7 Cara Cek dan Melaporkan Rekening Penipuan Online

14 Jun 2022

Berbagai langkah cara cek dan melaporkan rekening penipuan.

Penipuan marak dilakukan sampai sekarang. Banyaknya layanan pembayaran dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk menipu. Selain melakukan transaksi aman lewat layanan terpercaya, sebaiknya ketahui juga cara lapor penipuan. Saat ini tersedia banyak cara melaporkan rekening penipuan, baik secara online maupun langsung kepada lembaga terkait.

 

Nah, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara melaporkan penipuan online? Jika belum, sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab dalam kesempatan berikut, telah OCBC rangkum secara lengkap bagaimana cara melaporkan penipuan online agar uang kembali. Tanpa berlama-lama, yuk simak ulasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Cara Cek Rekening Penipu

Beberapa situs berikut ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengecek informasi penggunaan nomor rekening yang dianggap telah melakukan penipuan. Di antaranya yaitu:

1. Lapor.go.id

Cara cek rekening penipu pertama adalah melalui lapor.go.id. Situs ini merupakan situs Kepolisian Republik Indonesia yang menyediakan layanan untuk melaporkan kasus kriminal. Tidak hanya kasus kriminal berbasis penipuan rekening saja, namun Anda bisa melaporkan berbagai kasus kriminal lainnya.

2. Cekrekening.id

Cekrekening.id adalah situs buatan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia yang juga termasuk sebagai salah satu cara melaporkan rekening penipuan. Situs ini memang ditujukan untuk laporan kasus penipuan secara online. Sehingga, Anda pun dapat mengaksesnya dengan lebih mudah melalui smartphone atau PC.

 

Nantinya, Anda dapat menggunakan informasi tersebut sebagai barang bukti guna memproses lebih lanjut kasus penipuan yang Anda alami.

3. Kredibel.co.id

Kemudian cara cek rekening penipuan selanjutnya adalah melalui kredibel.co.id. Perlu diketahui, Kredibel.co.id sendiri adalah salah satu aplikasi pengidentifikasian apakah orang tersebut berpotensi melakukan penipuan atau tidak.

 

Hampir sama seperti cara melaporkan rekening penipuan sebelumnya, dalam situs ini Anda juga bisa melihat rekam jejak dari nomor rekening pelaku berdasarkan ulasan dan laporan dari masyarakat. Selain itu, Anda juga dapat melihat kredibilitas nomor telepon yang sering menjadi media penipuan daring.

Cara Melaporkan Rekening Penipuan

Pesatnya perkembangan teknologi membuat cara melaporkan rekening penipuan pun semakin beragam. Mulai dari secara manual atau datang langsung ke lembaga yang menangani kasus penipuan, Anda juga bisa menggunakan cara berbasis internet yang pastinya akan jauh lebih praktis dan sangat memudahkan mobilitas Anda.

 

Nah bagi Anda yang masih penasaran bagaimana cara melaporkan rekening penipuan secara manual maupun online, berikut penjelasan detailnya.

1. Cekrekening.id

Situs ini siap membantu Anda melacak nomor rekening yang digunakan oleh pelaku dalam aksi penipuannya, terutama penipuan online. Tak hanya itu, situs ini juga memberikan layanan berupa kumpulan informasi mengenai pelaku, mulai dari nama, hingga rekaman transaksi pelaku penipuan.

 

Berikut cara melaporkan rekening penipuan melalui cekrekening.id

1. Kunjungi https://cekrekening.id/

2. Pilih menu ‘Laporkan Rekening’ pada bagian bawah

3. Jawab seluruh pertanyaan pada form ‘Buat Laporan’. Anda akan diminta untuk mengisi informasi seputar laporan, diantaranya nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, kategori (jenis transaksi yang dilakukan), jumlah kerugian, media transaksi, dan kronologi.

4. Lampirkan bukti penipuan, misalnya berupa tangkapan layar atau rekaman percakapan dengan penipu.

5. Pilih opsi submit.

6. Nantinya, laporan Anda akan diverifikasi oleh tim cekrekening.id

2. Lapor.go.id

Cara melaporkan rekening penipuan melalui lapor.go.id adalah sebagai berikut.

1. Pilih opsi ‘Pengaduan’

2. Tulis judul dari laporan

3. Tuliskan secara lengkap dan mendetail penipuan yang Anda alami, mulai dari nama pelaku penipuan, jumlah kerugian, dan keterangan pelengkap lainnya.

4. Pilih lokasi dan tanggal kejadian

5. Pilih tujuan dari laporan, misal ke kementerian atau pemerintah provinsi.

6. Klik ‘Tindak Pidana’ pada kategori ‘situasi khusus’

7. Upload lampiran atau bukti tambahan yang Anda punya dengan ukuran maksimal 2 MB.

3. Lapor langsung ke polisi

Selain dua cara diatas, Anda juga bisa menggunakan cara melaporkan rekening penipuan melalui polisi. Cukup datangi kantor polisi terdekat kemudian menceritakan kronologi penipuan yang Anda alami. Di samping itu, jangan lupa juga untuk menyertakan barang-barang bukti pendukung laporan.

4. Lapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cara melaporkan rekening penipuan terakhir adalah melalui Otoritas Jasa Keuangan atau biasa disingkat OJK. Kini, OJK memberi layanan pengaduan bagi masyarakat yang merasa rekening perbankan mereka terkena modus penipuan.

 

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan pengaduan tersebut, Anda dapat menghubungi nomor 1-500-655 atau bisa juga mengajukan laporan penipuan dengan email melalui konsumen@ojk.go.id. Nantinya, nomor rekening yang dikirimkan ke OJK akan jadi barang bukti untuk menindaklanjuti pelaku penipuan.

 

Demikian penjelasan OCBC tentang bagaimana cara melaporkan penipuan online agar uang kembali melalui berbagai layanan yang tersedia. Sebagai langkah pencegahan Anda dan orang sekitar dari terkena penipuan, pastikan untuk selalu menggunakan layanan pembayaran yang aman dan terpercaya seperti OCBC NISP.

 

Semoga artikel mengenai cara melaporkan rekening ini bermanfaat dan selalu bersikap waspada setiap melakukan transaksi, terutama bila secara online. Sampai jumpa!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB

Download ONe Mobile