Apa itu Tabungan Bisnis dan Manfaatnya bagi Usaha Anda!

17 Jun 2022

Tabungan bisnis adalah suatu instrumen pengendali keuangan bagi pelaku usaha 

Tabungan bisnis adalah alat penting untuk mengatur strategi keuangan perusahaan. Bagi pemilik suatu usaha, pengajuan rekening tersebut penting dilakukan agar pengelolaan finansialnya tidak tercampur dengan kepentingan pribadi.

 

Pemisahan rekening tabungan pribadi dan bisnis penting dilakukan untuk menghindari penggunaan akun pribadi pada pemasukan arus kas suatu bisnis. Dimana, hal tersebut dapat mengakibatkan masalah dalam pengelolaan keuangan bagi penggunanya.

 

Oleh karena itu, saatnya Anda mengenal pengertian tabungan bisnis, manfaat, dan syarat mengajukannya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Tabungan Bisnis

Tabungan bisnis adalah bentuk rekening khusus bagi pemilik suatu usaha kecil maupun perusahaan besar. Tentunya, fungsi dari rekening tersebut adalah untuk memisahkan kas yang diperoleh dari bisnis dengan simpanan pribadi. Oleh karenanya, pengendalian keuangan usaha menjadi lebih mudah dan tidak tercampur dengan kepentingan pribadi.

 

Selain kemudahan pengaturan finansial, tabungan perusahaan adalah instrumen perbankan dengan fitur pendukung aktivitas bisnis bagi pemilik usaha kecil maupun besar. Adapun informasi cash flow saat akhir bulan dan transaksi otomatis merupakan contoh dari fitur khusus yang ditawarkan oleh rekening bisnis guna mengendalikan keuangan suatu usaha.

 

Tabungan bagi perusahaan memiliki karakteristik unik yang berbeda dengan simpanan bank lainnya. Jenis tabungan bisnis memberikan suku bunga lebih kompetitif dibandingkan rekening perorangan. Selain itu, detail dari transaksi akan tertera dengan lengkap di buku tabungan yang penting bagi manajemen keuangan usaha.

Apa Gunanya Tabungan Bisnis?

Setelah mengenal pengertian tabungan bisnis, maka perlu diketahui juga manfaat dari rekening khusus bagi perusahaan ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tabungan perusahaan adalah instrumen krusial dalam pengendalian keuangan bisnis. Oleh karena itu, keberadaannya dibutuhkan agar usaha berjalan dengan lancar.

 

Mengingat fitur khusus dari rekening bisnis, tentunya ada dampak positif terhadap penggunaannya dalam aktivitas bisnis. Adapun beberapa manfaat dari pemakaian tabungan bisnis adalah:

1. Proteksi pada aset pribadi

Memisahkan rekening pribadi dan perusahaan merupakan hal penting dalam mengatur keuangan. Arus kas masuk dapat terpantau secara jelas dengan tabungan perusahaan sehingga memastikan manajemen keuangan bisnis yang bekerja dengan baik.

 

Batasan yang jelas antara rekening pribadi dan bisnis menjadikan keuangan pribadi Anda terkendali dan terjaga dengan aman. Apabila terjadi kerugian bisnis pada suatu waktu, tabungan pribadi Anda tidak akan terkena dampaknya karena sudah terpisah dengan rekening milik perusahaan.

2. Pengaturan aset bisnis lebih mudah

Salah satu manfaat tabungan bisnis adalah pengaturan aset perusahaan yang lebih mudah. Dengan adanya rekening perusahaan, maka pengendalian kapital atau modal, meliputi tabungan, giro, dan deposito dapat dilakukan tanpa khawatir tercampur dengan aset pribadi.

3. Kontrol kondisi finansial bisnis

Tabungan bisnis adalah instrumen krusial dalam manajemen keuangan perusahaan. Arus masuk dan keluar keuangan bisa terawasi dengan rekening yang terpisah dari kepentingan pribadi ini. Hal tersebut membuat pengelolaan keuangan lebih tertata dan pengeluaran bisa terawasi sehingga pengembangan bisnis dapat berjalan dengan baik.

4. Kredibilitas bisnis meningkat

Menggunakan tabungan bisnis adalah cara efektif dalam meningkatkan kredibilitas usaha. Nama perusahaan yang tercantum di rekening membuat bisnis Anda menjadi valid di mata mitra bisnis dan calon konsumen. Meskipun nama perusahaan tertera dalam rekening bisnis, kepemilikannya tetap dipegang oleh pemilik usaha tersebut.

5. Lebih mudah mendapat pinjaman modal usaha

Keunggulan selanjutnya dari tabungan perusahaan adalah memberikan kemudahan bagi pemilik usaha dalam memperoleh pinjaman modal. Pengembangan bisnis membutuhkan kapital besar sehingga dibutuhkan pinjaman dari bank. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti laporan kas masuk dan keluar.

 

Pembukuan dari aliran kas masuk dan pengeluaran menjadi lebih mudah dilakukan dengan adanya tabungan bisnis. Maka dari itu, dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan aplikasi pinjaman dapat dibuat lebih tertata dan teratur sehingga aplikasi pinjaman memiliki peluang besar untuk disetujui oleh bank.

6. Memungkinkan pengembangan bisnis

Dana yang didapatkan dari suatu usaha dapat dialokasikan untuk pengembangan bisnis. Untuk rencana ekspansi, seperti membuka cabang atau melebarkan jangkauan pemasaran, dibutuhkan biaya besar. Maka dari itu, pengelolaan keuangan sistematis dengan bantuan rekening bisnis berperan besar dalam hal ini.

7. Menarik perhatian investor

Dengan pembukuan keuangan rapi, maka bisnis Anda akan dapat menarik investor. Tabungan bisnis adalah bentuk laporan keuangan sederhana dilihat dari pemasukan dan pengeluaran kas yang tertera jelas. Apabila investor menilai bisnis Anda stabil dan menjanjikan, maka peluang investasi akan terbuka lebar bagi perusahaan Anda.

Syarat Mengajukan Tabungan Bisnis

Setelah mengenal pengertian tabungan bisnis dan manfaatnya, saatnya Anda mengetahui syarat mengajukannya. Membuka tabungan bisnis adalah hal yang tidak terlalu rumit dilakukan dengan prosedur dan persyaratan standar perbankan. Namun perlu diingat bahwa kebijakan setiap bank mengenai hal tersebut akan berbeda.

 

Adapun dokumen-dokumen penting sebagai persyaratan umum dalam mengajukan tabungan bisnis adalah:

  • Formulir pendaftaran rekening perusahaan
  • Fotokopi identitas diri berupa KTP, SIM, atau Paspor
  • Akte pendirian perusahaan
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • NPWP untuk pengusaha swasta

 

Nah, demikian pembahasan singkat mengenai tabungan bisnis dan peran pentingnya dalam keberlangsungan suatu usaha. Memiliki strategi keuangan yang baik penting bagi berjalannya bisnis, pun bagi pelaku bisnis pemula.

 

Nah berbicara mengenai keuangan bisnis,  jika Anda termasuk dalam pelaku bisnis pemula dan membutuhkan tambahan modal, OCBC NISP menghadirkan program Kredit Modal Kerja khusus bagi pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usahanya. Yuk simak informasi selengkapnya!

Baca juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Wealth Management

Wealth Management

Download ONe Mobile