Perdagangan Internasional: Pengertian, Faktor dan Manfaatnya

14 Jun 2022

Apa itu perdagangan internasional? Pahami tentangnya di sini.

Perdagangan internasional adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan pihak di negara lain. Mulai dari antar negara sampai perusahaan multinasional, serta terdiri dari kegiatan ekspor dan impor. Perdagangan internasional atau international trade diperlukan oleh tiap negara untuk keuntungannya masing-masing.

 

Lantas, apa pengertian dari perdagangan internasional? serta apa saja manfaat dan hambatan perdagangan internasional? Berikut OCBC sajikan pembahasan tentang perdagangan internasional, dari pengertian sampai contohnya. Simak selengkapnya.

Pengertian Perdagangan Internasional

International trade atau biasa disebut perdagangan internasional adalah aktivitas dagang yang dilakukan oleh antar satu negara dengan negara lainnya. Wahono Diphayana mengatakan bahwa perdagangan internasional adalah transaksi bisnis yang melibatkan lebih dari satu negara.

 

Kebijakan perdagangan internasional memiliki manfaat serta dampak terhadap ekonomi, sosial, dan politik suatu negara. Salah satu contoh manfaat perdagangan internasional adalah meningkatkan GDP atau Gross Domestic Product suatu negara.

 

Berdasarkan negara partisipasinya, perdagangan internasional dibagi menjadi 3 jenis, yaitu perdagangan internasional bilateral, perdagangan internasional regional, dan perdagangan internasional multilateral. Sedangkan dari bentuknya, contoh perdagangan internasional adalah impor ekspor, package deal, konsinyasi, border crossing dan sebagainya.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional dapat terjadi karena berbagai penyebab. Seringkali tiap-tiap negara memiliki faktor penyebab yang berbeda. Penjelasan mengenai faktor pendorong perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

1. Perbedaan keadaan alam dan sumber daya manusia

Pertama, faktor pendorong perdagangan internasional adalah sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berbeda pada setiap negara.

 

Seperti yang kita ketahui, setiap negara mempunyai sumber daya alamnya masing-masing dan biasanya dipengaruhi oleh letak geografis dari negara itu sendiri. Adanya ketersediaan dan kekurangan sumber daya alam inilah yang membuat negara-negara memberlakukan sistem perdagangan internasional.

 

Tidak hanya ketersediaan sumber daya alam saja yang dapat menjadi faktor pendorong perdagangan internasional, tapi juga sumber daya manusianya. Kemampuan atau jasa dari sumber daya manusia yang berbeda pada tiap-tiap negara juga menjadi penyebab suatu negara memberlakukan sistem perdagangan internasional.

2. Kebutuhan dan ketertarikan

Faktor pendorong perdagangan internasional selanjutnya yaitu kebutuhan dan ketertarikan dari negara itu sendiri. Apabila suatu negara tidak mampu menyediakan kebutuhan para penduduknya, negara tersebut dapat memanfaatkan kebijakan perdagangan internasional untuk menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh para penduduknya.

 

Selain kebutuhan penduduk, hal lain yang juga menjadi faktor pendorong perdagangan internasional adalah kebutuhan untuk perluasan target pasar. Sebagai seorang produsen, melakukan perluasan target usaha dapat menjadi salah satu alternatif apabila terjadi penumpukan barang produksi di dalam negeri.

Manfaat Perdagangan Internasional

Kebijakan perdagangan internasional ternyata juga dapat memberikan beragam manfaat bagi negara yang menerapkannya. Salah satu manfaat perdagangan internasional adalah berperan penting pada pertumbuhan PDB suatu negara.

 

Manfaat lain yang bisa didapat dari adanya perdagangan internasional adalah membuka kesempatan bagi suatu negara agar bisa memanfaatkan sumber daya negara lain secara proporsional.

 

Selain kedua poin di atas, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat melalui penerapan kebijakan ini. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

1. Membangun kerja sama antar negara

Dampak positif perdagangan internasional adalah salah satu sarana pembentuk relasi kerjasama antara negara satu dengan negara lainnya. Melalui hubungan perdagangan yang baik, tidak menutup kemungkinan negara-negara tersebut akan bekerjasama pada bidang lainnya seperti politik, pendidikan, militer, dan juga teknologi.

2. Efisiensi produksi dan spesialisasi kerja

Selanjutnya, manfaat perdagangan internasional adalah menjadikan negara memiliki spesialisasi dalam salah satu sektor ekonomi. Artinya, negara maupun masyarakat akan mempunyai keahlian khusus dan berbeda dengan negara-negara lain dalam menghasilkan suatu produk atau jasa.

3. Transfer ilmu pengetahuan dan teknologi

Dampak positif perdagangan internasional adalah alat mobilisasi IPTEK dari negara-negara maju ke negara berkembang. Adanya kebijakan perdagangan internasional memungkinkan suatu negara mengekspor barang berbasis teknologi seperti mesin atau alat modern ke negara yang masih memiliki keterbatasan pengetahuan akan teknologi tersebut.

Dampak Negatif Perdagangan Internasional

Walaupun memiliki beragam manfaat dan keuntungan, kebijakan perdagangan internasional ternyata juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. Penjelasan mengenai dampak negatif perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

1. Menurunnya produksi dalam negeri

Hambatan perdagangan internasional ada pada persaingan antara industri dalam negeri dengan industri luar negeri. Terutama apabila produk dalam negeri memiliki harga yang cenderung lebih mahal dan masih kalah nama dibandingkan dengan produk dari luar negeri. Sedikitnya jumlah permintaan akan berpengaruh pada tingkat produksi barang itu sendiri.

2. UMKM kesulitan bersaing

Dampak negatif perdagangan internasional adalah sulitnya UMKM untuk dapat bersaing di pasar. Keterbatasan modal seringkali menjadi masalah utama bagi para pemilik industri kecil. Dengan adanya aktivitas perdagangan internasional akan berpotensi memperkecil ruang berkembang industri kecil.

3. Ketergantungan terhadap negara lain

Dari sisi pemenuhan kebutuhan, negara berkembang biasanya memiliki tingkat ketergantungan yang cukup tinggi pada negara-negara produsen atau negara dengan teknologi industri maju. Seperti yang diketahui, produksi barang elektronik dan otomotif sampai sekarang masih dikuasai oleh negara-negara maju, dan negara berkembang selalu menjadi konsumen saja.

 

Demikian pembahasan mengenai perdagangan internasional yang berhasil OCBC rangkum dari berbagai sumber. Kemudahan transaksi barang dan jasa telah membawa negara dunia menjadi interdependen satu sama lain, dan memenuhi kebutuhannya melalui perdagangan. Anda dapat membaca pembahasan lain seputar perekonomian di laman artikel OCBC berikut.

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB

Download ONe Mobile