Mau Kurban Online via ONe Mobile? Berikut Penjelasannya

19 Jun 2022

Bersamaan dengan hari raya Idul Adha yang akan datang sebentar lagi, seluruh umat Muslim pasti sedang sibuk mempersiapkan hewan kurban yang akan dipilih.

Hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar yang dirayakan umat muslim setiap tahunnya. Tepatnya jatuh di tangal 10 Zulhijah dan diikuti hari tasyrik pada tanggal 11, 12, dan 13 pada penanggalan Islam. Pada hari tersebut, sangat dianjurkan bagi setiap umat Muslim melakukan ibadah kurban, yaitu dengan menyembelih seekor hewan kurban yang ditentukan, sesuai syariat Islam. Kemudian, daging hasil kurban akan dibagi-bagi kepada keluarga dan kerabat serta masyarakat sekitar untuk dinikmati bersama-sama. Menunjukkan bahwa momen hari raya Idul Adha dipenuhi dengan suka cita dan menjunjung kesejahteraan manusia.

 

Bersamaan dengan hari raya Idul Adha yang akan datang sebentar lagi, seluruh umat Muslim pasti sedang sibuk mempersiapkan hewan kurban yang akan dipilih. Biar lebih afdol dalam menjalankan ibadah kurbannya, yuk simak dulu ulasan di bawah tentang makna sebenarnya, tujuan, serta hukum dari melaksanakan kurban.

 

Apa itu Kurban?

 

Kurban adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan dengan menyembelih hewan ternak dengan syariat agama Islam. Makna kata kurban sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu Qurban yang artinya mendekatkan. Kata lainnya adalah Udhhiyah atau Dhahiyyah yang secara harfiah berarti hewan sembelihan.

 

Perintah kurban diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS. Melalui mimpi Allah SWT menyampaikan bahwa Nabi Ibrahim harus menyembelih putranya yaitu Ismail. Sebagai bukti keimanannya, Nabi Ibrahim pun dengan ikhlas mengikuti perintah yang diberikan. Akan tetapi, ketika Ismail mulai dibaringkan untuk menjalankan proses penyembelihan, Allah SWT menggantinya dengan seekor domba. Peristiwa itu terjadi akibat keikhlasan Nabi Ibrahim dan ketaatannya sebagai hamba Allah SWT. Sejak saat itu, perintah berkurban diberikan kepada seluruh umat Islam.

 

Tujuan Kurban

 

Berdasarkan peristiwa yang dilalui oleh Nabi Ibrahim AS, menunjukkan bahwa berkurban adalah ibadah yang menandakan ketaatan dan rasa syukur manusia kepada Allah SWT. Selain itu, berkurban juga melambangkan nilai-nilai keikhlasan, pengorbanan, serta perwujudan dari apa yang disebut habluminallah yaitu hubungan interpersonal manusia dengan Tuhan dan habluminanas yaitu hubungan antar sesama manusia.

 

Hukum Kurban

 

Kemudian, bagaimana dengan hukum kurban itu sendiri? Menurut kesapakatan para ulama, kurban adalah ibadah yang bersifat sangat dianjurkan atau sunnah muakad. Terlebih bagi umat Muslim yang memiliki kemampuan dan akses yang mudah dalam membeli hewan ternak. Lalu kepada siapa hak menerima hasil kurban diberikan? Menurut penuturan ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh, terdapat tiga kelompok utama sebagai penerima kurban. Diantaranya:

  1. Orang yang berkurban dan keluarganya
  2. Kerabat teman dan tetangga sekitar
  3. Orang fakir dan miskin

 

Tata Cara Berkurban

 

Sebelum melaksanakan kurban, sebaiknya mengetahui dulu bagaimana tata cara kurban mulai dari rukun sah kurban, syarat sah hewan kurban, dan cara penyembelihan hewan.

 

Rukun Sah Kurban:

  1. Pekerjaan menyembelih kurban atau dzabbu
  2. Penyembelih hewan kurban atau dzabih
  3. Hewan yang akan disembelih
  4. Alat untuk menyembelih qurban

 

Syarat Sah Hewan Kurban:

  1. Usia hewan kurban. Kambing hanya boleh usia di atas 1 hingga 2 tahun. Domba hanya boleh usia di atas 6 hingga 12 bulan. Sapi hanya boleh usia di atas 2 hingga 3 tahun. Unta hanya boleh usia di atas 5 hingga 6 tahun. Jika usia hewan yang akan dikurbankan kurang atau melebihi, maka tidak sah jika digunakan untuk kurban.
  2. Kondisi hewan secara fisik. Harus sehat, tidak cacat fisik, dan tidak sedang hamil.
  3. Status kepemilikan hewan. Tidak sah kurbannya apabila hewan yang dikurbankan adalah hasil curian atau dalam sengketa dengan orang lain.
  4. Hewan ternak yang dibolehkan untuk berkurban hanya kambing untuk 1 orang, domba untuk 1 orang, sapi untuk 7 orang, dan unta untuk 10 orang.

 

Cara Menyembelih Hewan:

  1. Membaca bismillah dan shalawat nabi
  2. Menghadap kiblat bagi hewan dan orang yang menyembelih
  3. Membaca takbir 3 kali bersama-sama
  4. Berdoa agar kurbannya diterima Allah SWT

 

 

Berkurban Mudah dengan Aplikasi ONe Mobile

 

Setelah membaca penjelasan mengenai kurban, pasti Sobat OCBC jadi lebih paham, bukan? Tapi sekarang jadi bingung karena hari lebaran semakin dekat tapi belum sempat beli hewan kurban?

 

Tenang aja, Sobat OCBC! Kini berkurban bisa dilakukan dengan mudah dan praktis hanya lewat genggaman tanganmu. Melalui aplikasi ONe Mobile, kamu bisa melakukan transaksi untuk pembayaran kurban hanya dengan sekali klik. OCBC NISP hadir untuk memudahkan kebutuhan umat Muslim dalam menyediakan pembayaran kurban online bekerja sama dengan Rumah Zakat.

 

4 Langkah Mudah Bayar Kurban di ONe Mobile:

  1. Buka aplikasi ONe Mobile
  2. Pilih menu ‘Pembayaran & Pembelian’ dan Klik ‘Rumah Zakat’
  3. Pilih kategori kurban yang diinginkan lalu masukkan ‘Nomor Telepon’
  4. Konfirmasi dengan PIN transaksi, selesai!.

 

Sekarang, nggak perlu khawatir lagi untuk bayar kurban. Dengan aplikasi ONe Mobile, kamu bisa melakukan apa saja!

 

Yuk segera download ONe Mobile di App Store dan Play Store sekarang!

 

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB
Syariah - Asuransi

Syariah - Asuransi

Kelola keuangan lebih nyaman dengan prinsip Syariah
ONe Mobile
ONe Mobile

ONe Mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama ONe Mobile yang baru.

Download ONe Mobile