Tbk Adalah: Karakteristik, Cara, Keuntungan & Kekurangan

21 Apr 2022

Tbk adalah sebuah perusahaan yang status kepemilikan sahamnya bersifat terbuka.

Apakah Sobat OCBC pernah mendengar istilah Tbk? Istilah ini biasanya dapat Anda temui pada akhiran nama sebuah perusahaan. Dalam konteks perusahaan, Tbk adalah singkatan dari kata terbuka, atau juga bisa diartikan publik.

 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Tbk adalah istilah yang digunakan oleh sebuah perusahaan dimana status kepemilikan saham bersifat terbuka atau publik. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari perusahaan model ini? Berikut OCBC rangkum penjelasan lengkap mengenai apa itu Tbk pada artikel berikut.

Apa Itu Tbk?

Perusahaan Tbk adalah singkatan dari kata terbuka yang berarti bahwa perusahaan bersangkutan merupakan perusahaan publik dan menerima modal sebanyak-banyaknya dari siapapun.

 

Secara umum, perusahaan Tbk adalah perseroan terbatas (PT) dimana sahamnya dimiliki oleh minimal 300 pemegang saham dan mempunyai modal minimal 3 miliar rupiah, sebagaimana diatur oleh pemerintah pusat.

 

Dapat disimpulkan bahwa perusahaan Tbk adalah perusahaan yang memiliki kemampuan untuk menjual saham dan obligasinya kepada masyarakat untuk memperoleh modal dalam bentuk uang tunai. Modal tersebut kemudian akan dialokasikan guna melakukan kegiatan ekspansi usaha atau proyek lain yang dianggap menguntungkan bagi perusahaan.

Karakteristik Perusahaan Tbk

Perusahaan Tbk adalah perusahaan yang dipimpin oleh direktur atau direksi dan memiliki tugas untuk menetapkan keputusan-keputusan, peraturan terkait pekerjaan, dan peraturan terkait lingkungan kerja.

 

Selain beberapa karakteristik yang cukup menonjol, ada beberapa karakteristik khusus yang hanya dimiliki oleh perusahaan Tbk di Indonesia. Berikut penjelasannya.

1. Menawarkan dividen pada investor

Ciri pertama perusahaan Tbk adalah menawarkan dividen kepada investor. Dividen adalah keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Namun terkadang bentuk keuntungan ini digunakan untuk menambah modal usaha atau memperluas kegiatan usaha, sehingga tidak dapat dikonversikan menjadi uang tunai.

2. Memiliki tujuan yang jelas

Sangat penting untuk mendefinisikan tujuan bisnis dengan jelas, sehingga setiap titik dalam tujuan perusahaan dapat tercapai dengan manfaat signifikan. Sebagai perusahaan Tbk, perusahaan juga harus memiliki tujuan jelas mengenai apa yang perlu diraih untuk seluruh komponen perusahaan termasuk investor.

3. Investor tidak bertanggung jawab atas operasional

Adapun karakteristik lainnya dari perusahaan Tbk adalah investor atau pemegang saham tidak bertanggung jawab atas operasional perusahaan. Sejauh mana kelalaian yang terjadi di perusahaan bukan merupakan tanggung jawab investor atau pemegang saham.

4. Keputusan ditentukan oleh RUPS

Pada perusahaan Tbk, sistem pengambilan keputusannya melalui Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS. Biasanya, pertemuan ini diadakan untuk menentukan siklus modal dan banyak faktor penting lainnya untuk mengelola operasi bisnis.

5. Tidak mendapat fasilitas dari negara

Karakteristik terakhir dari perusahaan Tbk adalah tidak mendapatkan fasilitas dari negara karena perusahaan Tbk tidak dikelola oleh pemerintah, sehingga mereka bertanggung jawab sendiri atas semua kepentingan operasi usaha. Umumnya perusahaan Tbk di Indonesia akan membeli persediaan atau kebutuhan lainnya menggunakan modal perusahaan.

Keuntungan dan Kekurangan Menjadi Perusahaan Tbk

Meskipun sebuah perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan dari menjadi perusahaan Tbk, tetapi beberapa mengalami kerugian atau risiko tertentu. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menempatkan bisnis di bursa, Anda harus mengetahui keuntungan dan kekurangan perusahaan Tbk di bawah ini.

Keuntungan Perusahaan Tbk

Keuntungan utama menjadi perusahaan Tbk adalah menjadi peluang besar untuk mengembangkan skala perusahaan. Selain itu, perusahaan Tbk juga akan mendapat keuntungan berupa fasilitas intensif pajak penghasilan atau PPh dari pemerintah, sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2015.

 

Selain itu, keuntungan lain yang bisa perusahaan dapatkan ketika menjadi perusahaan Tbk adalah kemudahannya dalam melakukan diversifikasi bisnis guna mengurangi risiko. Sebab, sebagai perusahaan Tbk Anda bisa dengan mudah melakukan merger atau negosiasi dengan perusahaan lainnya melalui saham.

 

Selanjutnya, keuntungan perusahaan Tbk bagi karyawan adalah meningkatkan likuiditas dan kemungkinan para pekerja di perusahaan menikmati hasil pencapaian mereka. Karena semakin banyaknya investor, semakin banyak pula modal yang didapatkan oleh perusahaan. Terakhir, keuntungan menjadi perusahaan Tbk adalah meningkatkan potensi pasar perusahaan.

Kekurangan atau risiko Perusahaan Tbk

Kekurangan perusahaan Tbk adalah keterbukaan dalam mengambil keputusan dan informasi seputar perusahaan. Sebab, berbagai informasi seputar pengembangan perusahaan harus dibagi kepada seluruh pemegang saham.

 

Selanjutnya adalah risiko delisting atau penghapusan nama perusahaan dari papan penjualan. Namun, risiko ini bisa dihindari selama Anda tidak melakukan tindakan-tindakan curang yang dapat mempengaruhi pergerakan saham perusahaan.

Cara Menjadi Perusahaan Tbk

Nah, bagi Anda yang ingin memperoleh modal tambahan dengan menjadikan perusahaan Anda sebagai perusahaan terbuka, berikut adalah cara paling efektif yang dapat Anda lakukan.

 

Pertama-tama, Anda perlu memilih perusahaan dengan sekuritas terbaik, dimana perusahaan tersebut nantinya akan berfungsi sebagai penjamin emisi efek (underwriter). Selanjutnya, perusahaan sekuritas lah yang akan mengarahkan perusahaan Anda dalam melakukan IPO sebagai salah satu upaya pemenuhan syarat perusahaan Tbk.

 

Itulah penjelasan dari OCBC mengenai apa itu Tbk. Secara sederhana, Tbk adalah perusahaan terbuka yang biasa menjual saham ke publik melalui mekanisme yang telah ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia.

 

Perlu Anda ketahui bahwa OCBC juga merupakan salah satu contoh perusahaan Tbk di Indonesia. Sehingga, bagi Anda yang tertarik untuk membeli saham kami, Anda dapat membelinya melalui Bursa Efek Indonesia. Simak lebih lanjut berbagai tips mengelola keuangan perusahaan hanya di OCBC NISP!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB

Download ONe Mobile