Related Product

Cash Management

Cash Management

Financial Consultant: Tugas, Gaji Serta Cara Kerjanya

20 Apr 2022

Menjabarkan secara detail mengenai profesi financial consultant.

Walaupun fasilitas pendukung literasi keuangan mulai marak, baik di dunia maya maupun dalam media tradisional, financial consultant atau konsultan keuangan adalah profesi yang dapat membantu dengan lebih detail dan kontekstual mengenai isu keuangan Anda.

 

Dari perencanaan keuangan jangka panjang hingga membantu perusahaan untuk merger dan akuisisi, seorang financial consultant dapat membantu Anda merancang solusinya. Menjadi seorang financial consultant memerlukan kepiawaian dengan angka dan kepribadian yang teliti.

 

Selain merancang solusi, apa saja tugas financial consultant dan bagaimana cara kerjanya? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui selengkapnya.

Apa Itu Financial Consultant?

Financial consultant adalah profesi yang bertugas memberikan pertimbangan maupun saran, merujuk pada badan atau lembaga lain ke nasabah sebagai upaya pengelolaan keuangan yang lebih baik. Termasuk di dalam cara kerja financial consultant adalah perencanaan finansial jangka pendek, jangka panjang, serta manajemen aset dan risiko.

 

Selain itu, financial consultant memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi keuangan yang bijaksana dan ramah dalam pelayanannya.

Pendidikan dan Ilmu yang Perlu Dikuasai

Untuk menjadi financial consultant, beberapa syarat seperti pendidikan dan penguasaan ilmu profesi yang ditandai dengan sertifikasi perlu diperoleh terlebih dahulu. Adapun keahlian dalam softskills tertentu juga dapat membantu keseharian tugas profesi ini. Berikut rinciannya.

1. Lulusan Sarjana

Salah satu syarat menjadi seorang financial consultant adalah lulusan sarjana. Walaupun tidak diperlukan jurusan spesifik untuk memasuki profesi ini, sebab pengetahuan bisa dipelajari di tempat kerja, namun beberapa jurusan bisa menjadi pengantarnya, seperti keuangan, ekonomi, akuntansi, matematika, manajemen bisnis, dan statistik.

2. Mengantongi beberapa sertifikat

Menjadi financial consultant juga perlu memiliki sertifikat guna standarisasi kualitas dan menunjukkan profesionalitas konsultan. Beberapa sertifikat yang bisa diambil untuk menunjukkan kepiawaian financial consultant adalah Certified Management Accountants (CMA) dan Certified Internal Auditors (CIA).

3. Ramah dan piawai dalam berkomunikasi

Karena profesi financial consultant menawarkan jasa, maka dari itu pelayanannya haruslah ramah dan pandai dalam berkomunikasi. Mengasah kemampuan ini penting guna mendukung tugasnya sehari-hari yang berhubungan dengan aset nasabah dan memerlukan kepercayaan serta pemahaman dari klien tersebut.

 

Kemampuan berbahasa Inggris juga akan sangat membantu jika Anda ingin mengembangkan bisnis untuk menerima pelanggan dari luar negeri.

Berapa Gaji Financial Consultant?

Gaji financial consultant bergantung pada beberapa hal seperti profesionalitas, klien, dan lokasi kerja. Semakin tinggi faktor-faktor tersebut, gajinya pun tentu semakin tinggi. Sumber gaji financial consultant adalah dari pembayaran biaya konsultasi para klien. Pada awal karirnya, gaji financial consultant berada dalam kisaran 6 juta rupiah.

Apa Saja Tugas Financial Consultant?

Beberapa tugas financial consultant untuk membantu meraih solusi masalah keuangan klien adalah sebagai berikut.

1. Membantu Memetakan Tujuan Klien

Tugas financial consultant adalah menegaskan masalah keuangan milik klien dan menetapkan tujuan keuangan bersama dengan nasabah. Di sini, kemampuan komunikasi akan membantu klien untuk mendapatkan kejelasan problematika keuangan miliknya dan alternatif solusi apa saja yang bisa diraih.

2. Mengawasi Rencana Keuangan

Selain mencari akar permasalahan, tugas selanjutnya dari financial consultant adalah memantau praktik rencana keuangan yang dibentuk bersama nasabah di dunia nyata. Tak hanya konsultan keuangan saja, melainkan klien juga perlu memantau pemasukan dan pengeluaran selama bekerja sama dengan financial consultant.

3. Mengelola dengan Tepat Keuangan Nasabah

Termasuk tugas financial consultant adalah memberikan solusi agar tujuan klien dapat tercapai. Selain itu, mereka juga bertugas menentukan cara mengatur keuangan yang tepat dengan penghasilan klien, bagaimana cara mengalokasikan keuangan, mengatur gaya hidup, dan sebagainya.

Tanda-Tanda Anda Memerlukan Financial Consultant

Apa tandanya Anda butuh menyewa jasa financial consultant? Berikut beberapa checklist yang bisa ditandai untuk memutuskan apakah Anda perlu pendampingan konsultan keuangan atau tidak.

1. Membutuhkan Saran Keuangan

Jika Anda memerlukan saran mengelola keuangan yang kompleks seperti pengelolaan aset properti, pelunasan utang dan membayar pajak, maka bantuan dari financial consultant adalah hal yang bisa jadi sangat membantu.

 

Kejadian-kejadian yang berpotensi mengubah hidup Anda seperti menikah atau memiliki anak juga bisa dikonsultasikan untuk mengelola keuangan pada fase-fase tersebut.

2. Anda Ingin Memulai Berinvestasi untuk Jangka Panjang

Investasi kecil-kecilan bisa dilakukan dengan bantuan platform investasi online dan belajar secara mandiri. Namun, apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mempelajarinya atau punya modal dengan jumlah besar, financial consultant adalah orang yang dapat membantu  mengalokasikan modal investasi milik Anda di instrumen yang tepat.

3. Memerlukan Bantuan Mengatur Aset-Aset Pribadi

Tanda lain Anda memerlukan jasa financial consultant adalah apabila Anda butuh bantuannya untuk mengatur aset-aset pribadi yang kompleks seperti bisnis pribadi, bangunan, rumah, dan lain sebagainya. Hal ini pun termasuk tugas financial consultant di perusahaan asuransi.

 

Demikian pembahasan mengenai profesi dan jasa financial consultant. Perhatikan untuk memahami bidang keahlian dan sertifikasi financial consultant tersebut supaya Anda mendapatkan bantuan terbaik untuk isu yang ingin sobat OCBC NISP konsultasikan, ya!

 

Jangan lupa tetap pantau blog OCBC NISP untuk mendapatkan pengetahuan bermanfaat seputar keuangan.

Baca juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All