Apakah Sobat OCBC tahu apa itu kegiatan konsumsi? Jadi, kegiatan konsumsi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa. Kegiatan konsumsi adalah jenis kegiatan dengan tujuan memenuhi kebutuhan individu atau secara bersamaan.

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan sehari-hari yang biasanya kita lakukan. Misalnya seperti membeli peralatan rumah tangga, makanan, pakaian, dan lainnya. Dalam kegiatan ini, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi tingkat konsumsi, yaitu gaya hidup, status sosial, tingkat pendapatan, selera, dan juga tingkat bunga.

Ciri-Ciri Kegiatan Konsumsi

Meskipun biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, namun ada sebagian orang yang belum mengenali ciri-ciri kegiatan konsumsi, baik itu membeli hingga menggunakan suatu barang. Adapun ciri-ciri kegiatan konsumsi yang Sobat OCBC perlu  diketahui  ialah:

1. Kegiatan dilakukan secara langsung

Ciri-ciri  kegiatan konsumsi pertama yaitu dilakukan secara langsung dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun memenuhi kepuasan individu.

2. Barang yang terlibat dalam kegiatan konsumsi

Barang yang terlibat biasanya memiliki nilai guna atau manfaat bagi para pembeli atau konsumennya. Misalnya, buku digunakan untuk menulis.

3. Barang yang dibeli selalu berkurang nilai gunanya

Ciri-ciri kegiatan konsumsi selanjutnya yaitu barang yang dibeli akan selalu berkurang nilai gunanya setelah dimiliki. Contohnya seperti pakaian yang sudah digunakan, lama kelamaan akan berkurang nilai gunanya.

Fungsi Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan bermasyarakat. Selain itu, kegiatan konsumsi juga memiliki fungsi baik, di antaranya sebagai berikut.

1. Mendorong adanya aktivitas produksi

Fungsi utama kegiatan konsumsi adalah  dapat mendorong adanya aktivitas produksi. Dengan adanya permintaan dari konsumen, maka kegiatan produksi bisa berjalan. 

2. Titik awal dan akhir kegiatan ekonomi

Kegiatan konsumsi berfungsi untuk menjadi titik awal dan akhir dari kegiatan ekonomi. Misalnya, Sobat OCBC ingin membeli sebuah laptop dan terjadi transaksi ekonomi. Setelah barang dimiliki, maka kegiatan ekonomi akan berhenti di titik tersebut.

3. Membantu penyesuaian rumusan UMR pekerja

Fungsi lainnya dari kegiatan konsumsi adalah  untuk membantu penyesuaian rumusan UMR pekerja. Dengan begitu, hal tersebut bisa membantu memperkirakan tarif pajak serta rasio anggaran belanja negara.

4. Memenuhi kebutuhan secara fisik dan jasmani

Dalam kehidupan, pastinya manusia ingin memenuhi kebutuhannya secara optimal. Salah satu fungsi kegiatan konsumsi adalah  untuk mengisi kebutuhan secara jasmani, rohani, dan fisik. Contohnya, membeli makanan dan menonton film favorit.

5. Mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa secara bertahap atau sekaligus

Dengan adanya kegiatan konsumsi, hal ini berfungsi untuk mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa, baik itu secara bertahap maupun sekaligus. Contohnya, saat membeli makanan yang harus dihabiskan langsung dan membeli motor dimana untuk mengurangi nilai gunanya dibutuhkan waktu cukup lama serta bertahap secara bertahap. 

Manfaat dan Tujuan Kegiatan Konsumsi

Pada dasarnya, kegiatan konsumsi adalah aktivitas yang bisa memunculkan dampak positif bagi para konsumen maupun p rodusen. Berikut beberapa manfaat dari kegiatan konsumsi adalah:

  • Bisa memenuhi kebutuhan konsumen sehingga dapat mempertahankan hidup
  • Kegiatan konsumsi dapat memberikan kepuasan bagi konsumen
  • Memunculkan rasa bahagia bagi konsumen
  • Perilaku konsumsi bisa membuat perekonomian menjadi lebih maju

Selain memiliki manfaat, ada juga tujuan kegiatan konsumsi. Pada dasarnya , tujuan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi tak hanya itu, tujuan lainnya adalah: 

  • Pemenuhan kebutuhan jasmani dan rohani secara optimal
  • Menghabiskan nilai guna suatu barang yang tidak bisa bertahan lama
  • Memanfaatkan nilai guna suatu barang secara bertahap
  • Mendapatkan penghargaan, harga diri, dan juga apresiasi

Contoh Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapapun. Mulai dari sektor rumah tangga, perusahaan, hingga pemerintahan. Ada banyak contoh kegiatan konsumsi di kehidupan sehari-hari.

Contoh kegiatan konsumsi dari sektor rumah tangga, misalnya seorang anak membutuhkan buku untuk menulis, ibu membutuhkan bahan dapur untuk memasak, dan ayah yang membutuhkan koran untuk membaca berita.

Selain itu, contoh kegiatan konsumsi sektor perusahaan, misalkan sebuah perusahaan yang membutuhkan beberapa bahan baku untuk industri atau pegawainya. Contoh lainnya, pembelian mesin di sebuah perusahaan juga bisa dibilang kegiatan konsumsi.

Sebagai contoh kegiatan konsumsi sektor pemerintahan sendiri, contohnya seperti membangun rumah untuk KPR dengan bunga rendah dan ditujukan bagi  para pegawai. Selain itu, membeli peralatan proyek pun termasuk kegiatan konsumsi.

Itulah penjelasan mengenai pengertian kegiatan konsumsi dan elemen-elemennya. Perlu diketahui bahwa setiap manusia pasti melakukan proses konsumsi untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, seperti makan, baju dan sebagainya. Sekian informasi ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa simak blog OCBC NISP lebih lanjut ya!

Baca juga:

●     Intip Yuk! Ini Dia 10 Tips Belanja Hemat Di Bulan Ramadhan

●     Perilaku Konsumen: Pengertian, Faktor, & Manfaat bagi Bisnis

●     Cara Membuka Rekening Efek Untuk Keperluan Investasi Anda

Referensi

  1. Kegiatan Konsumsi: Definisi, Tujuan, Contoh, dan Ciri-cirinya - Buka
  2. Kegiatan Konsumsi: Pengertian, Contoh, dan Ciri-Cirinya - Buka
  3. Pengertian Konsumsi: Fungsi, Ciri dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya - Buka
  4. Kegiatan Konsumsi: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh, dan Tujuannya - Buka

 

perlu

 

ialah

 

ganti semua tulisan ciri ciri pakai ciri-ciri ya, meskipun kw nya ga ada tanda "dash (-)", tapi implementasinya tetep sesuai bahasa indo yang bener

 

adalah

 

kegiatan produksi bisa berjalan.

 

adalah

 

adalah

 

untuk mengurangi nilai gunanya dibutuhkan waktu cukup lama serta bertahap.

 

produsen?

 

Memunculkan

 

Pada dasarnya

 

Tapi tak hanya itu, tujuan lainnya adalah:

 

bagi

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All