Mengenal Perbedaan BI FAST dan Transfer Online Lainnya

17 Jun 2022

Pahami perbedaan BI Fast dan Transfer online kliring atau RTGS.

Dalam rangka mendukung kemudahan transaksi dunia perbankan, Bank Indonesia baru-baru ini meluncurkan layanan BI FAST, yaitu sebuah sistem pembayaran ritel nasional secara real time. So, apa perbedaan BI FAST dan transfer online sebelumnya seperti RTGS atau kliring.

Perbedaan utama dapat dilihat dari segi biaya yang dibebankan. Dibandingkan dengan transfer online biasa, BI FAST hanya mengenakan tambahan Rp 2500 pada transaksi antar bank. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak artikel berikut!

Pengertian BI FAST dan Transfer Online

Untuk memahami apa saja yang diperbaharui dalam sistem pembayaran dalam perbankan Indonesia, pengertian BI FAST dan transfer online menjadi penting untuk dipahami. Berikut penjelasan singkat dan metode BI FAST dan juga transfer online.

Pengertian dan metode BI FAST

Transfer BI FAST adalah layanan pemindahan dana terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk mendukung pembayaran secara real-time, efisien, aman dan selalu ada 24 jam setiap hari per minggunya.

Pada metode BI FAST terdapat beberapa unggulan yang dapat dilihat dari segi biaya, nominal transaksi dan penggunaan Real Time Gross Settlement (RTGS) yang menjadi perbedaan BI FAST dan transfer online.

Pengertian dan metode transfer online

Transfer online adalah langkah pembayaran berbasis teknologi yang cepat dan aman. Pada tahapannya, pembayaran memerlukan biaya admin lebih tinggi daripada metode BI FAST namun dengan nominal transaksi lebih rendah.

Perbedaan BI FAST dan Transfer Online Biasa

Lalu  apa bedanya BI FAST dan transfer online? Perbedaan BI FAST dan transfer online dapat diperhatikan dari beberapa faktor: biaya admin, nominal transaksi, dan fitur.

Pertama, biaya admin menjadi perbedaan BI FAST dan transfer online yang mencolok. Pasalnya, transfer online meminta ongkos pembayaran sebesar Rp 6.500. Hal ini diperbaharui dalam sistem BI FAST dimana harga perpindahan tersebut hanyalah Rp 2.500.

Selanjutnya, fitur layanan terbaru ini menjadi perbedaan BI FAST dan transfer online biasa yang memberi efisiensi kepada para pelanggan. Apabila perpindahan dana secara konvensional memerlukan nomor rekening penerima uang tersebut, sistem BI FAST memperlancar kegiatan transfer karena data nomor HP atau e-mail  saja yang diperlukan.

Terakhir, perbedaan BI FAST dan transfer online ada pada maksimal nominal transaksi. BI FAST sebagai layanan terbaru pengeluaran Bank Indonesia dapat menerima maksimal 250 juta pembayaran dalam satu sesi. Ini sangatlah kompetitif karena transfer online hanya mendukung perpindahan dana sebesar Rp 25 juta per transaksi. Perbedaannya sepuluh kali lipat.

Perbedaan BI FAST, Kliring dan RTGS

Selanjutnya, perbedaan BI FAST dan transfer online lainnya adalah dengan jenis kliring dan RTGS dari sisi waktu layanan, nominal transaksi, alat pembayaran dan media pembayaran itu sendiri.

Pertama, perbedaan BI FAST dan transfer online kliring dan RTGS terdapat di waktu layanan. Jika BI FAST tersedia selama 24/7, layanan kliring dan RTGS hanya bisa terjadi di kurun waktu tertentu yakni dari pukul 6:30 WIB sampai dengan pukul 16:30 WIB.

Kedua, nominal transaksi juga merupakan perbedaan BI FAST dan transfer online jenis kliring dan RTGS. Untuk BI FAST, maksimal nominal per transaksi adalah sejumlah Rp 250 juta. Lain halnya dengan kliring yang menyediakan lebih banyak lagi yakni nominal transaksi sebesar Rp 1 miliar. RTGS hanya mampu melayani Rp 100 juta per transaksi.

Tak hanya itu, alat pembayaran pun menjadi perbedaan BI FAST dan transfer online seperti kliring dan RTGS. BI FAST mampu mendukung bermacam transaksi. Dari transfer debit, kredit dan yang sedang dalam perkembangan, uang elektronik, transaksi menggunakan kartu ATM (virtual) dan kartu kredit (virtual).

Hal ini berbeda dengan kliring dimana layanan hanya tertuju pada transfer kredit serta kredit dan RTGS yang cuma mendukung transfer kredit.

Perbedaan BI FAST dan transfer online macam kliring dan RTGS yang terakhir terletak pada media pembayaran. Berbeda dengan kliring dan RTGS dimana layanan transfer dapat terjadi melalui medium mobile/internet atau counter bank, transfer BI FAST bisa diakses lewat QR, EDC dan ATM dan juga media yang sama dengan kliring dan RTGS.

Cara Transfer dengan BI FAST

Bank OCBC melalui aplikasi ONe Mobile pun menggunakan sistem BI FAST untuk melayani kebutuhan para pengguna. Berikut cara transfer dengan BI FAST menggunakan OCBC ONe Mobile.

Menggunakan nomor rekening

Metode transfer BI FAST pertama adalah dengan cara memanfaatkan nomor rekening tujuan transaksi. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk aplikasi One Mobile dan pilih menu transfer
  2. Tuliskan nomor rekening dan bank tujuan
  3. Pilih sistem transfer BI FAST*
  4. Sertakan nominal transaksi dan gunakan PIN untuk mengkonfirmasi
  5. Transaksi selesai

*pilihan ini akan tertera apabila bank penerima dana termasuk dalam jaringan sistem BI FAST

Menggunakan email/nomor ponsel

Metode transfer online kedua adalah dengan memakai alamat email ataupun nomor ponsel tujuan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk aplikasi One Mobile, pilih transfer dari menu dan tekan Proxy BI-FAST
  2. Catatkan alamat email atau nomor ponsel
  3. Sertakan nominal transaksi dan masukkan PIN guna mengkonfirmasi
  4. Transaksi selesai

Nah, itu dia penjelasan mengenai perbedaan BI FAST dan transfer online biasa. Kebutuhan masyarakat akan layanan digital memang tidak bisa dihindari. Karena itu, BI FAST hadir untuk mendukung kenyamanan transaksi Anda, salah satunya melalui BI FAST ONE Mobile dari OCBC NISP yang bisa Anda gunakan dengan mudah!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna
Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

A means of payment for all transactions

Download ONe Mobile