Related Product

Asuransi

Asuransi

Bancassurance: Pengertian, Metode, Aturan dan Manfaat

19 Apr 2022

Pernah mendengar istilah Bancassurance? Ini penjelasannya!

Bancassurance adalah suatu bentuk kerjasama antara bank dan perusahaan asuransi yang menghasilkan produk asuransi. Metode ini menawarkan kemudahan dengan menerapkan sistem autodebet rekening.

 

Sebagian dari Anda mungkin belum begitu familier dengan istilah bancassurance. Padahal, fitur ini memberikan berbagai manfaat dan kelebihan, lho! Apabila Sobat OCBC tertarik, yuk simak pembahasannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Bancassurance?

Bancassurance adalah hasil kerjasama antara bank dan pihak asuransi berupa penawaran produk asuransi bagi pengguna jasa bank tersebut. Untuk persiapan masa tua, kebutuhan asuransi harus dipersiapkan sejak dini. Oleh sebab itu, adanya bancassurance dapat mempermudah pemilihan produk asuransi bagi Sobat OCBC.

 

Dalam ilmu ekonomi, bancassurance adalah suatu program yang menguntungkan bagi pihak bank maupun pihak asuransi. Dengan penawaran konstan, pihak asuransi bisa menggaet konsumen baru. Pihak bank juga akan mendapatkan keuntungan dengan bertambahnya penjualan produk kepada nasabah.

Sejarah Bancassurance

Penerapan konsep bancassurance pertama kalinya ditemukan di Eropa. Sebelum marak pengaplikasiannya di Eropa pada awal 1990, transaksi bancassurance pertama tercatat di Belgia. Setelah itu, istilah bancassurance mulai digunakan di Perancis pada tahun 1980.

 

Pada awal penggunaannya di Eropa, tugas bancassurance adalah mendatangkan keuntungan yang signifikan. Penawaran produk asuransi melalui bank terbukti efektif dan efisien bagi para nasabah.

 

Berbeda dengan di Eropa, pengaplikasian bancassurance di Amerika Serikat tidak diperbolehkan pada awalnya. Hal tersebut dikarenakan adanya regulasi yang melarang bank bekerja sama dengan pihak penyedia jasa keuangan lain, termasuk pihak asuransi. Namun setelah peraturan tersebut dihapus, program bancassurance banyak diterapkan.

Perbedaan Bancassurance dan Asuransi Biasa

Lalu apa perbedaan bancassurance dengan asuransi biasa? Bancassurance adalah sistem penawaran produk asuransi yang dilakukan oleh pihak bank. Sedangkan untuk asuransi biasa, penjualan produk biasanya dilakukan secara langsung oleh pihak asuransi sendiri.

 

Perbedaan asuransi biasa dan bancassurance terletak pada cara pembayaran preminya. Untuk asuransi biasa, pembayaran bisa dilakukan langsung ke pihak asuransi. Sedangkan pembayaran premi dengan bancassurance adalah otomatis menggunakan autodebet sehingga tidak perlu memproses secara manual.

 

Selain cara pembayaran, bancassurance dan asuransi biasa juga memiliki cara klaim yang berbeda. Untuk program bancassurance, klaim asuransi umumnya akan dibantu oleh pihak bank. Sedangkan bagi pengguna jasa asuransi biasa, klaim biasanya dapat dilakukan langsung ke pihak asuransi.

Model Bisnis Bancassurance

Salah satu tugas bancassurance adalah melayani nasabah untuk menggunakan jasa asuransi. Dalam pengaplikasiannya, bancassurance memiliki dua model bisnis. Penawaran produk asuransi melalui model bisnis tersebut juga akan dibedakan berdasarkan kepentingannya.

 

Adapun model bisnis bancassurance adalah sebagai berikut.

1. Terintegrasi

Dengan model integrasi, pihak bank memiliki kendali penuh atas pelayanan asuransi yang Anda pilih. Pihak bank akan mengatur pembayaran premi, program asuransi pilihan, serta manajemen aset Anda. Pada umumnya, model bisnis integrasi akan ditawarkan dalam bentuk produk bundle.

2. Tidak Terintegrasi

Sebagai pihak yang bekerja sama dengan pihak asuransi, bank memiliki akses ke layanan pembayaran premi dan kebutuhan dasar asuransi lain. Akan tetapi ada beberapa jenis produk asuransi yang tidak bisa ditawarkan semata-mata oleh pihak bank. Untuk menggunakan jasa layanan asuransi tertentu, disarankan menghubungi pihak asuransi secara langsung.

Aturan Bancassurance

Penawaran dan penjualan produk asuransi sudah diatur oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 23 /POJK.05/2015. Berdasarkan POJK Bancassurance, pemasaran produk asuransi hanya bisa dilakukan apabila ada persetujuan dari pihak OJK terlebih dahulu. Dengan adanya POJK Bancassurance, transaksi penjualan asuransi terawasi di mata hukum.

Metode Kerjasama Bancassurance

Proses kerjasama antara pihak bank dan asuransi bisa dilakukan dengan beberapa metode. Adapun metode kerjasama bancassurance adalah sebagai berikut.

1. Kerjasama Distribusi

Salah satu metode kerjasama bancassurance adalah distribusi. Proses distribusi atau penjualan produk bisa langsung dilakukan antara teller dan nasabah. Selain itu, telemarketing juga merupakan cara yang sering digunakan untuk menawarkan produk asuransi bersamaan dengan penawaran produk dari bank sendiri.

2. Referensi

Metode kerjasama bancassurance melalui referensi dilakukan dengan beberapa cara. Pada waktu tertentu, pihak bank akan merekomendasikan asuransi kepada nasabah sebagai ketentuan tertentu untuk mendapatkan produk perbankan yang sedang dipromosikan.

Manfaat Bancassurance

Adanya bancassurance akan mempermudah Anda dalam memilih produk asuransi. Dengan kata lain, tugas bancassurance adalah untuk melayani nasabah menikmati jasa layanan asuransi tanpa harus turun tangan secara langsung. Oleh karena itu, manfaat bancassurance dapat dirasakan oleh pihak bank, asuransi, maupun nasabah.

 

Dalam pengaplikasiannya, manfaat bancassurance adalah sebagai berikut.

1. Bagi Bank

Pihak bank mendapatkan keuntungan dari penjualan produk asuransi yang terikat oleh kerjasama dengan pihak asuransi. Beberapa manfaat bancassurance bagi bank adalah:

  • Mendapatkan komisi dari penjualan produk asuransi
  • Meningkatkan pendapatan bank
  • Meningkatkan penjualan produk bank referensi

2. Bagi Perusahaan Asuransi

Tugas bancassurance yang utama adalah menjual produk asuransi untuk pihak asuransi. Perusahaan asuransi bekerjasama dengan pihak bank guna menawarkan produknya. Sehingga manfaat bancassurance bagi pihak asuransi adalah:

  • Meningkatkan penjualan produk asuransi
  • Memberikan kualitas layanan yang lebih baik
  • Informasi nasabah bagi penawaran produk selanjutnya

3. Bagi Nasabah

Dengan menggunakan metode integrasi oleh pihak bank, nasabah akan lebih mudah memproses klaim ke depannya. Di sisi lain, nasabah juga bisa menikmati penawaran lain melalui referensi dari produk asuransi yang ditawarkan oleh bank.

Kelebihan Metode Bancassurance

Layanan asuransi dari bancassurance bisa memberikan kemudahan akses produk asuransi bagi nasabah. Adapun beberapa kelebihan metode bancassurance adalah meliputi:

  • Membayar premi otomatis dengan autodebet
  • Mendapatkan penawaran produk referensi
  • Proses transaksi asuransi dilayani sepenuhnya oleh pihak bank

Contoh Produk Bancassurance

Sebagai bentuk kerjasama dengan Prudential, OCBC menawarkan pelayanan bancassurance untuk asuransi masa depan Anda. Berikut produk bancassurance yang OCBC tawarkan:

PRULink Syariah Care

Untuk kesejahteraan masa depan, Anda dapat menggunakan jasa asuransi Syariah Care dari Prudential. Dengan produk ini, Anda bisa mendapatkan perlindungan jiwa dan cacat total untuk peserta yang didaftar. Selain itu, produk ini juga memiliki Nilai Tunai dan Manfaat Santunan Asuransi yang bisa diklaim.

PRUCapital Protection

Untuk perlindungan 10 tahun dengan sekali bayar premi, gunakan layanan Capital Protection. Beberapa fasilitas yang ada dalam layanan ini adalah pengalihan dana, pilihan jenis dana investasi, penarikan dana, dan pembayaran Premi Top-Up Tunggal setiap waktu.

PREVINAlink Assurance Account

Agar perlindungan keluarga terjaga, Assurance Account dari Prudential bisa menjadi pilihan asuransi tepat bagi Anda. Fasilitas produk yang dapat Anda nikmati di antaranya adalah penambahan asuransi tambahan alokasi premi berkala menurut ketentuan yang berlaku.

Mortgage Reducing Term Assurance Syariah

Bagi Anda yang berusia minimal 21 tahun dan maksimal 24 tahun, pilihan asuransi berbasis syariah dari Prudential ini merupakan pilihan asuransi yang tepat. Salah satu manfaat dari asuransi ini adalah terdapat masa perlindungan peserta dan manfaat pengambilan premi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu bancassurance. Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan manfaat dari metode kerjasama bancassurance, Anda dapat mempertimbangkannya sebagai proteksi diri dan keluarga.

 

Khusus untuk Sobat OCBC yang telah melakukan pembelian produk Bancassurance - Asuransi Home Partner ONe Mobile, Anda berkesempatan mendapatkan hingga 200 poin dengan syarat dan ketentuan berlaku. Promo ini berlaku hingga 31 Maret 2022 saja, lho! Simak informasi selengkapnya di sini.

Baca juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All