Ini Dia Daftar Lengkap 42 Bank Peserta BI FAST di Indonesia

17 Jun 2022

Mana saja bank peserta BI FAST saat ini? Simak daftarnya!

BI FAST merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dalam memudahkan masyarakat bertransaksi antar bank. Salah satu kelebihannya adalah dimana Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp2.500 saja. Namun, Anda perlu memastikan tujuan rekening telah terdaftar dalam bank peserta BI FAST.

Nah, agar lebih mudah dalam melakukan transaksi, yuk ketahui apa saja bank peserta BI FAST yang telah terdaftar di Indonesia hingga saat ini. Check it out!

Sekilas Mengenai Layanan BI FAST

BI Fast adalah salah satu layanan pembayaran yang disediakan oleh Bank Indonesia, di mana aksesnya dapat dilakukan melalui aplikasi yang disediakan oleh Bank Indonesia dalam memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi semua orang.

Kini, semakin banyak lembaga yang masuk dalam daftar bank peserta BI Fast. Jumlah bank peserta BI Fast pada gelombang atau batch kedua ini bertambah sebanyak 22, di mana terdiri dari 21 bank dan 1 lembaga non bank. Dan sekarang total sudah ada 43 peserta BI Fast, yang berasal dari 42 lembaga keuangan bank dan 1 non bank.

Penambahan daftar bank peserta BI Fast ini merupakan komitmen Bank Indonesia dalam mendorong akselerasi keuangan nasional dan digitalisasi ekonomi melalui peningkatan peserta fast payment BI yaitu BI Fast. 

Pada daftar bank peserta BI Fast gelombang ke-2 ini, terdapat satu peserta non bank yang mengadopsi sistem BI Fast untuk mendukung digitalisasi transaksi di pasar modal mereka yaitu PT Kustodian Sentral Efek Indonesia atau biasa disingkat KSEI.

Implementasi sistem BI Fast oleh bank peserta BI Fast nantinya akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan rencana dan strategi bank peserta BI Fast dalam mempersiapkan wadah pembayaran nasabahnya masing-masing.

BI Fast dinilai dapat menjadi tulang punggung infrastruktur pembayaran ritel di masa depan, yang mengakselerasi pembayaran melalui berbagai instrumen secara real time, mudah, aman,  dan mampu beroperasi selama 24/7.

Dengan adanya BI Fast, diharapkan para pelaku industri dapat terus berinovasi dan mengoptimalkan nilai tambah melalui layanan BI Fast yang consumer centric untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan inklusi keuangan melalui efisiensi transaksi.

Keunggulan Layanan BI FAST

BI Fast adalah sistem pembayaran ritel menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan bahwa sistem BI Fast akan beroperasi tanpa henti, berlangsung secara real time, mudah, aman, dan murah. BI Fast juga diharapkan mampu mempercepat perkembangan digitalisasi ekonomi keuangan nasional.

Perlu diketahui juga bahwa skema harga BI Fast terhitung cukup murah dalam melayani kebutuhan masyarakat. Ketentuan harga BI Fast dari Bank Indonesia ke bank peserta adalah sebesar Rp19 per transaksi, sementara dari bank peserta ke nasabah maksimal Rp2.500 per transaksi.

Nilai tersebut lebih murah dibandingkan tarif yang dipatok oleh SKNBI yakni maksimum Rp2.900 per transaksi. Selain itu, layanan BI Fast juga dapat memungkinkan nasabah melakukan transfer secara daring melalui nomor telepon atau alamat email penerima.

BI Fast juga lebih fleksibel dari sistem pembayaran Real Time Gross Settlement (RTGS), yang menetapkan jumlah transfer sebesar Rp100 juta – Rp250 juta.

Keunggulan lain dari layanan BI Fast adalah kecepatan waktu penyelesaian pembayaran, di mana hanya berkisar 25 detik saja. Dengan waktu penyelesaian yang cepat, menjadikan BI Fast jauh lebih unggul dari transaksi SKNBI, di mana transaksi dalam jumlah besar hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

42 Daftar Bank Peserta BI FAST

Berikut 42 daftar bank peserta BI Fast bank di Indonesia:

  1. Bank OCBC NISP
  2. BCA
  3. BCA Syariah
  4. Bank Digital BCA
  5. Bank CIMB Niaga
  6. Bank CIMB Niaga UUS
  7. BRI
  8. BTN
  9. BNI
  10. BSI
  11. Bank DBS Indonesia
  12. Bank Permata
  13. Bank Permata UUS
  14. Bank Mandiri
  15. Bank Mandiri Taspen
  16. Bank Danamon Indonesia
  17. Bank Danamon Indonesia UUS
  18. BTN UUS (Unit Usaha Syariah)
  19. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur
  20. BPD Jawa Timur UUS
  21. BPD Jawa Barat dan Banten (BJB)
  22. BPD Jawa Tengah
  23. BPD Jateng UUS
  24. BPD Bali
  25. BPD Nusa Tenggara Timur
  26. Bank UOB Indonesia
  27. Bank Mega
  28. Bank Sinarmas
  29. Bank Citibank NA
  30. Bank Woori Saudara Indonesia 
  31. Bank HSBC Indonesia
  32. Bank Multi Arta Sentosa
  33. Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah (UUS)
  34. Bank Maspion Indonesia
  35. Bank Sahabat Sampoerna
  36. Bank Papua
  37. Bank National Nobu
  38. Bank Ganesha
  39. Bank KEB Hana Indonesia
  40. Bank Mestika Dharma
  41. Allo Bank Indonesia
  42. Pan Indonesia Bank

Itulah beberapa daftar bank peserta BI FAST yang perlu Anda ketahui sebelum bertransaksi dengan layanan ini. Ingat, jika tujuan bank Anda tidak terdaftar, maka transaksi tidak bisa dilakukan.

Seperti halnya dengan OCBC NISP sebagai salah satu bank terdaftar, Anda bisa melakukan transaksi dengan layanan BI FAST melalui ONe Mobile dengan praktis antar bank hanya dengan Rp2.500 saja! Yuk coba sekarang juga.

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna
Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

A means of payment for all transactions

Download ONe Mobile