Mengenal Profit Sharing: Pengertian dan Cara Pembagiannya

17 Jun 2022

Membahas profit sharing atau bagi hasil yang umum digunakan dalam dunia bisnis.

Profit sharing adalah istilah yang tidak asing dalam dunia bisnis. Kesepakatan hasil usaha oleh pihak-pihak terkait ini juga berlaku pada sistem perbankan syariah. Lalu, apa sebenarnya pengertian profit sharing, contoh, bedanya dengan gain sharing dan cara pembagiannya? Yuk simak artikel berikut.

Apa itu Profit Sharing?

Profit sharing adalah sebuah sistem atau metode bagi hasil antara pihak penyedia dana dan pengelola dana di mana nantinya sistem tersebut juga akan dijalankan bank syariah.

 

Dilihat dari sisi bisnis, profit sharing adalah bentuk perjanjian kerja sama antara pemodal dengan pihak yang menjalankan bisnisnya. Hal ini menjadi ikatan kontrak terhadap keduanya untuk membagikan hasil bila nantinya sudah menghasilkan keuntungan, ataupun kerugian sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

 

Bagi hasil adalah bentuk return terhadap kontrak investasi tiap periodenya, tentu saja wujud atau nilainya dapat berubah-ubah tergantung pada hasil usaha selama kurun waktu tersebut.

Cara Kerja Profit Sharing

Setelah memahami tentang pengertian profit sharing diatas, selanjutnya yang harus Anda pahami adalah bagaimana cara kerjanya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja atau mekanisme profit sharing adalah sebagai berikut:

1. Profit sharing

Profit sharing adalah suatu sistem yang didalamnya mencakup kesepakatan antar pihak untuk membagikan keuntungan dari hasil usahanya.

 

Pemasukan yang diperoleh seluruh pihak berasal dari keuntungan bersih usaha.Pendapatan tersebut adalah jumlah seluruh keuntungan setelah dikurangi dengan biaya bisnis lainnya, seperti produksi dan operasional.

2. Gross profit sharing

Mekanisme selanjutnya dari profit sharing adalah gross profit sharing. Gross profit sharing adalah sebuah sistem kesepakatan bagi hasil oleh beberapa pihak. Di mana dalam kesepakatan bagi hasil ini didasarkan atas perhitungan pendapatan yang sudah dikurangi dengan harga pokok penjualan.

 

Contoh sederhananya yaitu keuntungan dari pendapatan sebelum dikurangi pajak, biaya admin, biaya marketing, dan biaya lainnya. Oleh sebab itu, pendapatan yang digunakan masih tergolong laba kotor.

3. Revenue sharing

Mekanisme terakhir dari profit sharing adalah revenue sharing. Revenue sharing adalah sebuah sistem pembagian hasil di mana pendapatannya belum dikurangi dengan biaya operasional, komisi, dan juga perbankan.

 

Oleh karena itu, dalam mekanisme ini perhitungan akan dilakukan berdasarkan total pendapatan pengelolaan dana bisnis yang dilakukan oleh setiap pihak. Contohnya dengan sistem syariah, maka umumnya dana untuk kebutuhan distribusi adalah hasil dari lembaga keuangan itu sendiri.

 

Namun, dalam perbankan syariah, mekanisme bagi hasil umumnya berasal dari laba bersih pihak kreditur dan debitur itu sendiri, yang kemudian di dalamnya akan dilakukan akad atau perjanjian antar pihak.

Perbedaan Profit Sharing dan Gain Sharing

Profit sharing adalah sejenis insentif yang berasal dari keuntungan perusahaan. Karyawan  menerima insentif ini ketika perusahaan tempat mereka bekerja menghasilkan keuntungan. Bagi hasil diberikan untuk jangka waktu tertentu.

 

Sedangkan gain sharing merupakan sejenis insentif yang diberikan kepada karyawan ketika  perusahaan menjadi lebih produktif. Namun, sebelum itu, karyawan diinstruksikan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pemberian insentif juga ditentukan oleh standar ketenagakerjaan.

Contoh Profit Sharing

Setelah memahami tentang cara kerja di atas, berikut ini adalah contoh profit sharing mengenai sebuah investasi

Surat perjanjian investasi profit sharing

Selain berinvestasi, surat perjanjian investasi profit sharing ini juga dapat digunakan untuk membuka usaha bersama. Elemen penting yang tidak boleh terlewat dalam Surat perjanjian investasi profit sharing adalah identitas kedua belah pihak beserta kedudukannya, baik sebagai pihak yang menjalankan usaha, sebagai pemodal atau sebagai investor.

 

Dalam surat perjanjian investasi, profit sharing adalah pembagian keuntungan yang diberikan kepada investor jika perusahaan mendapat keuntungan. Perhitungannya berasal dari dividen laba bersih dikurangi laba ditahan. Selain itu, surat perjanjian investasi ini juga mengatur mengenai cara pembagian profit sharing. Mulai dari nilai investasi hingga tujuan dari penggunaan modal usaha juga harus dicantumkan.

 

Penjelasan mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak juga harus dituangkan di dalam surat perjanjian investasi profit sharing agar tidak menimbulkan kerugian nantinya. Pembagian hak dan kewajiban bisa dilakukan sesuai dengan kedudukan masing-masing pihak dalam menjalankan usaha.

 

Terakhir, Anda juga perlu mencantumkan klausul terkait dengan konsekuensi bila nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuannya untuk mengatasi perselisihan dan kecurangan di kemudian hari. Selain itu, masa berlaku dan masa berakhirnya surat perjanjian investasi profit sharing juga harus jelas.

 

Dalam proses pembuatan surat perjanjian investasi profit sharing, Anda juga harus memperhatikan dan memahami setiap kalimat yang tertuang dalam masing-masing pasal, supaya tidak ada kekeliruan dan salah paham dalam menjalankan isi surat perjanjian tersebut.

 

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu profit sharing. Pengetahuannya berguna untuk membedakan sistem perbankan konvensional dengan syariah. Selain itu, sistem ini juga sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk memberikan kompensasi bagi para pekerjanya.

 

Nah, ada baiknya Anda meneliti kebijakan-kebijakan terkait sistem profit sharing yang diajukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja maupun partner dalam berusaha. Tahukah Anda? OCBC NISP menawarkan berbagai program pinjaman untuk turut serta dalam pembangunan bisnis Anda. Fleksibel, banyak pilihan dan optimal.

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB

Download ONe Mobile