Cara & Syarat Mengambil Uang dengan Buku Tabungan Orang Lain

17 Jun 2022

Apa saja syarat mengambil uang dengan tabungan orang lain? Lihat di sini.

Terkadang, beberapa kendala membuat seseorang tidak bisa mengurus pengambilan uang di bank dengan sendiri, misalnya yang bersangkutan sedang sakit. Oleh karena itu, bank memberikan kemudahan dengan beberapa kebijakan terkait syarat mengambil tabungan orang lain.

Bagi Sobat OCBC yang hendak mengurus keuangan di bank namun atas nama orang lain, maka ada baiknya perlu memperhatikan beberapa syarat yang akan kami bahas dalam artikel berikut ini. Yuk simak!

Syarat Mengambil Uang dengan Tabungan Orang Lain

Memiliki rekening atau buku tabungan di bank memudahkan Sobat OCBC untuk melakukan transaksi digital dimanapun dan kapanpun. Mulai dari menarik uang tunai dengan kartu kredit di mesin ATM, melakukan pembayaran melalui mobile banking hingga melakukan transfer atau pengambilan uang melalui teller bank.

Semua kegiatan di atas dapat dilakukan jika Anda memiliki buku tabungan sendiri. Namun, faktanya, tidak semua orang memiliki buku tabungan sehingga transaksi keuangan seperti yang disebutkan di atas terbatas untuk dilakukan. Lalu, jika Sobat OCBC tidak mempunyai buku tabungan sendiri tapi ingin mengambil uang dengan tabungan orang lain, apakah bisa?

Tenang saja, Sobat OCBC bisa mengambil uang dengan tabungan orang lain. Mari simak syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain!

1. Kartu Identitas Pemberi Kuasa

Syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain yang pertama yaitu Sobat OCBC diminta untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari pemberi kuasa (pemilik buku tabungan). Jadi, sebelum datang ke bank yang dituju, pastikan Anda telah mempersiapkan KTP pemilik tabungan, ya.

2. Kartu Identitas Penerima Kuasa

Selain membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP)  pemberi kuasa atau pemilik tabungan, Sobat OCBC juga harus membawa KTP. Pada proses penarikan uang, KTP Anda berfungsi sebagai salah satu data untuk verifikasi identitas.

3. Buku Rekening atau Tabungan

Hal pokok dari transaksi keuangan ini adalah buku rekening atau tabungan. Pastikan Anda membawa buku rekening atau tabungan orang lain yang akan digunakan pihak bank sebagai data dasar untuk transaksi penarikan uang Anda.

4. Kartu ATM

Selain membawa KTP pemberi kuasa dan penerima kuasa, kartu lain yang harus dibawa adalah Kartu ATM. Salah satu syarat mengambil uang dengan buku orang lain ini berfungsi untuk menambah informasi saat proses verifikasi data. Jadi, jangan lupa untuk membawa kartu ATM Anda sesuai dengan bank yang dituju.

5. Menunjukkan Surat Kuasa

Syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain selanjutnya adalah memiliki dan membawa surat kuasa. Surat kuasa yang dimaksud adalah surat yang berisi informasi persetujuan yang merujuk pada pengambilan uang yang dilakukan oleh orang yang bersangkutan.

Selain berisi informasi persetujuan pengambilan uang, pada surat kuasa juga tercantum tanda tangan di atas materai oleh kedua belah pihak (pemberi kuasa dan penerima kuasa) untuk memvalidasi keabsahan surat kuasa.

6. Dokumen Lainnya

Beberapa syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain sudah disebutkan pada poin-poin di atas. Tapi, selain poin-poin tersebut, Sobat OCBC sebaiknya juga mempersiapkan dokumen pendukung lainnya.

Dokumen pendukung yang dimaksud dapat berupa surat nikah atau cerai, sertifikat deposito atau dokumen lain yang diminta oleh pihak bank yang dituju dalam proses pengambilan uang melalui buku tabungan orang lain.

Pada umumnya, setiap bank memiliki aturan dan prosedur yang berbeda sehingga Sobat OCBC disarankan untuk mencari informasi tentang syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain melalui website, kontak customer service atau langsung datang ke kantor cabang yang dituju.

Cara dan Prosedur Pengambilan Uang

Setelah melengkapi syarat mengambil uang dengan buku tabungan di atas, kini Anda juga harus mengetahui cara dan prosedur pengambilan uang di bank terkait. Yuk simak informasinya!

1. Pastikan Syarat Pengambilan Uang Sudah Lengkap

Aspek yang paling penting ketika mengambil uang dengan buku tabungan orang lain adalah kelengkapan dokumen persyaratan pengambilan uang.

Oleh karena itu, Sobat OCBC wajib memastikan seluruh dokumen yang menjadi syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain sesuai dengan informasi dari pihak bank sudah dibawa sehingga proses transaksi keuangan dapat disetujui.

2. Datang ke Kantor Cabang Bank Terdekat

Setelah seluruh dokumen sudah lengkap, hal yang perlu Anda lakukan adalah datang ke kantor cabang bank terkait untuk memproses penarikan uang. Layaknya mengambil uang dengan buku tabungan sendiri, Anda dapat mengambil nomor antrian menuju teller bank dan menunggu giliran.

Jika giliran Anda sudah tiba, Anda dapat menjelaskan maksud dan tujuan yaitu menarik uang dari buku tabungan orang lain dengan jumlah tertentu. Jangan lupa untuk menyerahkan dokumen syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Lalu, Anda dapat menunggu teller bank memproses permintaan pengambilan uang  dengan buku tabungan orang lain melalui proses verifikasi dan validasi data. Jika data yang berasal dari dokumen yang Anda bawa sudah valid, maka Anda dapat menerima uang yang berasal dari buku tabungan orang lain.

Nah, itu dia penjelasan secara lengkap terkait prosedur dan syarat mengambil uang dengan tabungan orang lain. Pastikan Anda telah melengkapi semua dokumen persyaratannya sebelum mengunjungi bank yang bersangkutan ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa simak informasi penting lainnya di OCBC NISP!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Deposito

Deposito

Kelola keuangan bisnis jadi lebih cepat dan mudah
TAKA

TAKA

Manage finances to meet needs and ease of transactions
Tanda 360

Tanda 360

Savings for daily transactions with 12 currency options in 1 account

Download ONe Mobile