Surat Penawaran Adalah: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

14 Jun 2022

Pelajari pengertian dan contoh surat penawaran berikut ini.

Surat penawaran adalah surat yang mempermudah penjual untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Surat penawaran juga mempermudah konsumen mendapatkan informasi tentang produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, surat ini dibuat untuk kelancaran proses jual beli dengan menuliskan secara rinci mengenai barang yang akan dijual.

 

Masalah bisnis pada perusahaan memang sangat kuat hubungannya dengan surat-menyurat. Proses penawaran barang atau jasa dalam dunia bisnis perlu dilakukan terus menerus untuk menjaga kekonsistenan arus penjualan. Berikut OCBC bawakan Anda penjelasan dan contoh surat penawaran. Simak selengkapnya!

Pengertian Surat Penawaran

Ada beberapa pengertian surat penawaran yang disebutkan beberapa ahli. Menurut A. Fauzi dalam buku berjudul Mail Merge: Solusi Praktis untuk Surat-Surat Bisnis (2007), pengertian surat penawaran adalah surat yang berisi tentang informasi produk baik berupa barang atau jasa. Jenis surat ini juga bisa disebut sebagai offering letter.

Menurut JS. Kamdhi dalam buku Terampil Berekspresi mengatakan isi dalam surat penawaran adalah surat permintaan, iklan, ataupun relasi. Tujuan dikirimnya surat penawaran yaitu untuk menarik minat pembeli terhadap produk-produk perusahaan.

Mengutip buku Korespondensi (2018), peranan surat penawaran sangat penting dalam dunia bisnis karena keberhasilan perusahaan juga bergantung pada hal ini. Sebab, penawaran yang diberikan kepada konsumen akan menentukan apakah konsumen tersebut tertarik pada produk lalu membeli atau tidak.

Kondisi yang memungkinkan dikirimnya surat penawaran adalah ketika sebuah perusahaan mengirim surat permintaan penawaran sebelumnya. Surat penawaran adalah balasan dari surat tersebut, dengan penambahan keterangan dan iklan produk yang ditawarkan.

Fungsi Surat Penawaran

Fungsi surat penawaran adalah untuk memperkenalkan produk ke pihak yang sudah ditargetkan dan kepada publik. Selain itu, surat ini juga berfungsi untuk meningkatkan pemasaran produk sehingga peluang produk perusahaan dikenal luas di publik lebih besar.

Fungsi surat penawaran adalah untuk memperkenalkan produk ke pihak yang sudah ditargetkan dan kepada publik. Selain itu, ada beberapa fungsi lainnya. Yuk simak!

1. Agar penerima surat dapat mempelajari produk yang ditawarkan dan pada akhirnya tertarik untuk membeli.

2. Sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan suatu produk agar pihak lain tertarik membeli.

3. Untuk menjangkau calon-calon konsumen yang berpotensi membeli.

4. Untuk membantu memperluas jangkauan konsumen.

5. Sebagai sarana untuk menjaga relasi dengan konsumen setia.

Unsur-unsur Surat Penawaran

Bagi karyawan yang memegang keuangan atau perekrutan, penting untuk mengetahui unsur unsur surat penawaran. Unsur-unsur surat penawaran adalah sebagai berikut.

1. Kop surat perusahaan, pastikan terdapat informasi alamat, nomor telepon, alamat email milik perusahaan. Bisa tambahkan website perusahaan jika ada.

2. Nama kota dan tanggal penerbitan atau perilisan surat

3. Nomor surat dan urutan nomor surat keluar dari perusahaan

4. Lampiran, bisa berisi detail produk dan promo jika ada

5. Perihal, isi inti dari surat

6. Tujuan, yakni pihak atau perusahaan yang dituju

7. Salam pembuka, sapaan pembuka seperti dalam surat resmi lainnya

8. Isi surat, yakni inti dari penawaran yang diberikan

9. Salam penutup, berisi penutup dan harapan pihak atau perusahaan akan merespon surat tersebut

10. Nama dan tanda tangan, dari pimpinan perusahaan atau pejabat yang ditunjuk

11. Stempel, pastikan dicap di area tanda tangan

Struktur Surat Penawaran

Mengetahui unsur-unsur surat penawaran saja tidak cukup, Anda juga harus memperhatikan struktur surat penawaran ketika membuatnya. Secara garis besar, penyampaian penawaran terbagi dalam tiga paragraf. Namun, hal ini tidak rigid dan bisa mengikuti kepentingan perusahaan.

Dalam paragraf pertama, informasi yang termuat yaitu identitas produk, kualitas, harga, dan informasi lain yang berkaitan. Jika tujuan surat penawaran adalah untuk merespon surat permintaan penawaran sebelumnya, sebutkan hal tersebut.

Dalam paragraf kedua, informasi yang termuat berupa cara pembayaran, cara pengepakan, hingga cara pengiriman barang. Sebutkan potongan harga jika ada. Sedangkan, pada paragraf ketiga, isilah dengan harapan dan ucapan terima kasih kepada calon konsumen yang dituju. Hal yang penting diperhatikan ketika membuat surat penawaran adalah penggunaan bahasa yang sopan dan diksi yang tepat.

Perhatikan juga untuk menggunakan bahasa sopan dan diksi yang tepat.

Contoh Surat Penawaran

Perusahaan dapat membuat surat penawaran untuk menawarkan produk atau jasanya. Berikut contoh surat penawaran barang yang bisa diikuti.

PT PELURU KAIN BERJAYA

Supplier Berbagai Jenis Kain

Jl. Kesejahteraan 45, Malang

Telp. 023-140713, Email : contact@pelurukain.com

 

Malang, 30 Januari  2022

 

Nomor             : 10/BGTS/SN/XII/2022

Lampiran         : 1 Berkas

Perihal            : Penawaran Barang

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT. TENTARA GARMENT

Jl. Jend. Sudirman 145 Malang

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini izinkan kami, perusahaan pemasok kain untuk industri garmen atau apparel, untuk memberikan penawaran barang. Keunggulan kami adalah harga yang terjangkau namun kualitas terbaik.

Bersama surat ini kami lampirkan dokumen pendukung yang diperlukan untuk pertimbangan kerjasama serta promo yang sedang berlangsung saat ini. Kami terbuka pada berbagai macam metode pembayaran dan pengiriman. Hal-hal yang berkaitan dengan penawaran bisa didiskusikan di kemudian hari.

Demikian surat penawaran ini disampaikan. Untuk perhatian saudara kami ucapkan terima kasih banyak. Besar harapan kami dapat bekerja sama dengan saudara.

Hormat kami

Harry Kang

 

Anda dapat melihat unsur-unsur surat penawaran dalam contoh surat penawaran barang di atas. Yang menjadi pembeda dalam pembuatan penawaran yaitu tujuan penawaran yang termuat dalam perihal dan isi suratnya.

Misalnya, dalam pembuatan surat penawaran harga, Anda harus memberikan penawaran harga dengan jelas. Ikuti contoh surat penawaran harga bagian isi berikut:

Melalui surat ini izinkan kami, perusahaan pemasok kain untuk industri garmen atau apparel, untuk memberikan penawaran harga kain.

Bersama surat ini kami lampirkan daftar harga kain dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk pertimbangan kerjasama. Kami juga memberikan promo berupa biaya pengiriman yang akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan kami.

Demikian surat penawaran harga ini disampaikan. Untuk perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih banyak. Besar harapan kami dapat bekerja sama dengan saudara.

Selain dua jenis surat di atas, ada pula contoh surat penawaran kerjasama yang biasa dibuat oleh sebuah perusahaan. Surat ini berisi penawaran kerjasama yang bisa dilakukan oleh kedua belah pihak. Dalam jenis surat ini harus disebutkan siapa saja yang terlibat dalam kerjasama.

Demikian penjelasan dari OCBC mengenai surat penawaran yang perlu Anda ketahui sebagai pelaku bisnis. Tentunya hal ini merupakan pengetahuan yang wajib Anda miliki agar keberlangsungan usaha Anda tetap berjalan. Temukan informasi lainnya seputar bisnis di OCBC NISP!

 

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Cash Management

Cash Management

Solutions to effectively and efficiently manage your business
Trade Finance

Trade Finance

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman

Download ONe Mobile