Kenali RTI Business, Pengertian, Keuntungan, dan Cara Pakai

14 Jun 2022

RTI Business adalah aplikasi yang berfokus pada jual beli saham dan investasi.

Apakah Sobat OCBC sudah mengenal istilah RTI Business? RTI Business adalah salah satu aplikasi yang berfokus pada jual beli saham dan investasi. Aplikasi ini menjanjikan kemudahan dalam pengecekan trend harga saham secara real time. Tentu saja dengan adanya aplikasi ini, Anda akan semakin mudah dalam melakukan analisis data dan informasi seputar saham.

Nah, sama seperti pengelolaan keuangan lainnya, dalam proses pengaturan saham ini sebaiknya dilakukan dengan penuh pertimbangan serta pemahaman cara pengelolaan yang tepat. Pada artikel kali ini OCBC hadirkan penjelasan lengkap mengenai apa itu RTI Business. Yuk simak!

Apa Itu RTI Business?

RTI Business adalah aplikasi jual beli saham yang diciptakan oleh salah satu media ekonomi di Indonesia yaitu Kontan. RTI Business adalah aplikasi yang cocok untuk Anda para investor saham yang ingin melihat pasar saham yang dituju karena menyediakan data yang cepat dan juga komprehensif.

Banyak kelebihan dari aplikasi RTI Business ini, di antaranya seperti data-data yang disajikan akurat dan mudah dibaca, interface-nya sangat ramah dan user-friendly, dapat diakses di mana saja, hingga dapat menyediakan data fluktuasi nilai saham yang lengkap.

Cara Menggunakan RTI Business

Adapun cara menggunakan RTI Business adalah sebagai berikut.

1. Cara mendownload RTI Business

Untuk mendapatkan aplikasi RTI Business, Anda dapat mengunjungi Play Store bagi Android dan juga App Store bagi pengguna Apple. Kemudian, download aplikasi dan setelah itu sudah bisa digunakan. Adapun fungsi RTI Business adalah sebagai berikut:

  • Dapat memonitor laju pergerakan harga saham
  • Dapat melihat fundamental perusahaan secara sekilas
  • Dapat melihat berita tentang perusahaan yang ingin dituju
  • Dapat memasukkan daftar perusahaan yang ingin dipantau
  • Dapat melihat lembar saham dan komposisi saham perusahaan yang diinginkan

2. Cara menggunakan RTI Business App

Setelah aplikasi terunduh, maka Anda bisa langsung membuat akun. Perlu diketahui, seluruh fitur yang ada di aplikasi ini adalah gratis. Jika Anda ingin bermain saham dengan serius, jangan lupa untuk selalu membuka dan menggunakan fitur-fitur di aplikasi ini secara maksimal agar bisa membaca data tentang saham secara akurat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara beli saham di RTI Business, maka penting untuk mengetahui teknisnya. Adapun cara menggunakan RTI Business adalah sebagai berikut.

  • Tentukan jenis saham yang ingin dibeli sesuai dengan kondisi pribadi, keperluan, serta keuangan
  • Pilih tombol transaksi beli untuk melakukan proses pembelian dan tunggu beberapa menit
  • Pilih menu ‘Buy Order’
  • Masukkan kode saham yang diinginkan. Anda dapat melihat kumpulan saham di menu ‘Order Book’
  • Masukkan price, berdasarkan dengan pergerakan saham pada ‘offer’ di bawah tabel
  • Masukkan ‘Quantity Lot’ yang diinginkan
  • Pilih ‘Beli’, kemudian cek kembali di menu ‘Order List’
  • Kemudian akan muncul tulisan ‘Match’ apabila saham yang dipilih sudah dibeli

Keuntungan Menggunakan RTI Business

Dalam praktik RTI Business, ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati. Keuntungan dalam menggunakan RTI Business adalah sebagai berikut.

1. Data deskriptif dan informatif

Keuntungan pertama dalam menggunakan RTI Business adalah data yang disajikan sangat deskriptif dan informatif. Hal ini tentunya cocok untuk Anda yang ingin melakukan analisis dasar saham. Anda bisa membuka tab ‘Keuangan’ untuk melihat laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan perbandingan dividen dengan EPS yang mana merupakan gambaran kinerja perusahaan dalam 5 tahun terakhir.

Selain itu, Anda juga bisa membuka tab ‘Statistik’ untuk melihat informasi lebih detail tentang data dan rasio dasar terbaru dari saham yang ingin dianalisis dan juga data dasar yang mana memiliki data EPS dan dividen selama 3 tahun terakhir.

2. Dilengkapi dengan aksi korporasi dan berita terbaru

Keuntungan selanjutnya yaitu dilengkapi dengan aksi korporasi dan berita terbaru, di mana RTI Business memberikan informasi tentang perilaku perusahaan dengan cepat dan aktual.

Hal tersebut tentunya dapat menguntungkan karena Anda bisa melihat perilaku perusahaan di masa lalu dan masa depan. Kemudian, aksi korporasi meliputi pembagian dividen, jadwal IPO, dan penjatahan saham sebelum rapat umum tahunan.

3. Terdapat virtual trading

Di aplikasi RTI Business, Anda juga bisa menikmati keuntungan lainnya yaitu berupa virtual trading. Virtual trading di sini yaitu di mana Anda bisa mudah untuk bertransaksi trading dan jual beli saham di mana dan kapan saja. Hal tersebut bisa membuat Anda untuk mengoptimalkan waktu yang dimiliki untuk berinvestasi secara serius dan tepat.

4. Dapat melihat stok target melalui fungsi daftar pantauan

Dikarenakan di RTI Business adalah aplikasi yang dapat melihat inventaris secara real time, hal tersebut tentunya membuat pengguna semakin mudah dalam berinvestasi. Di RTI Business juga ada yang namanya watch list di mana berfungsi untuk memudahkan investor untuk mengecek trend saham yang diinginkan.

5. Informasi terbuka mengenai para pemegang saham

Di RTI Business, memungkinkan pengguna untuk melihat semua pemegang saham yang memiliki saham. Cukup dengan klik tab ‘Profil’, setelahnya Anda bisa memasukkan analisis saham dan data akan ditampilkan secara jelas. Data yang ditampilkan mulai dari nama pemegang saham, jumlah saham yang dimiliki dan persentase kepemilikan. Hal tersebut dapat berguna untuk melihat kepemilikan saham.

RTI Business adalah aplikasi wajib bagi para investor yang ingin melakukan investasi saham pada bursa efek Indonesia. Hal ini dikarenakan, RTI Business sudah menyediakan berbagai data lengkap sebagai upaya membantu Anda melakukan analisis saham. Menggunakan RTI Business memang terbukti sangat membantu mereka yang ingin melakukan jual beli saham.

Berbicara mengenai saham, Sobat OCBC juga harus tahu kalau OCBC NISP juga merupakan salah satu perusahaan terbuka yang telah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Iho! Yuk simak informasi terkait saham dan obligasi di sini.

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Obligasi

Obligasi

Alternatif investasi untuk diversifikasi portfolio dengan memperoleh kupon/tingkat suku bunga tetap
Reksa Dana

Reksa Dana

Kemudahan investasi dengan aman dan nyaman untuk masa depanmu

Download ONe Mobile