Transaksi Lebih Praktis! Begini Cara Menggunakan QRIS

20 Jun 2022

Simak! Begini cara menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran terbaru. 

Kemajuan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Salah satunya dengan kemunculan metode QRIS. Tanpa mengeluarkan uang tunai atau kartu, cara menggunakan QRIS bisa dilakukan langsung melalui smartphone.

 

Bagi Anda yang belum terbiasa, mungkin bingung bagaimana cara menggunakan QRIS untuk bertransaksi. Nah, untuk itu yuk simak ulasan OCBC NISP mengenai tutorial penggunaan QRIS berikut ini.

Apa Itu QRIS?

Sekarang, pembayaran dalam kegiatan transaksi jual beli semakin mudah dilakukan dengan adanya QRIS. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan QRIS sendiri? QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standarisasi pembayaran melalui kode QR.

 

Sebagai salah satu metode pembayaran digital saat ini, QRIS memberikan pilihan transaksi yang efektif dan efisien hanya dengan scan kode QR di merchant. Standarisasi pembayaran melalui kode QR ini diresmikan sebagai alat bayar digital dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) oleh Bank Indonesia.

 

Dalam penggunaan QRIS, pelanggan bisa cukup memakai alat pembayaran digital seperti e-wallet dan mobile banking untuk melakukan transaksi. Dengan kata lain, kode QRIS yang dimiliki merchant bisa menerima transaksi lintas platform. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Lalu, Amankah Menggunakan QRIS?

Dalam transaksi pembayaran dan penerimaannya, QRIS dipastikan terjaga keamanannya. Cara menggunakan QRIS memang terbilang sangat mudah dan praktis, namun tidak berarti metode ini mudah diretas oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

 

Aplikasi PJSP memiliki fitur keamanan tersendiri guna mencegah terjadinya transaksi ke merchant palsu. Meskipun demikian, konsumen harus selalu memeriksa nama merchant sebelum mengkonfirmasi transaksi. Pastikan apakah identitas penjual atau penyedia layanan di aplikasi sama atau tidak dengan yang terpampang di atas barcode QRIS toko.

Syarat Mendaftar QRIS

Pendaftaran aplikasi PJSP bagi konsumen tidak memerlukan persyaratan yang ribet. Cukup siapkan dan scan KTP dan Kartu Keluarga agar akun bisa terverifikasi. Adapun pendaftaran QRIS bagi merchant memerlukan beberapa dokumen penting. Untuk itu, persiapkan dokumen-dokumen di bawah ini sebelum melakukan registrasi:

  • KTP dari pemilik bisnis
  • Nomor Kartu Keluarga (KK) sesuai dengan KTP
  • Scan atau fotokopi NPWP
  • Scan atau fotokopi Akta Pendirian Badan Usaha
  • Scan atau fotokopi Surat Kuasa Asli

Cara Menggunakan QRIS

Pembayaran digital kini digemari oleh masyarakat karena dinilai lebih efektif dan efisien. Untuk melakukan pembayaran, konsumen hanya perlu membuka aplikasi e-wallet atau mobile banking dan scan kode QRIS merchant.

 

Meskipun sudah banyak pengguna QRIS, tidak sedikit juga yang masih belum mengetahui pengaplikasiannya dalam kegiatan jual beli. Oleh karena itu, kali ini Sobat OCBC akan mengenal bagaimana cara menggunakan QRIS bagi merchant, pedagang maupun penyedia layanan, dan pelanggan atau konsumen. Berikut adalah pembahasannya:

QRIS untuk Merchant

Penerimaan transaksi pembayaran menggunakan QRIS bisa dilakukan setelah merchant mendaftar secara online atau membuka akun terlebih dahulu. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Daftarkan diri ke salah satu PJSP penyedia layanan QRIS
  • Kemudian isi data usaha yang diminta
  • Sertakan dokumen penting terkait
  • Petugas akan melakukan verifikasi
  • Setelahnya Merchant ID dan kode QRIS akan dicetak oleh petugas
  • Pihak PJSP akan mengirimkan stiker QRIS
  • Selanjutnya unduh dan instal aplikasi merchant QRIS
  • Terakhir akan diberikan informasi mengenai cara menerima pembayaran melalui QRIS

 

Cara menggunakan QRIS bagi merchant mudah bukan? Adanya QRIS menjadikan transaksi penerimaan pembayaran menjadi lebih praktis. Penjual atau penyedia jasa tidak perlu bingung mencari uang kembalian. Selain itu, informasi transaksi tercatat secara otomatis sehingga biaya pengelolaan kas berkurang.

QRIS untuk konsumen

Setelah membahas tentang QRIS bagi merchant, maka Sobat OCBC perlu tahu bagaimana cara menggunakan QRIS untuk konsumen. Transaksi pembayaran menggunakan QRIS terbilang mudah.

 

Agar transaksi dapat dilakukan, pelanggan perlu memiliki alat pembayaran digital berupa e-wallet atau mobile banking terlebih dahulu. Adapun cara menggunakan QRIS untuk konsumen adalah:

  • Pilih aplikasi pembayaran digital di smartphone Anda
  • Pastikan saldo tersedia sebelum melakukan pembayaran kepada merchant
  • Lalu scan kode QRIS merchant menggunakan fitur pay atau opsi QRIS di aplikasi tersebut
  • Kemudian pelanggan bisa memasukkan nominal transaksi dan masukkan PIN
  • Terakhir konfirmasikan transaksi kepada merchant

 

Bagaimana, cara menggunakan QRIS bagi konsumen sangat efektif bukan? Dengan alat pembayaran digital, seperti e-wallet dan mobile banking, Anda tidak perlu ribet lagi mengeluarkan dompet dan membayarkan uang tunai.

 

Selain praktis, transaksi tidak membingungkan karena kode QR bisa digunakan oleh aplikasi apa saja dan aman pemakaiannya.

Cara Menggunakan QRIS melalui ONe Mobile

Di samping aplikasi e-wallet, pembayaran melalui QRIS bisa dilakukan melalui mobile banking. OCBC kini hadir dengan ONe Mobile untuk memenuhi kebutuhan Sobat OCBC di era transaksi digital ini. Lantas, bagaimana cara menggunakan QRIS melalui ONe Mobile? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik aplikasi ONe Mobile
  • Pilih menu QR Pay pada box Dashboard
  • Selanjutnya klik opsi Mulai Sekarang
  • Kemudian scan barcode merchant
  • Masukkan nominal pembayaran
  • Lalu klik Lanjut
  • Periksa kembali dan konfirmasi pembayaran
  • Setelah itu masukkan PIN
  • Pembayaran menggunakan QRIS melalui ONe Mobile telah sukses dilakukan

 

Itu dia ulasan sekilas mengenai apa itu QRIS dan bagaimana cara menggunakannya sebagai metode pembayaran praktis di zaman ini. So, jika Sobat OCBC ingin melakukan transaksi lebih cepat dan praktis, gunakan saja QRIS dengan fitur QR Pay dari ONe Mobile. Berlaku diseluruh merchant dengan kode QRIS lho!

Baca juga:

Referensi

https://www.erickunto.com/2021/08/cara-melakukan-pembayaran-menggunakan-qris.html

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/29/103000665/mengenal-apa-itu-qris--cara-membuat-menggunakan-dan-syaratnya?page=all

https://finansial.bisnis.com/read/20220330/55/1516976/apa-itu-qris-syarat-daftar-cara-membuat-dan-cara-menggunakan

Cerita untuk inspirasi

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

Read
Mempersiapkan Dana Pensiun

Daily Update, Education, Investment - 23 Jun 2022

Mempersiapkan Dana Pensiun

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC NISP banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB

Download ONe Mobile