Pengertian Tabungan Hari Tua dan Langkah Tepat Menyiapkannya

17 Jun 2022

Apa itu tabungan hari tua? Simak pengertian dan langkah menyiapkannya. 

Setiap orang tentu memimpikan masa tua yang sejahtera dan tenang. Nah, tabungan hari tua adalah salah satu langkah yang perlu dipersiapkan dari sekarang untuk mewujudkannya. Sejauh ini, sudah sampai manakah Anda menyiapkan dana pensiun tersebut?

Memiliki tabungan hari tua akan membantu Anda di masa depan, terlebih jika Anda sudah tidak produktif lagi. Untuk menghindari masalah finansial di masa tua, tidak ada salahnya Anda mulai mempersiapkan dari sekarang lho! Lantas, bagaimana langkah yang tepat? Yuk simak!

Pengertian Tabungan Hari Tua

Persiapan akan kebutuhan di hari tua memang adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh tiap orang. Selain banyak manfaatnya, tabungan hari tua adalah solusi untuk Anda yang ingin mandiri secara finansial tanpa harus melakukan pinjaman ke pihak lain.

Memang, menyiapkan tabungan hari tua adalah hal yang tak mudah. Namun, hal tersebut bukanlah sebuah alasan untuk tidak melakukannya sama sekali. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya pandangan seperti masa lamanya masa pensiun.

Perlu diketahui, semakin lama menunda tabungan hari tua maka akan semakin kecil juga peluang Anda untuk mewujudkan masa pensiun sejahtera. Memang tabungan hari tua adalah penyelamat bagi Anda yang menginginkan masa pensiun yang mandiri dan sejahtera.

Jenis-jenis Tabungan Hari Tua

Di era modern seperti sekarang ini, sudah banyak sekali jenis untuk tabungan hari tua. Adapun beberapa jenis tabungan hari tua adalah sebagai berikut:

1. Properti

Opsi pertama untuk tabungan hari tua adalah properti. Jenis investasi ini merupakan solusi bagi Anda yang memiliki penghasilan melimpah dan ingin mengalokasikannya ke beberapa aset, seperti tanah dan bangunan.

Properti memang salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan nilainya terus bertambah dan banyak keuntungan lainnya. Misalnya, seperti dapat digunakan untuk pribadi, disewakan, ataupun dijual.

 

2. Deposito

Jenis investasi lainnya yaitu deposito. Jenis ini merupakan salah satu instrumen terbaik sebagai simpanan di hari tua. Hal ini disebabkan karena deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu sehingga Anda bisa terhindar dari penarikan uang. Uang pensiun untuk tabungan hari tua akan diberikan sebesar berapa banyak Anda mendepositokan dana selama ini.

Oleh karena itu, deposito merupakan investasi yang menjanjikan dikarenakan akan tersimpan dalam kurun waktu yang lama. Selain itu juga, profit yang tinggi juga bisa Anda nikmati selama periode tersebut.

3. Emas

Investasi terakhir untuk tabungan hari tua adalah emas. Logam mulia ini merupakan salah satu jenis investasi yang sangat populer bagi masyarakat. Alasannya karena emas memiliki stabilitas terbaik di antara lainnya.

Nilainya juga menunjukkan tren yang stabil, bahkan kadang bisa meningkat. Di samping itu juga, emas tidak ada kata kadaluarsa. Artinya, ini sangat bagus untuk Anda yang menginginkan simpanan tahan lama guna masa tua nanti.

Manfaat Tabungan Hari Tua

Dalam penerapannya, tabungan hari tua ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Adapun manfaat tabungan hari tua adalah sebagai berikut:

1. Dapat Hidup dengan Nyaman

Manfaat pertama dari tabungan hari tua adalah dapat memiliki kehidupan yang nyaman saat hari tua nanti. Memiliki tabungan cukup saat tua juga dapat membuat kekhawatiran akan finansial berkurang.

Di samping itu, dana yang cukup juga bisa digunakan untuk memenuhi kehidupan pribadi dan kebutuhan lainnya. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh pada kesehatan mental yang baik saat tua serta dapat terhindari dari stres.

2. Tidak Bergantung, Bahkan Bisa Mandiri

Manfaat selanjutnya dari tabungan hari tua adalah bisa hidup secara mandiri alias tidak bergantung pada siapapun. Tabungan tersebut tentunya dapat menghindarkan Anda pada sesuatu atau orang lain.

Contohnya, apabila ada kebutuhan mendadak, Anda tidak perlu merepotkan orang lain dikarenakan tabungan hari tua yang mencukupi. Pasalnya, membebani orang lain juga sering dapat membuat suasana yang tak menyenangkan.

3. Terhindar dari Utang

Manfaat terakhir dari tabungan hari tua adalah terhindarnya dari utang. Hal ini dikarenakan tidak ada alasan untuk Anda mengajukan utang sebab dana yang sudah mencukupi. Tentunya berbeda apabila Anda tidak memiliki dana yang cukup, pastinya Anda akan melakukan pinjaman utang ke orang lain.

Langkah Mempersiapkan Tabungan Hari Tua

Adapun beberapa langkah dalam mempersiapkan tabungan hari tua adalah sebagai berikut:

1. Mulai Berinvestasi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mulai berinvestasi. Ini merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan tabungan hari tua. Sebelum berinvestasi, ada baiknya Anda menyesuaikan dengan kondisi keuangan.

Hal ini disebabkan apabila Anda gegabah dalam melakukan investasi, ditakutkan akan menimbulkan utang atau finansial menjadi kacau. Beberapa pilihan yang bisa dilakukan yaitu investasi bangunan, properti, obligasi, deposito, saham, reksa dana dan masih banyak lagi.

2. Segera Daftar Menjadi Peserta Lembaga Dana Pensiun

Langkah selanjutnya untuk mempersiapkan tabungan hari tua adalah dengan mendaftar sebagai peserta lembaga dana pensiun. Cara ini menjadi solusi untuk Anda yang ingin menjamin kehidupan saat tua nanti. Sebenarnya, ada banyak lembaga dana pensiun, namun yang diketahui masyarakat hanyalah sebagian.

Contohnya adalah PT Taspen yang merupakan dana pensiun bagi PNS, PT Asabri bagi para prajurit TNI, Polri, PNS Departemen Pertahanan dan Keamanan, serta BPJS Ketenagakerjaan untuk semua karyawan.

Itulah ulasan mengenai apa itu tabungan hari tua dan langkah tepat dalam memulainya sejak dini. Meski pensiun masih lama, tidak ada salahnya untuk dimulai dari sekarang.

Nah, Sobat OCBC dapat mempercayakan tabungan hari tua dengan berbagai produk simpanan OCBC NISP lho, mulai dari tabungan berjangka, Deposito hingga Reksa dana yang hadir dengan berbagai manfaat.

Baca Juga:

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Wealth Management

Wealth Management

Download ONe Mobile